30+ Daftar Hari Besar Nasional di Indonesia, TERLENGKAP!!

Hari Besar Nasional

Hari Besar Nasional – Negara Indonesia dikenal dengan banyaknya hari besar nasional. Semua itu tak lepas dari sejarah panjang bangsa ini yang melepaskan diri dari penjajahan.

Sebagian besar hari-hari nasional tersebut terbentuk setelah kemerdekaan. Namun, ada pula hari besar nasional lainnya yang baru dibuat. Adapun hari besar Nasional itu diperingati untuk mengenang atau menghormati bahwa di hari tersebut telah terjadi sesuatu yang besar dan memiliki pengaruh terhadap bangsa Indonesia.

Berikut ini ada 30 hari besar yang wajib untuk Anda ketahui

1. Tahun Baru Masehi

Tahun Baru Masehi
alphacoders.com

Awal mula sejarah perayaan Tahun Baru Masehi ini sebenarnya dari zaman Kekaisaran Romawi, tepatnya pada pemerintahan Julius Caesar.

Julius Caesar dan Senat Romawi menetapkan tanggal 1 Januari sebagai hari pertama dalam kalender baru. Istilah Januari diambil dari salah satu nama dewa, yaitu Dewa Janus.

Maka sejak diberlakukan kalender anyar itu, setiap tengah malam jelang pergantian tahun tanggal 31 Desember, orang-orang Romawi menggelar perayaan untuk menghormati Dewa Janus.

2. Imlek

Imlek
wego.co.id

Membicarakan Tahun Baru Imlek pasti ingat dengan angpau. Ya, perayaan tahun baru etnis Tionghoa  itu lekat sekali dengan angpau, buah jeruk, kue keranjang, ikan bandeng, dan tentu yang tak kalah heboh ada barongsai di mana-mana.

Tahun Baru Imlek jatuh pada tanggal 25 Januari. Perayaan itu biasa disebut dengan Cap Go Meh, yang khas dengan warna merah.

3. Nyepi

Nyepi
baligetaway.co.id

Nyepi berasal dari kata sepi, sunyi, lenggang, dan tidak ada kegiatan. Pada saat Nyepi, semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum seperti Bandara Ngurah Rai pun tutup, kecuali rumah sakit.

Peringatan Hari Raya Nyepi diwarnai dengan berbagai macam kegiatan, seperti upacara Melasti, Mekiyis, dan Melis. Perhitungannya berdasarkan penanggalan/kalender Saka sejak tahun 78 Masehi.

Setelah melakukan upacara Mekiyis, umat Hindu menghaturkan bhakti atau pemujaan. Ada pula kegiatan Tawur Agung/Meracu, menyepi, dan Ngembak Geni.

4. Isra Mikraj

Isra Mikraj
mtsntanjunganom.sch.id

Isra Mikraj adalah perjalanan nabi Muhammad saw. di malam hari, dari Makkah ke Baitul Maqdis, Palestina, hingga langit ketujuh (Sidratul Muntaha). Saat tiba di Sidratul Muntaha, nabi Muhammad menerima wahyu berupa perintah salat untuk pertama kali, yakni 50 waktu.

Perhitungan tanggal penetapan hari Isra Mikraj berdasarkan kalender hijriah, tepatnya tanggal 27 Rajab.

5. Hari Buruh

Hari Buruh
kamiindonesia.id

Hari Buruh biasa disebut dengan May Day. Bermula pada tanggal 20 April 1948, pemerintah menetapkan UU nomor 12/1948 tentang Kerja.

Isinya menetapkan setiap tanggal 1 Mei, buruh dibebaskan dari kewajiban bekerja. Kemeriahan pun mewarnai tanggal 1 Mei 1948, sekitar 200–300 ribu orang berkumpul di alun-alun Yogyakarta.

Euforia itu lalu berkembang menjadi demonstrasi. Umumnya, mereka berasal dari Jabodetabek dan melakukan aksinya di Jakarta.

6. Waisak

Waisak
manadokota.go.id

Waisak berasal dari bahasa Pali, Vesakha, atau Vaisakha dalam bahasa Sanskerta. Di kalangan umat Buddha sendiri, disebut juga Hari Raya Trisuci Waisak. Umat Budha biasanya merayakan hari raya tersebut dengan pergi ke Wihara dan melakukan ibadah Puja-Bhakti.

Penetapan Hari Raya Waisak diambil dari kalender Budhis, biasanya jatuh pada bulan Mei kalender Masehi. Namun, terkadang Waisak jatuh pada bulan April atau awal Juni.

7. Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila
kompasiana.com

Secara etimologi, kata Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta India, yang artinya: Panca itu Lima dan Sila berarti Dasar. Sehingga, arti Pancasila secara harfiah adalah lima dasar.

Pancasila inilah yang menjadi landasan segala keputusan bangsa dan mencerminkan kepribadian negara Indonesia. Artinya, Pancasila menjadi sumber dari segala sumber hukum.

Sejarah hari lahirnya Pancasila adalah saat Soekarno menyampaikan pidato dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Dalam pidato tersebutlah bung Karno mengemukakan konsep dan rumusan awal Pancasila. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 1 Juni 1945, yang mana sekaligus menjadi hari lahirnya Pancasila.

8. Idulfitri

Idulfitri
uaramuslim.net

Hari Raya Idulfitri, atau dikenal dengan istilah Lebaran, merupakan perayaan terbesar setiap tahun bagi umat Islam di dunia.

Tak hanya para muslim yang ikut merasakan perayaan tersebut. Setiap Hari Raya Idulfitri, pemerintah menetapkan libur/cuti bersama yang panjang, baik untuk muslim maupun nonmuslim.

Perayaan ini kerap kali diwarnai dengan kegiatan mudik atau pulang kampung bagi para perantau. Ada tradisi menarik yang sering dinantikan oleh anak-anak kecil pada umumnya, yaitu bagi-bagi angpau.

Ya, tak hanya saat Imlek, angpau pun sudah sejak lama menjadi kebiasaan saat Idulfitri. Pada mulanya, angpau diberikan pada anak-anak yang berhasil berpuasa di bulan Ramadan sebagai hadiah. Namun kini, tujuan pemberian angpau telah bergeser menjadi bagi-bagi rezeki.

Penetapan Hari Raya Idulfitri berdasarkan hasil sidang isbath untuk menentukan tanggal 1 Syawal. Biasanya ditandai dengan kemunculan hilal.

9. Iduladha

Iduladha
magomagz.com

Jika ada Idulfitri, sudah pasti ada Iduladha, atau yang biasa dikenal dengan Hari Raya Kurban. Hal itu karena Iduladha dirayakan dengan penyembelihan hewan kurban, berupa sapi, kambing, unta, atau domba.

Setelah disembelih, hewan kurban lalu dipotong-potong dan dibagikan ke masyarakat sekitar dan fakir miskin.

Tujuan dari ibadah ini adalah untuk peduli dan berbagi kepada sesama di lingkungan sekitar. Hari Raya Iduladha diperingati setiap tanggal 10 Zulhijah kalender hijriah.

10. Hari Kemerdekaan Indonesia

Hari Kemerdekaan Indonesia
wartabengawan.com

Sebelum tahun 1945, Indonesia di bawah penjajahan Belanda dan Jepang. Hingga Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, yang kemudian dikenal dengan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Untuk memperingati hari bersejarah tersebut, setiap tahunnya diadakan upacara bendera di istana negara, di sekolah, instansi pemerintahan, dan beberapa kantor di seluruh nusantara.

Selain itu, acara 17 Agustus kental dengan kegiatan lomba yang diadakan oleh masyarakat. Tujuan dari kegiatan itu tak lain untuk menjaga persatuan dan kesatuan antarwarga serta mengajarkan gotong royong.

11. Maulid Nabi

Maulid Nabi
ayobandung.com

Maulid Nabi adalah Hari Kelahiran Nabi Muhammad saw. Peringatan ini bertujuan untuk mengingat kembali kisah perjuangan Rasulullah dalam menyampaikan ajaran Islam.

Maulid Nabi jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender hijriah. Pada peringatan itu, umat Islam disunahkan untuk berdoa, berselawat, dan menimba ilmu.

Namun, peringatan Maulid Nabi ini masih menjadi kontroversi di antara umat Islam, karena ada sebagian yang menyebutkan jika merayakannya termasuk bidah, atau sesuatu yang tidak pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad saw.

12. Tahun Baru Hijriah

Tahun Baru Hijriah
youtube.com

Sejarah Tahun Baru Hijriah bermula dari kebingungan umat Islam kala itu dalam menentukan penetapan tahun. Kalender hijriah dimulai dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad saw. dari Makkah ke Madinah. Pertama kali dibuat atas usulan Ali bin Abi Thalib.

Tujuan memperingati Tahun Baru Hijriah adalah untuk mengevaluasi diri, merenungkan hal-hal buruk di masa lalu untuk diperbaiki di masa depan. Selain itu, Anda bisa mengisinya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi sesama.

Tahun baru Hijriah jatuh setiap tanggal 1 Muharam perhitungan kalender hijriah.

13. Natal

Natal
uprint.id

Natal merupakan hari rayanya umat Kristen di seluruh dunia untuk memperingati hari kelahiran Raja Damai, Yesus Kristus.

Hari Raya Natal diperingati setiap tanggal 25 Desember perhitungan tahun Masehi, karena tidak ada tarikh yang jelas tanggal berapa tepatnya kelahiran Yesus Kristus.

Natal sesungguhnya perayaan publik pada zaman Romawi Kuno, yang disebut dengan Natalis Solis Invincti, yakni perayaan kembalinya matahari yang sudah sekian lama tidak muncul setelah musim dingin yang panjang.

Sebagai bentuk perayaan Natal, setiap gereja dihiasi dengan lilin, lampu, daun-daun hijau, dan bunga pointsenttia. Natal identik dengan acara tukar kado dan Santa Claus.

14. Hari Ibu

Hari Ibu
sumberagung.bantulkab.go.id

Hari Ibu adalah hari peringatan untuk semua kaum ibu di Indonesia atas perannya dalam keluarga, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.

Di Amerika dan negara-negara lain, seperti Australia, Belanda, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, dan masih banyak lagi, hari Ibu atau Mother’s Day dirayakan setiap hari Ahad di pekan kedua bulan Mei.

Sementara, di negara Timur Tengah dan beberapa negara Eropa, Hari Ibu diperingati setiap tanggal 8 Maret. Namun, berbeda halnya dengan di Indonesia, Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember.

15. Hardiknas

Hardiknas
ucapan.okelove.id

Hari Pendidikan Nasional, atau sering disingkat Hardiknas ini diperingati setiap tanggal 2 Mei. Tanggal 2 Mei tersebut diambil dari hari kelahiran pahlawan nasional sekaligus Bapak Pendidikan, Ki Hadjar Dewantara.

16. Harkitnas

Harkitnas
banggaikab.go.id

Hari Kebangkitan Nasional, atau Harkitnas diadakan untuk memperingati berdirinya organisasi Boedi Oetomo.

Pertama kali diperingati, yaitu pada era pemerintahan Presiden Soekarno di Yogyakarta pada tahun 1948. Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei.

17. Hari Anak 

Hari Anak 
kongkrit.com

Sama sepertinya halnya Hari Ibu, Hari Anak juga diperingati pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni. Hari Anak Universal setiap tanggal 20 November.

Sementara itu, masyarakat Indonesia memperingati Hari Anak Nasional setiap tanggal 23 Juli. Perayaan ini bertujuan untuk menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

18. Hari Pramuka

Hari Pramuka
dubelsmedia.blogspot.com

Pramuka singkatan dari Praja Muda Karana. Sejak di sekolah dasar, anak-anak sudah dikenalkan dengan organisasi pendidikan nonformal ini. Tujuan dari organisasi ini adalah untuk membentuk watak, akhlak, dan budi pekerti setiap anak sejak dini.

Organisasi ini disusun dalam bentuk keanggotaan yang teratur dan disiplin, meliputi Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir, dan Majelis Pembimbing.

Pada tanggal 14 Agustus 1961, terjadi pelantikan pengurus Gerakan Pramuka, sekaligus secara resmi mengenalkan kepada khalayak. Sejak itu, setiap tanggal 14 Agustus dikenal sebagai Hari Pramuka.

19. Hari Batik

Hari Batik
jatipadang.com

Alasan ditetapkannya Hari Batik sebagai salah satu hari besar nasional Indonesia tak lain karena pengakuan dari organisasi dunia, UNESCO, yang menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi.

Untuk merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober, masyarakat Indonesia, mulai dari para siswa hingga pekerja disarankan untuk mengenakan batik.

20. Hari Sumpah Pemuda

Hari Sumpah Pemuda
fajar.co.id

“Kami putera dan puteri Indonesia mengaku bertumpah darah satu. Tanah air Indonesia.

Kami putera dan puteri Indonesia berbangsa satu. Bangsa Indonesia.

Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan. Bahasa Indonesia.”

Itulah isi dari sumpah pemuda yang dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari pemoeda pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia, yang hingga kini setiap tahunnya dikenal dengan Hari Sumpah Pemuda.

21. Hari Guru

Hari Guru
YanuarCatur.id

Hari Guru Nasional jatuh pada tanggal 25 November. Bermula dari terbentuknya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Menilik sejarahnya, pada zaman pendudukan Jepang, segala organisasi dilarang, sekolah ditutup.

Namun, setelah merdeka, Persatuan Guru Indonesia (PGI) menyelenggarakan kongres pada tanggal 24–25 November 1945 di Kota Surakarta. Pada tanggal 25 November itulah terbentuk PGRI.

Pada tahun 1994, baru lahirlah Keputusan Presiden nomor 78 tahun 1994 sebagai peresmian Hari Guru Nasional.

22. Hari Bhayangkara

Hari Bhayangkara
twimg.com

Hari Bhayangkara merupakan momentum penting bagi kepolisian, di mana turunnya Keputusan Presiden nomor 11 tahun 1946.

Peraturan itu menyatukan kepolisian daerah menjadi satu kesatuan nasional dan bertanggung jawab secara langsung kepada pemimpin negara, yaitu Presiden. Oleh sebab itu, setiap tanggal 1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara.

23. Harbolnas

Harbolnas
ipulborneo.web.id

Istilah Harbolnas ini sudah tak asing lagi bagi para pencinta belanja online. Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional ini lahir sejak banyaknya eCommerce di Indonesia.

Harbolnas pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 tanggal 12 Desember atau dikenal dengan istilah 121212. Kegiatan ini diadakan oleh Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak.

Saat Harbolnas tiba, semua eCommerce berlomba-lomba menyajikan acara atau diskon besar-besaran untuk menarik pelanggan.

24. Hari Menanam Pohon Indonesia

Hari Menanam Pohon Indonesia
twimg.com

Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) ditetapkan dalan Keppres RI No. 24 tahun 2008, yaitu setiap tanggal 28 November. Tujuan ditetapkannya HMPI tak lain adalah untuk mengembalikan kelestarian hutan yang makin meresahkan.

25. Hari Pahlawan

Hari Pahlawan
akamaized.net

Hari Pahlawan tak lepas dari sejarah para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Pada tanggal 10 November 1945, terjadi pertempuran di Surabaya, Jawa Timur.

Pada tanggal tersebut, kemudian dijadikan peringatan Hari Pahlawan untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan, sekaligus menjaga kemerdekaan Republik Indonesia agar tak terpecah belah oleh pihak-pihak dari luar dan dalam negeri.

26. Olahraga Nasional

Olahraga Nasional
monitor.co.id

Hari Olahraga Nasional disebut juga Haornas, diperingati setiap tanggal 9 September. Terakhir kali pada tahun 2018, Haornas diselenggarakan di Ternate, Maluku Utara.

Peringatan Olahraga Nasional ini bertujuan untuk meningkatkan sportivitas olahraga di tanah air.

27. Palang Merah Indonesia

Palang Merah Indonesia
evaniashab.wordpress.com

Palang Merah Indonesia, atau PMI, merupakan organisasi nasional yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan.

Pada tanggal 17 September 1945, Palang Merah Indonesia mulai terbentuk. Diketuai pertama kali oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. Sejak hari itu, dikenal sebagai Hari Palang Merah Indonesia.

PMI terus melakukan pemberian bantuan, hingga pemerintah akhirnya mengeluarkan Keputusan Presiden nomor 25 tanggal 16 Januari 1950. Dikuatkan pula dengan Keppres nomor 246 tanggal 29 November 1963.

Saat ini, PMI sudah berdiri di 33 Provinsi, 474 Kabupaten/Kota dan 3.406 Kecamatan. PMI mempunyai hampir 1,5 juta relawan yang siap melakukan pelayanan.

28. Hari Buku Nasional

Hari Buku Nasional
sukita.info

Tanggal 17 Mei 1980 adalah berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, sekaligus dijadikan sebagai Hari Buku Nasional. Penetapan Hari Buku Nasional itu bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang rendah.

29. Hari Kartini

Hari Kartini
joglosemarnews.com

“Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita, lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.”

Itulah salah satu kutipan dari R.A. Kartini yang sangat fenomenal. Sebagai pelopor emansipasi wanita, beliau mendapat kehormatan berupa peringatan Hari Kartini setiap tanggal 21 April yang sekaligus tanggal lahir beliau.

30. Hari Gizi Nasional

Hari Gizi Nasional
twimg.com

Mungkin banyak yang tidak tahu jika di Indonesia juga memili Hari Gizi Nasional yang ditetapkan setiap tanggal 25 Januari.

Pertama kali diselenggarakan oleh Lembaga Makanan Rakyat pada tahun 1960. Kemudian, dilanjutkan oleh Direktorat Gizi pada tahun 1970 hingga saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *