15+ Macam Macam Gergaji dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Macam Macam Gergaji

Macam Macam Gergaji – Gergaji adalah alat yang digunakan untuk memotong benda, seperti kayu, triplek, pipa, besi maupun benda lainnya. Gergaji merupakan salah satu alat wajib pertukangan.

Bentuk gergaji umumnya bergerigi kecil dengan sisi tajam di kedua sisinya. Alat ini ada yang berjenis tradisional atau manual dan juga  modern yang cara penggunaannya lebih cepat dan efisien.

Beda bahan ternyata beda pula jenis gergajinya. Karena itu kita harus memilih jenis gergaji tepat agar hasil pekerjaan lebih maksimal. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas seluk beluk tentang alat gergaji.

MACAM MACAM GERGAJI

Berikut ini macam macam gergaji yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari disertai dengan gambar gergaji dan juga fungsinya masing-masing.

Gergaji Triplek (Coping Saw)

Coping Saw
amazon.com

Coping saw adalah gergaji yang digunakan untuk memotong triplek atau papan kayu. Mata gergaji ini kecil, tajam dan bisa dilepas atau diganti jika sudah tumpul.

Gergaji triplek membentuk huruf “U” yang dapat mempermudah pemotongan pada pola-pola lengkung. Dengan menggunakan gergaji ini pemotongan triplek lebih maksimal, pola potongan rapi dan papan tidak ‘sobek’ ketika proses pembentukan.

Gergaji Besi (Hacksaw)

Hack Saw
wikimedia.org

Hack saw adalah gergaji yang digunakan untuk memotong benda berbahan dasar logam seperti misalnya besi. Selain besi gergaji ini biasa digunakan untuk memotong kayu ataupun pvc.

Hack saw atau gergaji besi memliki mata gergaji yang halus dan rapat, bobotnya juga cukup ringan. sama seperti coping saw, mata gergaji besi bisa dibuka/dilepas dari dudukannya.

Backsaw

Backsaw
amazon.com

Gergaji backsaw adalah gergaji yang digunakan untuk memotong kayu. Hasil dari pemotongan benda kerja oleh gergaji ini lebih halus dan konsisten pada pemotongan tipe lurus dibandingkan jenis gergaji lainnya.

Gergaji Jepang (Japanese Saw)

gergaji jepang
JP hardware via jualo.com

Gergaji jepang terdiri dari 3 jenis, yakni Dozuki, Ryoba dan Kataba. Gergaji jepang adalah gergaji yang digunakan untuk memotong kayu dengan berbagai tekstur. Mulai dari tekstur lunak hingga keras.

Gergaji jepang yang umum digunakan adalah jenis Ryoba. gergaji ini mempunyai 2 macam sisi yang sama tajamnya. Satu sisi untuk pembelahan, sisi lain untuk pemotongan.

Perbedaan gergaji jepang dengan gergaji lain umumnya terletak pada bahan dan juga susunan mata gergajinya. 

Keyhole Saw

Keyhole Saw
fine-tools.com

Keyhole saw adalah gergaji yang digunakan untuk menjangkau sudut-sudut kecil atau bagian-bagian rumit dari benda kerja. Gergaji ini memiliki ujung yang lebih kecil dari pangkal gergaji.

Fungsi dari keyhole saw dapat dilihat ketika misalnya kita ingin memotong bagian tengah papan kayu. Pada proses awal kita dapat membuat celah atau lubang kecil di bagian tengah papan kayu tersebut.

Selanjutnya kita bisa menggunakan gergaji keyhole untuk memotong bagian yang dilubangi tersebut sesuai pola-pola yang diinginkan.

Gergaji Rantai (Chainsaw)

macam macam gergaji
google images

Chainsaw atau gergaji rantai adalah gergaji yang biasa digunakan untuk menebang pohon atau dahan-dahan pohon, baik itu yang berukuran besar ataupun kecil. Di Indonesia gergaji jenis ini sering disebut gergaji mesin.

Gergaji ini memiliki rantai atau gigi ripping yang dengan tenaga mesin akan berputar seperti putaran rantai pada kendaraan roda 2. Gergaji mesin mempunyai suara gaduh yang khas, apalagi ketika bergesekan dengan objek benda atau kayu pohon.

Scroll Saw

Scroll Saw
amazon.co.uk

Jenis gergaji selanjutnya yaitu Scroll Saw. Gergaji satu ini berupa meja datar dan terdapat motor dengan kecepatan  tinggi. Terdapat bilah kecil yang akan muncul dari bawah meja. Bilah ini bisa digunakan untuk mengatur kedalaman pemotongan. Untuk pekerjaan yang cukup rumit, anda bisa menggunakan Scroll Saw ini.

Mitersaw

Mitersaw
homedepot.com

Untuk pekerjaan tertentu kadangkala membutuhkan bahan yang bisa dipotong secara sudut agar memiliki presisi tepat. Gergaji ini bisa dimiringkan sampai 45 derajat.

Jigsaw

Jigsaw
amazon.com

Gergaji jigsaw memiliki ciri gigi halus serta bilah pendek. Kecepatan bilah bisa disesuaikan. Mata gergajinya bolak – balik serta bergerak naik dan turun. Bentuknya terbilang kecil dan bisa digunakan atau dipegang menggunakan tangan. Gergaji ini bisa bergerak ke berbagai arah seperti zigzag, melingkar, kiri maupun kanan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Jigsaw bisa digunakan untuk memotong berbagai sudut seperti lurus, melengkung ataupun kurva.

Circular Saw

Circular Saw
toolstop.co.uk

Jenis gergaji selanjutnya bernama  Circular Saw. Gergaji ini berupa piringan dengan gerigi yang mengelilingi piringan tersebut. Piringan bergerigi ini bisa bergerak dan berputar dengan kecepatan yang bisa disesuaikan. Kecepatan inilah yang mempengaruhi proses pemotongan.

Flooring Saw

Flooring Saw
walmart.com

Sesuai dengan namanya terdapat kata flooring yang berasal dari kata floor berarti lantai. Gergaji jenis ini memang diletakkan di lantai sehingga inilah yang menjadi point plusnya karena anda tidak perlu kerepotan untuk memindahkan Flooring Saw ini. Flooring Saw ini lazim digunakan untuk memotong berbagai bahan bangunan, Misalnya keramik.

Veneer Saw

Veneer Saw
fine-tools.com

Veneer Saw merupakan gergaji yang memiliki bilah potong pendek. Gergaji ini terdiri dari 13 gigi dan 2 mata mata potong. Biasanya gergaji jenis ini digunakan untuk berbagai pekerjaan yang membutuhkan presisi tepat.

Gergaji Tangan Serbaguna

gergaji tangan serbaguna
tokopedia.com

Dari namanya saja sudah bisa disimpulkan bahwa gergaji ini bisa digunakan atau difungsikan untuk berbagai keperluan. Artinya gergaji tangan serbaguna ini adalah gergaji yang bisa dipakai untuk memotong berbagai bahan. Dengan kata lain gergaji satu ini bersifat multifungsi atau multiguna.


Demikian tadi penjelasan singkat mengenai gergaji bersamaan dengan macam macam jenis dan juga fungsi yang dimilikinya masing-masing. Semoga bermanfaat #WASSALAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *