15+ Macam Gergaji Beserta Gambar & Fungsinya

Macam Macam Gergaji

Macam  macam Gergaji – Gergaji merupakan alat yang digunakan untuk memotong baik itu kayu, triplek, besi maupun benda lainnya. Gergaji merupakan salah satu alat wajib pertukangan. Bentuk gergaji umumnya bergerigi kecil dengan sisi tajam di kedua sisinya.

Gergaji ada yang berjenis tradisional atau manual dan ada juga gergaji modern yang penggunaannya lebih cepat dan efisien.

Beda bahan ternyata beda pula jenis gergajinya. Karena itu kita harus memilih jenis gergaji tepat agar hasil pekerjaan lebih maksimal. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas seluk beluk tentang peralatan satu ini.

MACAM MACAM GERGAJI

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa gergaji sangat banyak jenisnya. Usahakan untuk selalu menggunakan gergaji tepat agar hasil potongan lebih rapi dan tidak merusak gergaji itu sendiri. Berikut ini adalah macam – macam gergaji yang perlu anda ketahui.

1. Gergaji Tangan atau Gergaji Kayu (Hand Saw)

Hand Saw
ffx.co.uk

Hand saw disebut juga dengan gergaji tangan. Gergaji tangan biasa digunakan untuk memotong kayu. Arah pemotongan umumnya disesuaikan dengan arah serat kayu. Biasanya gergaji jenis ini bisa diasah agar tidak tumpul.

2. Gergaji Triplek (Coping Saw)

Coping Saw
amazon.com

Triplek merupakan bahan yang seringkali digunakan untuk berbagai kebutuhan. Namun kadangkala untuk memotong triplek ini diperlukan kehati – hatian agar mampu menghasilkan potongan rapi. Apalagi untuk memotong bagian – bagian triplek yang sulit tentu harus lebih berhati – hati lagi.

Salah satu cara untuk menyiasati hal ini adalah dengan menggunakan gergaji tepat. Gunakan Coping Saw yang memang dikhususkan untuk memotong bagian rumit pada papan atau triplek. Ciri khas dari gergaji ini adalah mata gergaji tipis, kecil serta tajam.

3.Gergaji Kayu Tebal (Crosscut Saw)

Crosscut Saw
highlandwoodworking.com

Kayu menjadi bahan yang sering dibutuhkan dan dipotong untuk berbagai keperluan. Namun meskipun begitu, untuk memotong kayu harus menggunakan gergaji yang berbeda tergantung pada jenis kayunya dan keperluannya untuk apa.

Untuk memotong kayu dengan potongan kasar dan tebal sebaiknya anda menggunakan gergaji jenis Crosscut Saw. Ciri khas gergaji ini memiliki gigi besar. Ada yang memiliki pegangan satu ataupun pegangan dua. Penggunaannya biasa dilakukan oleh 2 orang dengan gerakan gergaji maju-mundur.

4. Gergaji Besi (Hacksaw)

Hack Saw
wikimedia.org

Jenis gergaji berikutnya disebut dengan Hack Saw. Gergaji satu ini memiliki ciri yaitu mata gergaji halus dan rapat. Bobotnya juga cukup ringan. Biasanya gergaji ini digunakan untuk memotong logam atau besi. Namun anda juga bisa menggunakan peralatan ini untuk memotong pipa, plastik maupun kayu.

5. Backsaw

Backsaw
amazon.com

Jika anda membutuhkan gergaji yang bisa menghasilkan hasil permukaan halus dan simetris maka anda bisa menggunakan gergaji Backsaw. Anda bisa menggunakan kerjaan ini untuk memotong bahan keperluan lemari, bingkai foto dan lain sebagainya.

6. Gergaji Jepang (Japanese Saw)

Japanese Saw
fine-tools.com

Selain Backsaw, untuk memotong bahan yang jangkauannya rumit dan sulit anda bisa menggunakan gergaji jepang. Gergaji ini bisa digunakan untuk memotong kayu dengan berbagai tekstur. Mulai dari tekstur lunak hingga keras. Ciri khas gergaji ini adalah tipis dan kuat.

7. Keyhole Saw

Keyhole Saw
fine-tools.com

Kadangkala terdapat bagian – bagian sukar dijangkau dan berupa ukuran mini. Namun anda tak perlu merasa khawatir karena anda menggunakan Keyhole Saw. Gergaji ini memiliki bentuk sangat kecil sehingga bisa membantu anda memotong bagian – bagian rumit.

Ciri gergaji lubang kunci atau keyhole adalah gagangnya yang menyerupai kunci, gagangnya bundar serta semakin keujung ukurannya semakin runcing.

8. Gergaji Mesin (Chainsaw)

Chainsaw (gergaji mesin) Anda pasti sering melihat orang menebang pohon baik berukuran kecil, sedang maupun besar. Gergaji ini disebut dengan Chainsaw. Ciri khas dari gergaji jenis ini adalah dimana terdapat rantai atau gigi ripping pada mesin gergaji yang berfungsi untuk pemotongan.

Gergaji mesin sendiri terdapat versi kecilnya yaitu Chainsaw mini yang mana ukurannya lebih kecil sehingga ketika dibawa – bawa jelas lebih ringan.

9. Scroll Saw

Scroll Saw
amazon.co.uk

Jenis gergaji selanjutnya yaitu Scroll Saw. Gergaji satu ini berupa meja datar dan terdapat motor dengan kecepatan  tinggi. Terdapat bilah kecil yang akan muncul dari bawah meja. Bilah ini bisa digunakan untuk mengatur kedalaman pemotongan. Untuk pekerjaan yang cukup rumit, anda bisa menggunakan Scroll Saw ini.

10. Mitersaw

Mitersaw
homedepot.com

Untuk pekerjaan tertentu kadangkala membutuhkan bahan yang bisa dipotong secara sudut agar memiliki presisi tepat. Gergaji ini bisa dimiringkan sampai 45 derajat.

11. Jigsaw

Jigsaw
amazon.com

Gergaji jigsaw memiliki ciri gigi halus serta bilah pendek. Kecepatan bilah bisa disesuaikan. Mata gergajinya bolak – balik serta bergerak naik dan turun. Bentuknya terbilang kecil dan bisa digunakan atau dipegang menggunakan tangan. Gergaji ini bisa bergerak ke berbagai arah seperti zigzag, melingkar, kiri maupun kanan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Jigsaw bisa digunakan untuk memotong berbagai sudut seperti lurus, melengkung ataupun kurva.

12. Circular Saw

Circular Saw
toolstop.co.uk

Jenis gergaji selanjutnya bernama  Circular Saw. Gergaji ini berupa piringan dengan gerigi yang mengelilingi piringan tersebut. Piringan bergerigi ini bisa bergerak dan berputar dengan kecepatan yang bisa disesuaikan. Kecepatan inilah yang mempengaruhi proses pemotongan.

13. Flooring Saw

Flooring Saw
walmart.com

Sesuai dengan namanya terdapat kata flooring yang berasal dari kata floor berarti lantai. Gergaji jenis ini memang diletakkan di lantai sehingga inilah yang menjadi point plusnya karena anda tidak perlu kerepotan untuk memindahkan Flooring Saw ini. Flooring Saw ini lazim digunakan untuk memotong berbagai bahan bangunan, Misalnya keramik.

14. Veneer Saw

Veneer Saw
fine-tools.com

Veneer Saw merupakan gergaji yang memiliki bilah potong pendek. Gergaji ini terdiri dari 13 gigi dan 2 mata mata potong. Biasanya gergaji jenis ini digunakan untuk berbagai pekerjaan yang membutuhkan presisi tepat.

15. Gergaji Tangan Serbaguna

gergaji tangan serbaguna
tokopedia.com

Dari namanya saja sudah bisa disimpulkan bahwa gergaji ini bisa digunakan atau difungsikan untuk berbagai keperluan. Artinya gergaji tangan serbaguna ini adalah gergaji yang bisa dipakai untuk memotong berbagai bahan. Dengan kata lain gergaji satu ini bersifat multifungsi atau multiguna.


Demikian tadi penjelasan singkat mengenai gergaji bersamaan dengan macam macam jenis dan juga fungsi yang dimilikinya masing-masing. Semoga bermanfaat #WASSALAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *