ANALISIS SWOT: Pengertian, Unsur, Fungsi & Contoh Swot Analysis

Analisis SWOT

Pengertian Analisis SWOT adalah sebuah metode yang terkenal dan dianggap ampuh dalam menyelesaikan berbagai masalah. SWOT sendiri merupakan singkatan dari strengths, weaknesses, opportunities, threats.

Terkadang, ada beberapa masalah yang cukup pelik dan membutuhkan penyelesaian dengan jalan-jalan tertentu. Nah, analisis SWOT ini menitikberatkan pada penyelesaian masalah menggunakan beberapa saringan.

Tentu saja ada banyak manfaat dan juga kepentingan dalam menggunakan analisis SWOT. Melalui artikel ini, Anda akan mendapat keterangan mulai dari pengertian, manfaat, hingga bagaimana langkah untuk membuat analisis SWOT.

Pengertian Analisis SWOT

Pengertian Analisis SWOT
forumpendidikan.com

Untuk dapat memahami definisi analisis SWOT dengan jelas, lebih baik simak berbagai pendapat ahli terkait hal ini.

1. Philip Kotler

Analisis SWOT menurut Kotler adalah evaluasi terhadap empat poin tersebut (kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman) pada individu, kelompok, atau pihak lain.

2. Pearce dan Robinson

Pearce dan Robinson mendefinisikan analisis SWOT sebagai sebuah proses manajemen strategis pada perusahaan yang bertujuan untuk menguraikan kekuatan sekaligus masalah dari perusahaan tersebut.

3. Yusanto dan Widjajakusuma

Kedua ahli ini berpendapat bahwa analisis SWOT merupakan instrumen internal dan eksternal perusahaan yang bersumber dari data tahunan dan memiliki pola 3-1-5

4. Freddy Rangkuti

Menurut Freddy Rangkuti, analisis SWOT merupakan usaha yang dilakukan oleh suatu pihak untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang dengan landasan logika.

5. Rais

Rais beranggapan bahwa metode SWOT ini merupakan metode analisis dasar supaya Anda dapat mengetahui permasalahan melalui empat sisi yang berbeda.

Itulah berbagai macam pendapat terkait analisis SWOT. Keempatnya memiliki sudut pandang yang berbeda-beda, tetapi semua berpusat pada satu titik: analisis SWOT bertujuan untuk membuat Anda lebih fokus menyelesaikan masalah dengan saringan ketat.

Komponen/Unsur Analisis SWOT

Unsur Analisis SWOT
rocketmanajemen.com

Analisis SWOT berfungsi untuk memprediksi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam bisnis atau urusan tertentu. Nah, mari membahas keempat komponen itu satu persatu.

Yang pertama adalah kekuatan atau strengths. Suatu hal pasti memiliki kekuatannya sendiri. Mari ambil contoh bisnis katering diet.

Apa kekuatan dari bisnis katering diet ini? Bisnis katering diet dapat memfasilitasi orang-orang yang ingin berdiet – karena alasan tertentu, baik kecantikan maupun kesehatan – tetapi tidak tahu bagaimana cara mengolah makanan dengan kandungan gizi dan kalori tepat.

Atau bahkan, mereka tidak punya waktu. Nah, di sinilah kekuatan bisnis itu: pasar yang besar dan realistis.

Yang kedua, weaknesses alias kelemahan. Apa kelemahan bisnis ini? Bisnis katering diet tentu tak bisa dikerjakan oleh mereka yang tak paham ilmu gizi. Untuk itu, Anda wajib menggandeng konsultan gizi atau malah belajar ilmu gizi. Tentu ini membutuhkan biaya.

Ketiga, peluang. Peluangnya tentu dengan semakin maraknya gaya hidup sehat dan tubuh langsing di media mainstreams dan media sosial. Ini bisa menjadi celah untuk mempromosikan bisnis Anda sebagai bisnis penting.

Kemudian, terakhir, ancaman. Ancaman tentu hadir dari perusahaan rintisan makanan yang juga sudah menyiapkan menu diet. Nah, bagaimana cara Anda untuk berkompetisi dengan mereka?

Jangan lupa, ancaman juga hadir dari segi rasa. Ada banyak makanan sehat dan rendah kalori, tetapi rasanya belum tentu enak.

Dari keempat sisi ini, Anda bisa merumuskan masalah: Anda harus membuat bisnis katering diet yang sehat, rendah kalori, mampu memenuhi kebutuhan gizi, tetapi juga viral dan rasanya lezat.

Apa jawabannya? Tentu hal ini akan lebih mudah ditemukan, bukan, setelah Anda melewati proses analisis? 

Manfaat Analisis SWOT

Manfaat Analisis SWOT
carainvestasibisnis.com

Analisis SWOT bisa diibaratkan seperti saringan. Nah, lewat analisis ini, Anda bisa mengetahui dengan jelas dan dengan rinci tentang apa saja yang harus Anda selesaikan. Lebih jelasnya, berikut berbagai manfaat dari melakukan analisis SWOT.

1. Masalah Lebih Jelas

Dengan analisis SWOT, Anda bisa tahu apa hal yang sebenarnya jadi masalah Anda. Mencari masalah itu mudah, tetapi tidak dengan mengetahui mana masalah penting, mana yang tidak.

Analisis SWOT mampu menyaring masalah penting yang memang harus Anda selesaikan. Jadi, Anda tidak akan “tertipu” dengan hal-hal yang sebetulnya bukan masalah besar bagi Anda.

2. Lebih Fokus

Analisis SWOT membuat Anda menjadi lebih fokus dengan apa yang sedang Anda hadapi dan harus Anda kerjakan. Anda tidak akan terbebani atau sekadar teralihkan oleh hal-hal tidak penting.

Fokus adalah kunci penting untuk menjadi pribadi yang sukses. Untuk itu, Anda wajib menggunakan analisis ini sebagai dasar apabila Anda memang ingin meraih kesuksesan secara sistematis.

3. Mempercepat Penyelesaian Masalah

Apa yang membuat masalah lama diselesaikan? Selain karena keributan antara orang-orang yang ngotot pendapatnya benar, masalah tak rampung bisa jadi karena suatu pihak merasa bingung dan tak tahu harus mengambil keputusan apa.

Dengan analisis SWOT, Anda akan tahu apa keputusan terbaik yang bisa diambil. Alasannya karena Anda sudah mengenal apa yang Anda kerjakan dengan baik.

Faktor yang Memengaruhi Analisis SWOT

Faktor yang berpengaruh
karinov.co.id

Analisis SWOT tentu tak dapat dilepaskan dari berbagai faktor. Berikut adalah faktor-faktor yang memengaruhi keberlangsungan analisis SWOT.

1. Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor yang memengaruhi keberlangsungan analisis SWOT dari dalam perusahaan, yakni seperti kekuatan dan kelemahan perusahaan yang bersangkutan.

Beberapa contoh faktor internal, antara lain seperti sumber daya manusia, sumber daya keuangan, teknologi informasi, kemampuan pemasaran, kemahiran industri, dan hal lainnya.

Faktor internal lebih mudah untuk diperbaiki atau dianalisis karena berasal dari dalam perusahaan atau suatu pihak.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar perusahaan dan terjadi di luar kapabilitas perusahaan itu sendiri. Apa saja yang menjadi faktor eksternal dari analisis SWOT?

Contohnya adalah seperti tren pasar, hukum yang berlaku, perusahaan saingan, kondisi perkembangan ekonomi dan politik di sebuah negara bahkan dunia, dan sebagainya.

Apa yang harus dilakukan terkait faktor internal dan faktor eksternal dari analisis SWOT? Pertama, perkuat kekuatan internal dan terus berbenah. Kedua, ikuti dan teliti tren serta kondisi pasar.

Selalu antisipasi gejolak politik dan ekonomi yang ada sehingga tidak salah mengambil langkah ke depannya.

Langkah Membuat Analisis SWOT

Langkah Membuat Analisis SWOT
karinov.co.id

Untuk membuat langkah SWOT secara sederhana, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Pertama-tama, jabarkan kelebihan atau kekuatan dari bisnis Anda. Nah, buatlah daftar mengenai hal itu, tetapi jangan terbuai. Cari cara untuk memperkuat kekuatan tersebut dan juga untuk mempertahankannya.

Kedua, jabarkan kelemahan. Nah, aspek ini agak sulit terkadang, karena ada banyak pihak yang tidak mau mengakui kelemahannya sendiri. Anda wajib jujur kepada diri sendiri terkait hal ini.

Pasalnya, kelemahan bukan sesuatu yang harus ditutupi, tetapi sesuatu yang harus diperbaiki dan ditingkatkan.

Kemudian, soal peluang. Peluang harus dilihat sedini dan secermat mungkin. Ini penting agar Anda tahu betul mana celah yang bisa digunakan untuk kemajuan bisnis Anda sendiri.

Setelah itu, jangan lupakan soal ancaman. Ancaman penting untuk ditanggulangi sedini mungkin supaya tidak merusak bisnis Anda sendiri, apalagi jika ancaman itu berasal dari luar.

Ancaman yang berasal dari luar sejatinya lebih berbahaya karena ancaman tersebut lebih sulit untuk dideteksi dan diperlukan pengamatan yang lebih cermat.

Contoh Analisis SWOT

Contoh Analisis SWOT
entrepreneurcamp.id

Ada berbagai cara untuk melakukan analisis SWOT, dan berikut kami berikan dua contoh analisis SWOT pada dua brand restoran ternama tetapi dengan fokus berbeda, yakni Starbucks dan KFC.

Pertama, mari membahas mengenai Starbucks terlebih dahulu. Starbucks merupakan sebuah waralaba dengan produk unggulan kopi serta kue-kue dan camilan lain yang mudah dikonsumsi.

Apa kekuatan dari Starbucks? Tentu brand yang sudah dikenal dan juga kafe yang nyaman serta berkelas. Starbucks sudah memiliki kelasnya sendiri dan juga punya berbagai pilihan makanan dan minuman dengan kualitas tinggi.

Kemudian, apa kelemahannya? Starbucks memiliki terlalu banyak jenis kopi dan tak semuanya familier serta sulit diingat oleh masyarakat Indonesia. Harga kopinya juga cenderung mahal.

Apa peluang Starbucks? Peluang untuk menjadi tempat nongkrong yang nyaman, bahkan membuat para pembeli ingin selalu menambah untuk membeli produk. Starbucks juga punya peluang coffee-to-go yang lezat dan menjadi rutinitas pagi banyak orang.

Apa ancamannya? Tentu harus diakui semakin marak pula bisnis coffee-to-go berharga murah dengan berbagai macam varian, sehingga ini bisa mengancam keberlangsungan penjualan Starbucks.

Solusinya bisa dengan mengikuti tren rasa coffee-to-go, memberikan promo harga, hingga meningkatkan penampilan minuman.

Nah, setelah itu, mari membahas tentang KFC. Produk unggulan KFC adalah menu ayamnya. Ini menjadi kelebihan dari KFC karena bumbu ayam KFC sangat khas dan tidak terlalu kering.

Bahkan, kulit ayam KFC jadi favorit banyak orang dan menjadi standar kulit ayam yang lezat serta nagih.

Namun, kelemahan produknya terletak pada produk lain yang kurang menonjol dan rasanya biasa saja. Seperti contohnya, burger. Burger KFC kurang khas, tidak seperti McDonald’s, misalnya.

Peluang KFC terletak pada produk ayamnya. Produk ayam KFC bisa dimodifikasi sedemikian rupa. Contohnya seperti kulit ayam tanpa daging, daging ayam crispy tusuk dengan keju, dan sebagainya.

Ancaman datang dari restoran cepat saji yang tentunya memberikan pilihan menu sama dengan harga yang lebih murah. Jadi, KFC harus putar otak mengenai bagaimana cara mempertahankan cita rasa khas, menjaga kualitas, dan tentu saja melakukan pemasaran yang semakin kuat.

Itulah berbagai hal yang harus Anda ketahui terkait analisis SWOT. Ya, apabila sudah memahami analisis SWOT dengan baik, Anda akan mampu menerapkannya ke dalam bisnis atau masalah lain.

Manfaat Analisis SWOT Dalam Bidang Lain

Manfaat SWOT Dalam Bidang Lain
mandreel.com

Selain bisnis, sebenarnya ada berbagai macam hal yang bisa diselesaikan dengan menggunakan analisis SWOT. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Pengembangan Diri

Analisis SWOT penting untuk mengurai pengembangan diri yang tepat. Misalnya, saat Anda mau memilih jurusan atau tempat kerja. Nah, dengan menganalisis diri Anda menggunakan analisis SWOT, Anda akan tahu jurusan atau bidang kerja yang sesuai dengan Anda.

2. Pernikahan

Jangan salah, pernikahan bisa, lho, dianalisis dengan analisis SWOT. Analisis SWOT dalam pernikahan akan membuat Anda menjadi tahu apa saja hal-hal yang perlu diperbaiki supaya semakin kuat hubungan Anda dan pasangan ke depannya.

3. Penyelenggaraan Acara

Mau menyelenggarakan acara besar seperti resepsi atau seminar, misalnya? Banyak orang yang terjebak utang atau bahkan memberikan impresi buruk usai acara karena pengaturan acara yang berantakan.

Nah, analisis SWOT bisa menjadi cara untuk menanggulangi risiko buruk dan meningkatkan impresi baik pada acara.


Demikian tadi ulasan lengkap mengenai pengertian, contoh, langkah-langkah dan manfaat analisis SWOT. Anda bisa mempelajari dan menerarapkannya pada hidup Anda ke depan, terutama dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang tengah di hadapi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *