KEBUGARAN JASMANI: Pengertian, Komponen, Manfaat, Unsur & Contohnya

Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani – Kebugaran jasmani tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Kebugaran jasmani erat kaitannya dengan olahraga dan sering disebut sebagai kemampuan seseorang melakukan aktivitas yang menyehatkan tubuh.

Kebugaran jasmani bukan sekadar bergerak atau beraktivitas, tetapi ada unsur-unsur di dalamnya yang harus dilatih secara konsisten. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan tentang kebugaran jasmani di bawah.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani
beritagar.id

Secara sederhana, kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas fisik tanpa merasa kelelahan dan tubuhnya tetap fit. Kebugaran jasmani juga bisa diartikan sebagai daya tahan tubuh seseorang dalam melakukan kegiatan tertentu.

Pentingnya memiliki kebugaran jasmani dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Bisa menyelesaikan semua pekerjaan dengan cepat dan efisien;
  2. Memiliki refleks atau respon tubuh yang baik;
  3. Tubuh yang bugar cenderung tidak mudah terserang penyakit sehingga memiliki kesempatan hidup lebih baik; dan
  4. Khusus untuk anak-anak, tubuh yang tetap bugar bisa memaksimalkan pertumbuhan.

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Anda mungkin bertanya-tanya, apa syarat seseorang dianggap memiliki kebugaran jasmani yang baik? Jawabannya adalah apabila orang tersebut memiliki semua unsur yang berkaitan dengan kebugaran jasmani tersebut.

Untuk lebih memahaminya, Anda perlu mengetahui beberapa unsur, mulai dari kecepatan, kekuatan, keseimbangan, hingga ketepatan. Kebugaran jasmani hanya bisa tercapai apabila unsur-unsur tersebut bisa dipenuhi.

1. Kecepatan (Speed)

Kecepatan (Speed)
sciencemag.org

Kecepatan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan suatu gerakan dalam waktu yang sesingkat mungkin. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk melakukan gerakan tertentu, orang tersebut dianggap memiliki tingkat kecepatan yang baik.

Kecepatan tiap orang bisa berbeda-beda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari waktu reaksi, elastisitas otot, teknik dalam melakukan gerakan, kemampuan menahan tahanan dari luar, hingga soal kemauan dan konsentrasi.

Meski demikian, seseorang bisa meningkatkan kecepatannya dengan cara melakukan berbagai macam latihan fisik. Salah satunya dengan melakukan lari jarak pendek (40–60 meter). Bisa juga dengan melakukan lari naik-turun tangga berkali-kali.

2. Kekuatan (Strength)

Kekuatan (Strength)
bebasketik.com

Unsur lain dari kebugaran jasmani adalah kekuatan, yaitu kemampuan seseorang dalam menggunakan ototnya dengan tenaga yang maksimal. Faktor kekuatan sangat penting saat seseorang melakukan aktivitas fisik yang berat seperti olahraga.

Tingkat kekuatan yang bagus akan mencegah terjadinya cedera saat olahraga. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa setiap orang memiliki batas kekuatannya masing-masing. Sama seperti unsur kecepatan, kekuatan juga bisa ditingkatkan dengan sejumlah latihan fisik.

Misalnya:

  • Latihan angkat beban untuk meningkatkan kekuatan otot lengan,
  • Sit up untuk melatih kekuatan otot perut,
  • Push up untuk melatih kekuatan otot bagian tangan/lengan, dan
  • Squat jump untuk melatih kekuatan kaki sekaligus otot perut.

3. Daya Otot (Muscular Power)

Daya Otot (Muscular Power)
sfidn.com

Muscular power juga merujuk pada daya ledak, artinya adalah kemampuan seseorang dalam melakukan suatu gerakan secara maksimal, tetapi dengan waktu yang sangat singkat.

Daya otot juga bisa diartikan sebagai kemampuan mengatasi tahanan/beban dengan kecepatan tinggi.

Contoh daya ledak otot dalam hal olahraga bisa dilihat pada atlet angkat besi. Seorang atlet harus mampu mengatasi beban dengan kekuatan maksimal, tetapi dia juga harus melakukannya dalam waktu yang sangat singkat.

Contoh lain dari penerapan daya otot adalah lompat jauh. Dalam waktu singkat, seorang atlet harus mampu mengerahkan seluruh kekuatannya untuk melakukan tolakan demi menghasilkan lompatan yang jauh.

Daya otot sendiri bisa ditingkatkan melalui latihan-latihan berikut ini:

  • Vertical jump yang berguna untuk melatih kaki;
  • Front jump untuk melatih kekuatan betis dan tungkai; serta
  • Side jump berguna untuk melatih kekuatan kaki, terutama bagian paha.

4. Daya Tahan (Endurance)

Daya Tahan (Endurance)
trainheroic.com

Daya tahan adalah kemampuan seseorang melakukan gerakan/aktivitas tertentu dalam waktu yang lama. Aktivitas tersebut dilakukan secara efektif dan efisien sehingga dapat bertahan lama tanpa merasakan sakit atau kelelahan.

Daya tahan merupakan kunci kesuksesan seorang atlet, terutama dalam olahraga yang permainannya membutuhkan waktu lama, misalnya sepak bola atau maraton. Bila atlet tidak memiliki daya tahan yang bagus, tubuh akan cepat lelah dan risiko kalahnya lebih besar.

Karena itu, seorang atlet harus meningkatkan daya tahan tubuh dengan melakukan beberapa latihan fisik. Latihan fisiknya bisa berupa olahraga ringan seperti joging yang dilakukan minimal 30 menit setiap hari.

5. Kelincahan (Agility)

Kelincahan (Agility)
bigcommerce.com

Kelincahan bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk melakukan gerak tubuh secara cepat. Gerakan yang dimaksud bisa berupa pindah posisi dari depan ke belakang atau dari samping kanan ke kiri dan sebaliknya.

Semakin cepat seseorang melakukan penyesuaian posisi, orang tersebut dianggap memiliki tingkat kelincahan yang tinggi. Kelincahan juga sangat berguna dalam olahraga, misalnya sepak bola, basket, atau permainan voli.

Seorang atlet bisa meningkatkan kelincahannya dengan melakukan beberapa latihan fisik, misalnya lari naik-turun tangga. Latihan fisik lain yang bisa dicoba adalah lari zig-zag dengan cepat yang dilakukan secara rutin.

6. Kelenturan (Flexibility)

Kelenturan (Flexibility)
musclematters.ca

Daya lentur adalah tingkat keluwesan seseorang dalam menggerakkan otot tubuh – khususnya bagian sendi – secara leluasa dan tanpa adanya rasa sakit.

Kelenturan sangat penting dimiliki oleh seorang atlet karena olahraga apa pun membutuhkan fleksibilitas tubuh yang baik.

Meski demikian, ada beberapa jenis olahraga yang menuntut fleksibilitas lebih tinggi seperti senam, yoga, dan renang. Tak hanya olahraga, daya lentur tubuh juga sangat berguna bagi orang-orang yang menekuni bidang seni seperti menari atau balet.

Kelenturan bisa dilatih dengan melakukan beberapa aktivitas fisik, misalnya peregangan otot atau stretching. Sesuai namanya, latihan ini mengharuskan Anda untuk meregangkan otot secara maksimal dan dilakukan dalam waktu tertentu.

Contoh stretching sederhana yang bisa dilakukan adalah menarik kedua tangan ke atas dan menahannya, menoleh/memutar kepala untuk melenturkan otot leher, atau duduk selonjor lalu berusaha mencium lutut.

7. Koordinasi (Coordination)

Koordinasi (Coordination)
wikimedia.org

Koordinasi merujuk pada kemampuan seseorang dalam menyatukan beberapa gerakan berbeda yang dilakukan oleh lebih dari satu anggota tubuh secara bersamaan. Koordinasi bukan sesuatu yang mudah karena membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi.

Contoh koordinasi bisa dilihat pada atlet renang, yaitu ketika melakukan gaya katak dan harus menggabungkan antara gerakan tangan, dada, serta teknik pernafasan. Contoh lainnya adalah saat pebasket melakukan dribble (memantulkan bola dengan tangan) sambil berlari.

Tak hanya di olahraga, koordinasi juga dibutuhkan oleh orang-orang yang bekerja di bidang lain. Seorang pemain sirkus membutuhkan koordinasi yang baik saat melakukan juggling. Ia harus bisa fokus dalam melempar sekaligus menangkap bola secara bersamaan.

Meningkatkan daya koordinasi tubuh memang bukan hal instan. Akan tetapi, bila gabungan suatu gerakan dilakukan secara terus-menerus, hal itu akan menjadi kebiasaan dan berubah menjadi sebuah refleks.

8. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan (Balance)
amazonaws.com

Keseimbangan bisa diartikan sebagai kemampuan untuk mengendalikan gerak tubuh dengan baik tanpa goyah atau terjatuh. Setiap orang pasti memiliki keseimbangan, karena itu Anda pun bisa berdiri tegak, berjalan tanpa terjatuh, atau bisa melompat dan mendarat dengan baik.

Seorang atlet juga butuh keseimbangan tinggi saat sedang bertanding, misalnya seorang pesenam yang melakukan akrobatik. Atlet harus mampu melompat dan mendarat dengan sempurna, apalagi ketika melakukan senam balok keseimbangan.

Melatih keseimbangan bisa dengan beberapa cara, tergantung dari olahraga apa yang ditekuni. Dalam hal gimnastik, seorang atlet harus berlatih melakukan teknik-teknik senam secara rutin.

Anda juga bisa ikut berlatih keseimbangan untuk menghasilkan gerak tubuh yang lebih baik. Latihannya bisa dengan melakukan sikap lilin, berdiri dengan satu kaki, atau berjalan pada garis dan bidang sempit (bambu, balok kayu, atau tali).

9. Ketepatan (Accuracy)

Ketepatan (Accuracy)
planetsports.asia

Ketepatan atau akurasi merupakan kemampuan seseorang dalam memperkirakan sekaligus mengendalikan gerakan yang bertujuan untuk membidik target dengan tepat. Ketepatan sangat diperlukan di semua cabang olahraga, misalnya panahan dan menembak.

Jenis olahraga permainan juga sangat mengandalkan akurasi, terutama saat akan mencetak skor. Misalnya dalam basket, pemain harus mampu memilih teknik shooting yang tepat, besar tenaga yang dikeluarkan, serta bisa akurat dalam mengarahkan tembakan bola.

Ketepatan seorang atlet bisa dilatih sesuai dengan bidang olahraga yang ditekuninya. Atlet basket bisa berlatih memasukkan bola ke dalam ring sebanyak mungkin dari jarak tertentu. Untuk sepak bola, pemain berlatih menendang bola ke dalam gawang untuk mencetak gol.

10. Reaksi (Reaction)

Reaksi (Reaction)
tarafdari.com

Reaksi merupakan kemampuan seseorang dalam menggerakkan tubuh secara cepat untuk memberikan tanggapan terhadap gerakan/rangsangan dari luar. Reaksi ini sangat erat kaitannya dengan refleks.

Contoh reaksi di bidang olahraga adalah seorang kiper yang bergerak cepat menangkap bola untuk mencegah terjadinya gol. Contoh lainnya bisa dilihat di bidang bela diri, yaitu ketika seseorang mampu bergerak cepat untuk menghindari serangan/pukulan lawan.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kebugaran Jasmani

Faktor yang Memengaruhi Kebugaran Jasmani
medkomtek.com

Tingkat kebugaran jasmani setiap orang sebenarnya berbeda-beda. Selain itu, ada banyak faktor yang bisa memengaruhi kebugaran tubuh, misalnya berikut ini.

  • Usia

Tingkat kebugaran akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Akan tetapi, tak jarang ada orang tua yang masih bugar di usia senja. Sebaliknya, ada pula anak muda yang tingkat kebugaran jasmaninya rendah karena kurang melakukan aktivitas fisik.

  • Jenis kelamin

Kebugaran jasmani juga bisa dipengaruhi oleh jenis kelamin. Tak terelakkan bahwa kekuatan tubuh seorang pria pasti berbeda dari wanita, begitu pula dengan daya tahan maupun hal-hal lain yang berkaitan dengan kebugaran.

  • Pola makan
Pola makan sehat
1health.id

Asupan makanan sangat berpengaruh pada kebugaran jasmani. Semua organ dan anggota tubuh akan bekerja secara maksimal apabila mendapatkan asupan gizi yang seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan jenis mineral lainnya.

  • Kebiasaan berolahraga

Kebiasaan berolahraga terbukti dapat meningkatkan kebugaran jasmani. Orang yang sering berolahraga biasanya lebih lincah, memiliki daya tahan tubuh tinggi, kekuatan otot yang baik, serta cepat dalam melakukan gerakan tertentu.

  • Aktivitas sehari-hari

Orang yang sering bergerak dan selalu aktif cenderung memiliki tubuh yang bugar. Jadi, Anda pun tidak boleh bermalas-malasan dan usahakan agar tubuh tidak terlalu banyak diam. Selain olahraga, Anda bisa melakukan pekerjaan fisik apa pun yang membutuhkan tenaga.

  • Pola hidup sehat
pola hidup sehat
theladders.com

Yang dimaksud dengan pola hidup sehat bukan hanya soal makanan bergizi dan olahraga, tetapi juga meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk, misalnya merokok, minum alkohol, atau tidur terlalu malam (begadang).


Itu dia sejumlah informasi mengenai kebugaran jasmani yang harus Anda ketahui. Karena memiliki cukup banyak manfaat, tidak ada salahnya Anda ikut meningkatkan kebugaran tubuh dengan latihan-latihan fisik yang sudah disebutkan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *