KEWIRAUSAHAAN: Pengertian, Tujuan, Sifat dan Ciri Ciri Wirausaha

Apa Itu Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan – baik dalam konteks teori maupun praktiknya, kini tengah gencar diterapkan di tingkat sekolah menengah maupun perguruan tinggi. Dengan dikenalkannya nilai kewirausahaan diharapkan para pelajar bisa termotivasi dan kelak bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses.

Pada dasarnya kewirausahaan merupakan suatu proses untuk menciptakan hal-hal baru yang bisa memberikan keuntungan atau nilai tambah bagi orang lain. Namun semua itu bisa terjadi apabila kita melakukannya dengan penuh kreatifitas dan juga inovasi, terutama dalam menentukan ide atau membaca peluangyang ada.

Berikut ini ada beberapa teori dasar yang wajib diketahui untuk mendapat gambaran yang utuh tentang apa itu kewirausahaan.

Pengertian Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan
readyherbs.us

Ada beberapa ahli ekonomi yang mengemukakan pendapatnya tentang definisi kewirausahaan.

1. Peter F. Drucker

Menurut Drucker, kewirausahaan adalah kapabilitas yang dimiliki seseorang untuk membuat sesuatu yang beda dan baru.

2. Robin & Coulter

Kewirausahaan dianggap sebagai proses terencana untuk terciptanya peluang-peluang baru yang dilakukan oleh seseorang atau suatu kelompok tertentu.

Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dengan memanfaatkan sumber daya yang dapat dikendalikan saat ini.

3. Achmad Sanusi

Kewirausahaan adalah nilai yang diwujudkan dalam bentuk perbuatan yang menjadi suatu pondasi kokoh dalam mengelola sumber daya, menggerakkan tenaga, menetapkan tujuan, strategi, taktik, dan keseluruhan proses yang terjadi dalam bisnis.

4. Soeharto Prawiro

Kewirausahaan adalah suatu nilai dan sikap yang berguna untuk mendirikan usaha sekaligus mengembangkannya.

Proses Kewirausahaan

Proses Kewirausahaan
kanefood.com

Dalam segala bentuk pendidikan kewirausahaan, baik yang ada di tingkat SD hingga perguruan tinggi, selalu menekankan pada pembentukan mental dan kepribadian layaknya seorang wirausahawan. Namun, untuk apa?

Tujuan Kewirausahaan

Tujuan Kewirausahaan
jokosusilo.com

Ada banyak manfaat dari pelajaran kewirausahaan. Beberapa di antaranya adalah hal-hal yang ingin dikedepankan oleh pemerintah sebagai bentuk upaya memperbaiki kualitas perekonomian negara.

Selain di tatanan pemerintahan, kewirausahaan juga memiliki tujuan yang sangat baik untuk individu, keluarga, kelompok masyarakat, dan lain-lain. Berikut adalah penjabaran tujuan dan manfaat dari kewirausahaan.

Tujuan kewirausahaan adalah sebagai berikut.

1. Terjadi Peningkatan Jumlah Wirausahawan Sukses yang Ada di Masyarakat

Tak hanya persoalan mencetak wirausahawan baru, yang lebih penting adalah bagaimana memberdayakan para wirausahawan ini agar sukses menghadapi segala kendala dan tantangan, terutama di era yang serba cepat seperti saat ini.

Wirausahawan yang sukses berarti mereka mampu untuk mempertahankan kelangsungan bisnisnya dengan baik.

Dengan begitu, resiko untuk terjadinya PHK (pemutusan hubungan kerja) atau hal lain yang berdampak pada hajat hidup orang banyak dapat ditekan.

2. Mampu dan Mantap untuk Menciptakan Kesejahteraan serta Kemajuan Masyarakat Sekitar

Wirausahawan yang baik adalah mereka yang tak hanya mementingkan profit untuk diri dan kepentingannya sendiri, namun justru mereka yang mampu memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Dari perspektif kesejahteraan, seorang wirausahawan dapat membantu dalam hal merekrut tenaga kerja dari masyarakat sekitar. Dengan memanfaatkan tenaga kerja dari sekitar, pendapatan dan taraf ekonomi mereka pun akan meningkat.

Sedangkan dalam hal kemajuan, umumnya kehadiran seorang wirausahawan akan membawa teknologi maupun pengetahuan baru yang harapannya dapat berkontribusi bagi masyarakat.

Selain itu, idealnya suatu usaha dalam skala apa pun harus memiliki program CSR atau corporate social responsibility bagi masyarakat yang terdampak dari usaha tersebut. Bentuknya pun bermacam-macam, tergantung dari kebutuhan.

Sebagai contoh: usaha yang cenderung merusak lingkungan, lebih baik memiliki program CSR di bidang lingkungan hidup.

Namun, apabila yang dirasa paling dibutuhkan adalah faktor kesehatan, bisa dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis beserta pembagian obat generik dan multivitamin secara berkala untuk masyarakat.

3. Menciptakan Budaya yang Positif dari Perilaku, Sikap, dan Semangat Seorang Wirausahawan yang Andal dan Unggul di Tengah Masyarakat

Seorang wirausahawan yang sukses tanpa melupakan masyarakat sekitar pasti akan membuat segala perilaku, tutur kata, dan tindak-tanduknya diperhatikan oleh masyarakat.

Dengan semangat dan perilaku yang baik, hal ini dapat menjadi contoh warga sekitar. Bahkan harapannya, akan semakin banyak orang yang tertarik untuk merintis usaha supaya tak semua usia produktif memenuhi bursa pencarian kerja.

4. Menumbuhkan Kesadaran Para Wirausahawan agar Kuat dan Tangguh Menghadapi Perubahan Zaman yang Begitu Pesat

Berkat kemajuan teknologi yang kian pesat seperti sekarang ini, muncul beragam ide bisnis baru yang tak akan mungkin terpikirkan 15 sampai 20 tahun lalu.

Sebut saja layanan antar makanan daring, berbagai tumpangan daring, dan segala macam startup yang memanfaatkan teknologi daring. Namun, di sisi lain, banyak pula wirausahawan yang tak sanggup mengikuti perkembangan zaman.

Mau tidak mau, suka tidak suka, harus diakui bahwa internet dapat menggusur keberadaan bisnis konvensional.

Oleh karena itu, pendidikan kewirausahaan diharapkan mampu menciptakan bibit-bibit unggul yang dapat memprediksi perubahan zaman dan yang terutama adalah mampu untuk menanggulanginya agar eksistensi bisnisnya tetap terjaga.

Manfaat Kewirausahaan

Manfaat Kewirausahaan
elearn.id

Adapun manfaat kewirausahaan, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Menyerap Tenaga Kerja Baru Sehingga Indeks Pengangguran akan Berkurang

Keberadaan usaha pasti akan menyerap tumbuhnya lapangan kerja baru, baik untuk posisi yang membutuhkan keahlian dan latar pendidikan khusus maupun yang hanya membutuhkan ketekunan dan keuletan bekerja.

Namun, apa pun itu, negara ini membutuhkan banyak lapangan kerja baru supaya angka pengangguran yang ada dapat terserap dengan baik.

2. Memberi Suri Teladan Mengenai Bagaimana Pentingnya Kerja Keras, Pantang Menyerah, dan Berkepribadian Unggul

Tak terelakkan bahwa seorang wirausahawan terkenal akan dedikasinya yang tinggi, keuletan tiada banding, dan jiwa pantang menyerah yang lebih tinggi daripada jenis pekerjaan lain yang memberi gaji tetap per bulan.

Manfaat adanya kewirausahaan adalah untuk memberi tahu kepada semakin banyak orang apa saja karakter diri yang harus dipupuk untuk menjadi seorang wirausahawan sukses dan layak dijadikan teladan.

3. Sebagai Media Edukasi Antara Pemilik Usaha dengan Karyawannya supaya Terciptalah Karakter yang Tekun, Disiplin, dan Jujur dalam Diri Setiap Karyawan

Tak semua orang cukup beruntung untuk mendapatkan pendidikan tinggi. Bahkan, masih ada pula yang tak bisa meneruskan pendidikan formal dari usia yang masih tergolong belia.

Dengan adanya wirausahawan, proses edukasi dapat terjadi dalam lingkungan kerja antara pemilik usaha dan karyawan.

Ilmu ini harapannya tak hanya berhenti di individu yang telah bekerja dengan wirausaha, namun juga bisa dibagikan ke orang lain lagi. Sehingga, lingkaran edukasi dan pendidikan karakter nonformal ini tak berhenti hanya pada segelintir orang saja.

4. Instrumen Penting dalam Pembangunan Bangsa dan Negara

Salah satu prioritas utama dalam pembangunan negara yang telah ditetapkan oleh pemerintah adalah pembangunan kualitas manusia serta pengentasan kemiskinan.

Semakin banyak dunia usaha, taraf kecil, menengah, atau skala besar, berperan dalam menyediakan lapangan kerja yang akan mengentaskan kemiskinan.

Prioritas lainnya adalah peningkatan nilai tambah ekonomi dari berbagai sektor, seperti industri, jasa, pertanian, maupun ekonomi kreatif. Dalam poin ini pun sudah jelas dunia usaha sangat memengaruhi perkembangan dan pembangunan negara.

5. Terciptanya Iklim Kompetitif yang Sehat

Iklim kompetitif yang sehat penting untuk mengembangkan dunia bisnis serta menggerakkan perputaran ekonomi masyarakat.

Ciri-Ciri Kewirausahaan

Ciri Wirausahawan
hestanto.com

Ada beberapa ciri seorang wirausahawan yang profesional, unggul, dan handal, yaitu:

1. Selalu yakin dan Percaya

Yakin dan percaya akan produk atau jasa yang dihasilkan;

2. Berwawasan Luas

Memiliki pengetahuan yang luas akan produk yang dijualnya dan ilmu mengenai hal-hal yang berkaitan dengannya.

Contoh: apabila barang yang dijual adalah suplemen kesehatan, minimal ia harus tahu manfaat dan ilmu kesehatan dasar yang berkaitan dengan suplemen tersebut;

3. Melayani Sepenuh Hati

Meninggalkan kesan yang baik dengan cara melayani konsumen dengan optimal. Dapat mengendalikan ego dan menghindari perdebatan atau adu mulut dengan target konsumen;

4. Jujur, Berani dan Santun

Memiliki sikap jujur, berani, dan santun yang akan membawa bisnis berjalan dengan jauh lebih baik;

5. Fokus Terhadap Target

Mampu menciptakan transaksi sesuai target yang telah ditetapkan supaya kelangsungan bisnis dapat terjaga dengan baik;

6. Selalu Berinovasi

Mampu menciptakan inovasi agar dapat bersaing dengan kompetitor. Saat ini, masyarakat dihadapkan oleh banyaknya pilihan. 

Apabila produk Anda tak cukup mampu menarik perhatian konsumen, produk kompetitorlah yang akan menang. Supaya hal seperti ini tak sampai terjadi, jiwa kreatif dan inovatif perlu diasah terus-menerus;

7. Berani Mengambil Risiko

Dunia usaha selalu penuh dengan risiko dan segala spekulasinya. Anda tidak akan mungkin menjadi seorang wirausahawan yang gigih dan tangguh apabila tak berani mengambil risiko besar;

8. Tetap Semangat dan Memiliki Kemauan Keras

Menjaga semangat dan kemauan yang tinggi agar selalu berkobar adalah hal yang sangat krusial untuk dilakukan seorang wirausahawan. Kegagalan hari ini tidak boleh diratapi berlebihan demi sukses di masa mendatang;

9. Penuh Pertimbangan yang Matang

Tidak ada hal yang pasti di dunia usaha selain ketidakpastian itu sendiri. Oleh karena itu, setiap keputusan yang akan diambil hendaknya telah melewati pertimbangan yang matang supaya tak terjadi kerugian di kemudian hari.

Untuk menghasilkan keputusan-keputusan yang bijak dan tepat, diperlukan analisis yang mumpuni. Anda perlu banyak belajar membaca peta kompetisi dengan kompetitor supaya memiliki landasan analisa yang kuat;

10. Tidak Konsumtif

Tidak konsumtif. Batasi pengeluaran Anda agar tak melebihi pendapatan. Apabila bisnis sedang mengalami penurunan, Anda harus siap untuk mengencangkan ikat pinggang lebih kuat;

11. Memiliki Jiwa Pemimpin

Jiwa pemimpin adalah hal yang mutlak bagi seorang pemimpin. Memimpin diri sendiri dan karyawan yang dipekerjakan adalah hal yang terlihat sederhana, namun sebenarnya cukup rumit dan membutuhkan pengalaman; 

12. Tidak Mudah Lalai

Tidak terjebak pada kesenangan hari ini tanpa melihat gambaran yang lebih besar esok hari. Terkadang, sukses hari ini bisa membuat terlena untuk tidak bekerja keras dan belajar lebih keras lagi.

Sebagai seorang wirausahawan yang baik, Anda perlu memikirkan bisnis yang sedang digeluti dalam perspektif yang lebih luas dan jauh ke depan. Sehingga, Anda memiliki visi dan misi yang jelas hingga ke depan.

Karakteristik Kewirausahaan

Karakteristik Kewirausahaan
sahabatpegadaian.com

Menurut Thomas W. Zimmeree dan M. Scarborough, yang dikutip oleh Suryana, ada beberapa karakteristik wirausaha yang penting untuk dimiliki agar sukses dalam membangun usaha. Gagasan itu tertuang dalam poin-poin berikut ini.

  1. Desire for responsibility (keinginan untuk bertanggung jawab)
  2. Prefer of moderate risk (memilih risiko pertengahan)
  3. Confidence (percaya diri)
  4. Desire to get feedback immediately (kenginan untuk mendapat umpan balik secepatnya)
  5. High level of energy (energi tingkat tinggi)
  6. Future orientation (bertujuan ke masa depan)
  7. Skill to organize something (mampu mengorganisasi)
  8. Value achievement over money (meraih nilai daripada uang)

Tahap-Tahap Kewirausahaan

Tahapan dalam berwirausaha
wax-away.co.uk

Secara umum, ada beberapa tahapan yang harus dilalui seorang wirausahawan.

  1. Tahap memulai
  2. Tahap melaksanakan usaha
  3. Tahap mempertahankan usaha
  4. Tahap mengembangkan usaha

Contoh Kewirausahaan

Contoh Kewirausahaan
news.indotrading.com

Salah satu usaha yang tengah naik daun dan relatif stabil adalah usaha kecil bidang kuliner. Usaha ini bisa dikatakan tak terlalu susah untuk mendapatkan pelanggan karena semua orang pada dasarnya membutuhkan makan dan minum tiap hari.

Dengan menemukan celah dan peluang dari bidang usaha kuliner, bukan tak mungkin usaha Anda akan laris dan dapat dikembangkan menjadi semakin besar.

Celah tersebut bisa dalam bentuk inovasi makanan yang belum ada di sekitar Anda atau memberi keunikan tertentu pada makanan yang telah jamak ditemukan.


Dengan mengetahui dasar serta seluk-beluk kewirausahaan, para pelaku bisnis diharapkan dapat mengembangkan usahanya dengan baik, sehingga bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *