WAWASAN NUSANTARA: Pengertian, Fungsi, Konsep, Tujuan & Contoh Implementasi

wawasan nusantara

Pengertian Wawasan Nusantara – Sebagai rakyat Indonesia, Anda pasti sudah sering mendengar istilah wawasan nusantara. Akan Tetapi, sepertinya masih cukup banyak orang yang belum benar-benar paham dengan pengertian, tujuan, maupun penerapan wawasan nusantara di dalam kehidupan sehari-hari.

Wawasan nusantara di sini bisa menjadi acuan atau cara pandang kita untuk kedepan termasuk sebagai wujud kita dalam mencintai bangsa dari aspek sejarah, prilaku, kebiasaan yang bisa menjadi ciri bahwa kita benar-benar menjadi warga negara Indonesia yang baik.

Selain itu, memahami wawasan nusantara adalah hal yang sangat penting bagi setiap warga negara Indonesia. Dengan memahaminya, setiap orang bisa memiliki rasa cinta tanah air serta dapat berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Pengertian Wawasan Nusantara

Pengertian Wawasan Nusantara
wikimedia.org

Secara harfiah, wawasan adalah tinjauan atau cara pandang. Sedangkan, nusantara merupakan bangsa Indonesia itu sendiri, yaitu negara yang terdiri dari banyak pulau, wilayah perairan yang sangat luas, serta kebudayaan yang beragam.

Wawasan nusantara bisa diartikan sebagai cara pandang serta bagaimana Indonesia bersikap sebagai bangsa yang memiliki keanekaragaman yang tinggi. Cara pandang ini pun harus berdasarkan ideologi dan konstitusi yang ada, yaitu Pancasila serta UUD 1945.

Agar lebih jelas dan paham, berikut adalah pengertian wawasan nusantara menurut para ahli.

1. Srijanti, Kaelan, dan Achmad Zubaidi

Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terkait diri dan lingkungannya. Cara pandang yang harus berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta sesuai dengan wilayah geografisnya yang menjiwai kehidupan bangsa sehingga tercapai tujuan bersama.

2. Wan Usman

Wawasan nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan yang memiliki aspek kehidupan yang sangat beragam.

3. Kelompok Kerja Lembaga Pertahanan Nasional (LEMHANAS) 1999

Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang sangat beragam dan strategis, namun tetap mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat demi tercapainya tujuan nasional. 

Konsep Wawasan Nusantara

Konsep Wawasan Nusantara
lombokmandalika.co.id

Konsep utama dalam wawasan nusantara adalah persatuan dan kesatuan. Hal ini sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia yang berbunyi bineka tunggal ika, yaitu meskipun  berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Wawasan nusantara diharapkan bisa memperkuat nilai persatuan di Indonesia. Dengan menjalankan konsep yang bineka tunggal ika, maka akan berdampak pada pertahanan nasional, yaitu negara tidak akan mudah terpecah dan tetap bersatu sebagai NKRI.

Di sisi lain, wawasan nusantara juga erat kaitannya dengan konsep trigatra dan pancagatra.

1. Trigatra

  • Geografis: pengetahuan mengenai letak geografis Indonesia
  • Demografis: pengetahuan tentang penduduk Indonesia, termasuk jumlah, komposisi, dan persebarannya.
  • Strategis: pengetahuan sumber daya alam yang ada di Indonesia

2. Pancagatra

  • Ideologi: wawasan mendalam tentang Pancasila, termasuk butir-butirnya.
  • Politik: wawasan tentang kekuasaan yang berkaitan dengan pemerintahan.
  • Sosial dan budaya: wawasan tentang keanekaragaman budaya di Indonesia.
  • Ekonomi: pengetahuan tentang pengelolaan SDA agar bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia.
  • Pertahanan dan Keamanan: pengetahuan tentang pentingnya menjaga persatuan bangsa agar Indonesia tetap menjadi negara yang utuh.

Unsur-Unsur Wawasan Nusantara

Unsur Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara memiliki tiga unsur dasar, yaitu wadah, isi, serta tata laku. Agar lebih jelasnya, simak pembahasannya di bawah ini.

1. Wadah

Yang dimaksud dengan wadah adalah bangsa Indonesia itu sendiri. Wadah mencakup wilayah Indonesia yang luas dengan kekayaan alam yang melimpah, penduduknya yang beragam, serta tata organisasinya yang terstruktur.

2. Isi

Isi dari wawasan nusantara merupakan aspirasi dari masyarakat Indonesia, termasuk cita-cita bangsa yang tertuang ke dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Isi wawasan nusantara sendiri berpusat pada dua hal utama.

Pertama adalah realisasi aspirasi yang sudah menjadi kesepakatan bersama demi tercapainya cita-cita dan tujuan bangsa. Kedua, adanya persatuan atau wujud nyata bineka tunggal ika meliputi semua aspek kehidupan.

3. Tata Laku

Tata laku merupakan wujud nyata bangsa Indonesia dalam menggabungkan unsur wadah dan isi di atas. Tata laku juga mencakup tindakan seluruh rakyat Indonesia dalam usahanya mencapai tujuan nasional.

Tata laku meliputi batiniah dan lahiriah. Tata laku batiniah tercermin dari jiwa dan rasa semangat rakyat Indonesia. Sedangkan tata laku lahiriah dapat dicerminkan lewat perbuatan nyata dan perilaku bangsa dalam mewujudkan tujuannya.

Fungsi Wawasan Nusantara

Fungsi Wawasan Nusantara
pinterpoin.com

Fungsi umum wawasan nusantara adalah sebagai pedoman, dorongan, sekaligus menjadi rambu-rambu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sedangkan menurut para ahli, wawasan nusantara setidaknya memiliki empat fungsi utama.

1. Wawasan Pembangunan

Wawasan nusantara berfungsi dalam perwujudan pembangunan negara. Pembangunan yang dimaksud meliputi aspek politik, sosial, dan ekonomi. Dengan adanya wawasan nusantara, pembangunan negara diharapkan lebih terarah sehingga tujuan nasional lebih mudah dicapai.

2. Wawasan Pertahanan dan Keamanan

Fungsi kedua ini fokus pada pandangan geopolitik negara Indonesia. Artinya, wawasan nusantara punya peran penting dalam ketatanegaraan dan pengambilan kebijakan yang sesuai dengan letak geografis Indonesia

3. Konsep Ketahanan Nasional

Artinya, wawasan nusantara juga berfungsi sebagai konsep atau perencanaan dalam hal pembangunan, pertahanan dan keamanan, sekaligus mencakup masalah kewilayahan.

4. Wawasan Kewilayahan

Wawasan nusantara berperan dalam pembatasan wilayah atau teritorial negara Republik Indonesia. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi sengketa wilayah antara Indonesia dengan negara-negara tetangga di sekitarnya.

Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan Wawasan Nusantara
kompasiana.com

Wawasan nusantara bukan sekadar cara pandang sebuah bangsa, tetapi memiliki tujuan mulia yang harus diwujudkan. Secara umum, tujuan wawasan nusantara sebenarnya sudah tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, bunyinya sebagai berikut:

“Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.”

Secara khusus, wawasan nusantara memiliki dua macam tujuan.

1. Tujuan ke Luar

Tujuan ini berhubungan dengan peran Indonesia sebagai bagian dari dunia. Sebagai suatu negara, Indonesia harus ikut serta dalam mewujudkan ketertiban dunia seperti yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.

Dalam pelaksanaannya, Indonesia juga harus tetap mengamankan kepentingan bangsa saat berkiprah di kehidupan internasional. Kepentingan yang dimaksud mencakup masalah politik, ekonomi, sosial, budaya, serta pertahanan negara.

2. Tujuan ke Dalam

Tujuan ini berkaitan langsung dengan kehidupan di dalam negara itu sendiri. Artinya, wawasan nusantara bertujuan menjamin persatuan dan kesatuan bangsa sehingga tercipta kehidupan sosial yang makmur dan sejahtera.

Implementasi Wawasan Nusantara

Implementasi Wawasan Nusantara
kurio.network

Wawasan nusantara harus diimplementasikan ke dalam semua aspek kehidupan, mulai dari bidang ekonomi, sosial, hingga politik. Penerapannya pun harus dilakukan oleh semua orang, baik itu pejabat pemerintahan maupun masyarakat umum.

1. Implementasi di Bidang Ekonomi

Indonesia harus mampu mewujudkan pembangunan ekonomi yang seimbang dan merata untuk semua daerah. Dengan demikian, angka kemiskinan bisa ditekan serendah mungkin dan tidak terjadi kesenjangan sosial.

Contoh penerapannya:

  • Pengelolaan pajak yang baik oleh negara;
  • Pengelolaan keuangan negara untuk kepentingan umum; dan
  • Pemerintah memberikan dukungan pada usaha kecil, misalnya menyediakan kredit mikro bagi yang membutuhkan.

2. Implementasi di Bidang Pertahanan Negara

Pertahanan Negara
nggihprakoso.wordpress.com

Seluruh rakyat Indonesia harus mampu bersikap disiplin sekaligus ikut menjaga keamanan wilayahnya. Rasa persatuan dan kesatuan juga harus dijunjung tinggi, karena hal itu bisa memperkuat pertahanan negara Indonesia.

Contoh penerapannya:

  • Saling bekerja sama atau gotong royong,
  • Mengedepankan toleransi dan tidak mengutamakan kepentingan pribadi, dan
  • Pembangunan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan keamanan lingkungan.

3. Implementasi di Bidang Politik

Kehidupan politik di Indonesia harus berdasarkan aturan yang berlaku dan sesuai dengan undang-undang yang ada. Seluruh rakyat Indonesia juga harus mengedepankan demokrasi untuk menciptakan keadilan negara.

Contoh penerapannya:

  • Pelaksanaan Pemilu yang damai dan lancar demi kepentingan bangsa,
  • Melaksanakan musyawarah untuk mufakat, dan
  • Indonesia ikut berpartisipasi dalam politik dunia.

4. Implementasi di Bidang Sosial dan Budaya

Sosial dan Budaya
wisatabaliku.com

Masyarakat harus ikut menjaga sekaligus melestarikan kebudayaan negara sebagai identitas bangsa. Kehidupan bermasyarakat yang makmur dan sejahtera juga harus tetap dijaga, hal ini bertujuan agar Indonesia bisa tetap menjadi negara yang utuh dan tidak terpecah belah.

Contoh penerapannya:

  • Rasa cinta kepada tanah air yang diwujudkan dalam banyak cara, misalnya memilih produk dalam negeri, suka memakai baju batik, atau mempromosikan wisata domestik ke luar negeri;
  • Mematuhi norma atau adat istiadat yang berlaku; dan
  • Saling menghormati dan tidak memandang perbedaan SARA.

Itulah pembahasan menyeluruh mengenai wawasan nusantara, mulai dari pengertiannya, konsep, fungsi, hingga penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Wawasan nusantara bukanlah sekadar wacana, tetapi sebaiknya benar-benar diwujudkan demi kepentingan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *