30+ Alat Transportasi Darat, Laut & Udara (Gambar Tradisonal Modern)

alat alat transportasi

Alat Transportasi – Transportasi merupakan sebuah hal yang amat penting dalam perkembangan peradaban manusia. Alat yang satu ini memiliki fungsi utama untuk membantu manusia atau barang berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Bayangkan apabila tidak ada transportasi di bumi ini. Tentu tidak akan ada pertukaran barang, pertukaran kebudayaan, pertemuan antarmanusia, dan penemuan-penemuan terbarukan.

Seiring dengan berkembangnya interaksi dan pemikiran manusia, transportasi pun berkembang dari waktu ke waktu.

Nah, dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai beberapa jenis transportasi yang jamak digunakan di berbagai belahan dunia.

1. Pedati

Pedati
tribunnews.com

Pedati atau biasa dikenal dengan gerobak adalah sebuah alat transportasi yang ditarik dengan tenaga, baik manusia maupun hewan. Hewan yang biasa menarik pedati adalah sapi, kambing, atau kuda.

Beberapa pedati menggunakan penutup berupa atap jerami dan kayu. Sementara itu, ada pula pedati yang tidak menggunakan atap dan dibiarkan terbuka begitu saja.

2. Unta

Unta
tarbiyah.net

Pada berbagai negara di Timur Tengah, unta merupakan hewan yang jamak ditemui dan diternakkan. Unta memang bukan hewan yang tercepat, tetapi ada satu kelebihan unta yang sangat sesuai dengan medan di sana.

Punuk unta adalah tempat di mana hewan berkaki empat ini menyimpan cadangan air, sehingga unta tidak akan kehausan di tengah padang pasir. Selain itu, unta merupakan hewan yang kuat.

Hingga saat ini, masih banyak orang yang menggunakan unta, misalnya, peternak, pedagang kecil, atau agen wisata yang menyediakan paket pengalaman naik unta di gurun pasir dan di pantai.

3. Kuda

Alat transportasi kuda
rappler.com

Kuda banyak digunakan sebelum penemuan mesin sebagai penggerak transportasi modern. Kuda biasa ditunggangi atau tenaganya digunakan untuk menarik pedati dan gerobak.

Pemilihan kuda sebagai transportasi utama di masa itu adalah karena kuda merupakan hewan yang kuat dan bisa berlari dengan sangat cepat. Maka dari itu, penilaian mesin mobil secara internasional pun hingga kini menggunakan satuan HP (horse power/tenaga kuda).

Di era modern, kuda masih dipakai sebagai alat transportasi di area wisata. Di Indonesia, misalnya, pada delman atau dinaiki dengan pemandu.

Olahraga berkuda pun hingga kini masih ada dan kerap dilombakan di ajang internasional, seperti Asian Games dan Olimpiade.

4. Delman

Delman
pxhere.com

Delman merupakan alat transportasi dengan kuda sebagai penggeraknya. Delman bisa membawa hingga enam orang di bagian belakang. Kemudinya berupa dua tali yang ditarik oleh seorang kusir.

Di masa sekarang, delman digunakan sebagai alat transportasi pariwisata, misalnya di daerah Monas, Jakarta, atau di Malioboro, Yogyakarta. Kuda yang menarik delman biasanya berjalan dengan kecepatan yang agak lambat serta menggunakan hiasan tertentu.

5. Becak

Becak
wikimedia.org

Becak pada dasarnya adalah kendaraan roda tiga yang dikayuh. Di depannya, ada bak kecil terbuka dengan jok kursi yang bisa memuat dua orang dewasa. Becak masih bisa ditemui di kota-kota kecil. Di kota besar, apalagi seperti Jakarta, keberadaannya sudah tidak dapat ditemukan.

Di Yogyakarta sendiri, becak masih digunakan sebagai alat transportasi dan sarana wisata. Namun, di kota  tersebut, kini sudah banyak beredar becak motor yang kecepatannya lebih tinggi apabila dibandingkan dengan becak konvensional.

6. Sepeda

Sepeda
lazada.com

Sepeda adalah alat transportasi yang dikayuh. Kebanyakan sepeda yang beredar di pasaran adalah sepeda roda dua. Namun, ada juga sepeda roda tiga yang dibuat untuk anak-anak yang ingin berlatih keseimbangan.

Sepeda masih sering dipakai di era modern, sebagai salah satu piranti olahraga dan untuk menerapkan gaya hidup go-green. Sepeda hadir dengan berbagai jenis mulai dari sepeda lipat, sepeda gunung, sampai dengan sepeda onthel.

Untuk Anda yang menyukai olahraga kardio ringan, sepeda bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda.

7. Mobil

Mobil
xedep888.com

Mobil adalah kendaraan yang hadir usai revolusi industri. Penemuan mesin tentu menjadi cikal bakal otomotif, seperti motor dan mobil. Perkembangan mobil cukup variatif dari waktu ke waktu, apabila dilihat dari segi model dan mesin.

Pada masa modern ini, mobil hadir dengan berbagai jenis. Ada mobil sedan, mobil keluarga, mobil van, pick-up, truk, dan sebagainya.

Mobil tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi semata. Kini, mobil juga berfungsi sebagai barang koleksi atau penanda status sosial.

8. Motor

Motor
kendaraan-motor.blogspot.com

Layaknya mobil, motor juga merupakan kendaraan modern yang masih dipakai hingga saat ini. Motor hanya memiliki dua roda dan terdiri atas beberapa jenis, misalnya motor manual dan motor otomatis (matic). Ini tentu sama seperti mobil.

Motor matic cenderung lebih mudah untuk dikendarai karena Anda tidak perlu terus-menerus menginjak pedal. Namun, biasanya model motor otomatis ini kurang variatif.

Kini, sudah mulai hadir motor listrik yang tenaganya diisi dengan sistem charging layaknya ponsel. Motor listrik ini, layaknya mobil listrik, diklaim lebih hemat dan mampu mengurangi polusi.

9. Kereta Api

Kereta Api
wikimedia.org

Kereta api adalah kendaraan jarak jauh yang terdiri atas beberapa gerbong dan cenderung berbentuk persegi panjang. Di Indonesia, kereta api digunakan untuk perjalanan antarkota dan antarprovinsi yang dihubungkan oleh rel.

Mengapa kereta api masih menjadi kendaraan favorit hingga saat ini? Tentu ini karena kereta api punya kecepatan cukup tinggi, nyaman, memuat banyak orang, dan harganya terjangkau. Terlebih, kereta api juga bisa dipesan dengan mudah melalui aplikasi di ponsel secara daring.

10. Pesawat Terbang

Pesawat Terbang
droidlime,com

Pesawat terbang kini merupakan transportasi modern yang jamak digunakan oleh banyak orang. Maskapai semakin banyak, pun dengan jalur-jalur penerbangan. Apalagi, ditambah dengan banyaknya promo tiket pesawat.

Sejauh ini, di Bumi, tidak ada yang bisa menggantikan pesawat terbang sebagai alat transportasi tercepat dan mampu melintasi samudra. Maka dari itu, inilah transportasi ideal untuk menjamah tempat-tempat yang dibatasi oleh laut untuk manusia.

11. Helikopter

Helikopter
heliair.nl

Helikopter merupakan alat transportasi yang pada dasarnya memiliki konsep sama dengan pesawat: sama-sama terbang. Hanya, baling-baling penggeraknya terletak di bagian atas.

Helikopter punya ukuran kecil sehingga tidak bisa memuat banyak orang di dalamnya. Memang sudah ada banyak pihak yang menyewakan helikopter kepada masyarakat umum, layaknya pesawat terbang.

Namun, karena harga sewanya mahal sekali, hanya masyarakat kelas atas yang bisa menyewa alat transportasi yang satu ini.

12. Kapal Laut

Kapal Laut
maritimnews.com

Kapal laut merupakan alternatif transportasi untuk melintasi pulau-pulau yang dipisahkan oleh laut. Dibandingkan dengan pesawat terbang, kecepatan kapal laut memang lebih rendah.

Namun, kapal laut memiliki muatan yang lebih besar sehingga sering digunakan untuk membawa kargo dalam jumlah yang banyak.

Kapal laut juga sering dimanfaatkan sebagai kapal pesiar dengan berbagai atraksi wisata di dalamnya. Harga wisata dengan kapal pesiar cenderung mahal untuk ukuran masyarakat umum.

13. Perahu

Perahu
pixabay.com

Layaknya kapal laut, perahu juga merupakan alat transportasi yang mengapung di laut. Namun, berbeda dengan kapal, konstruksi perahu tidaklah rumit. Perahu hanya dibuat dengan kayu dan juga layar.

Perahu biasa dipakai oleh nelayan untuk mencari ikan di laut yang tak dalam dan tak jauh dari pantai. Kendaraan ini juga sering digunakan untuk mengarungi sungai.

14. Rakit

Rakit
superadventure.co.id

Konstruksi rakit sama sederhananya dengan perahu. Perbedaannya adalah rakit dibuat dari potongan-potongan kayu atau bambu yang diikat satu sama lain dengan tali. Bentuk rakit pun bukan trapesium layaknya perahu, melainkan berbentuk persegi panjang datar.

Rakit biasa dipakai di sungai atau di danau untuk menyeberang dari satu tempat ke tempat yang lain. Pembuatan rakit cukup mudah, tetapi ikatan antara satu papan dengan papan lain harus kuat.

15. Bajaj

Bajaj
wikimedia.org

Inilah moda transportasi yang akan sering ditemui di kota besar seperti Jakarta. Bajaj memiliki konsep serupa dengan mobil, hanya saja tanpa jendela kaca dan juga tanpa pendingin.

Ciri khas bajaj adalah rodanya yang hanya berjumlah tiga dan suaranya yang keras. Selain ojek, bajaj merupakan alat transportasi sewaan individual yang menjadi favorit di ibu kota Indonesia.

16. Bemo

Bemo
harnas.co

Bemo sejatinya merupakan singkatan dari becak motor. Bemo punya konsep mirip seperti angkutan kota (angkot). Namun, perbedaannya terletak pada hubungan antara kabin kemudi dan ruang untuk penumpang.

Di angkutan kota, yang membatasi bangku kemudi dan ruang untuk penumpang hanyalah bangku. Sementara itu, pada bemo, ruang penumpang terpisah dan dibuat dari terpal pada bagian belakang.

17. Trem

Trem
rbth.com

Trem pada dasarnya memiliki konsep yang sama dengan kereta. Hanya saja, trem berjalan pada rel yang terletak di tengah kota. Kecepatan trem pun tidak setinggi kereta api, sehingga tidak terlalu berbahaya saat melintas.

Trem biasa digunakan untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya tidak terlalu jauh. Di beberapa tempat, trem juga digunakan untuk sightseeing tour.

18. Helicak

Helicak
yudha444.blogspot.com

Helicak merupakan singkatan dari helikopter becak. Kalau dilihat, ruang untuk penumpang memang sangat mirip dengan helikopter. Sementara itu, konsepnya sama dengan becak yang dikayuh oleh pengemudi.

Moda transportasi yang satu ini banyak ditemukan pada dekade 1970-an di Indonesia. Namun, kini sudah tidak ditemukan lagi moda transportasi ini karena dianggap tidak sesuai dengan zaman.

19. Lori Wagon

Lori Wagon
staticflickr.com

Pada zaman penjajahan Belanda, para tuan dan nyonya suka menggunakan lori wagon sebagai kendaraan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Lori wagon dikayuh oleh seorang pengemudi.

Sementara itu, para penumpang duduk di bangku-bangku terbuka yang berjajar secara horizontal. Mereka dapat menikmati semilir angin saat naik lori wagon.

20. Jinrikisha

Jinrikisha
ambassadors-japan.com

Jinrikisha adalah becak khas Jepang yang ditarik oleh seorang manusia dengan kimono tradisional pendek. Jinrikisha bisa dinaiki hingga dua orang.

Jinrikisha merupakan alat transportasi tradisional yang telah ada sejak zaman kekaisaran. Namun, hingga kini, di beberapa kota di Jepang, Anda masih bisa menemukan jinrikisha. Moda transportasi ini biasa dipakai untuk atraksi wisata.

Para penariknya pun juga masih menggunakan pakaian tradisional dengan ikat kepala berwarna putih.

21. Segway

Segway
bigcommerce.com

Sering melihat alat roda dua unik di pusat perbelanjaan atau di bandar udara? Alat itu bernama segway. Segway dikemudikan oleh seseorang yang berdiri, layaknya skuter.

Perbedaannya, orang yang mengemudikan segway tak perlu menggesekkan kaki ke tanah untuk bisa menjalankannya. Alat ini bergerak dengan mesin dan mengurangi kelelahan saat pengemudinya harus bergerak dan berpindah ke tempat yang cukup jauh di sebuah area.


Ternyata, moda transportasi yang ada di dunia ini begitu variatif, bukan? Semuanya memiliki fungsi masing-masing dan kelebihan serta kekurangannya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *