BENUA EROPA : Batas Wilayah, Luas, Letak, Iklim, Peta & Negara di Eropa

Benua Eropa menjadi salah satu benua paling terkenal di dunia karena kemajuannya di berbagai bidang. Walaupun menjadi benua dengan luas wilayah terkecil sebelum Australia, namun tidak membuat negara sedikit jumlah populasinya.

Justru hal tersebut membuat Negara Eropa terus berkembang hingga menjadi Benua dengan banyak negara maju di dalamnya. Bahkan Negara Eropa ini turut menyumpang banyak andil dari perkembangan modernisasi dunia.

Eropa sendiri juga sering menjadi tolak ukur di berbagai bidang seperti fashion, makanan hingga hiburan. Itulah mengapa Benua Eropa mempunyai daya tarik tersendiri, hingga banyak di buru masyarakat di seluruh dunia.

Bahkan kepadatan penduduk di Benua Eropa ini menempati posisi ke dua. Apakah Anda ingin tau berbagai informasi penting dan menarik tentang Benua Eropa? Simaklah beberapa penjelasan di bawah ini.

Peta Benua Eropa HD

eko-geo.blogspot.com
gambaraneka1.blogspot.com
demiantea.over-blog.com

Peta Buta Benua Eropa

profil-cerita-santri.blogspot.com

Letak Benua Eropa dan Batas Wilayahnya

letak geografis eropa
Goal.com

Berdasarkan letak Astronomisnya Benua Erope terletak di antara 10 BB- 66 BT dan 34 LU – 71 LU. Wilayah benua ini sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari beberapa semenanjung. Semenajung yang terbesar terletak di daerah utama Eropa dan Skandinavia yang berhubungan dengan laut Baltik.

Sementara untuk letak Geografis dari Benua Eropa terbentang dari Tanjung Utara Norwegia hingga pulau Kreta di Laut Merah. Luas wilayah Eropa hanya mencapai 10.531.623 km persegi yang terbagi menjadi 4 wilayah utama yaitu, Eropa utara, selatan barat dan Eropa Timur..

Benua ini sebenarnya berbatasan langsung dengan Benua Asia dan Afrika. Bagian Benua Eropa yang menyatu dengan Benua Asia dikenal dengan Eurasia. Sementara yang berbatasan dengan Benua Afrika di pisahkan oleh laut Tengah

Letak geografisnya ini ternyata membawa pengaruh sendiri bagi Benua Eropa. Uniknya pada beberapa negara di Eropa memiliki iklim yang berbeda-beda. Selain itu letak geografis ini juga membawa banyak keberuntungan seperti majunya perekonmian dan menjadi jalur perdagangan yang ramai.

Lain halnya dengan letak Geologisnya, Benua Eropa mempunyai topografi yang beragam seperti, dataran tinggi yang mulai terbentang dari Britania di Prancis Barat hingga Skandinavia ke Samudra Arktik. Untuk dataran rendahnya banyak terdapat di daerah Prancis yaitu lembah Gorone.

Kemudian untuk dataran tingginya meliputi pegunangan yang paling terkenal yaitu pegunungan Alpen dari Spanyol hingga Kaukasus. Titik tertingginya terletak di Gunung Elbrus di Rusia dan titik terendahnya berada di Laut Kaspia.

Baca juga : Peta Benua Asia

Batas-batas Wilayah Benua Eropa 

benua eropa
Russiabeyond.com

Bagian Utara     : Samudra Arktik

Bagian Timur     : Pegunungan Ural, Laut Kaspia dan juga Benua Asia

Bagian Selatan  : Laut Tengah

Bagian Barat     : Samudra Atlantik.

Nah, itulah penjelasan mengenai letak Benua Eropa hingga batas-batas wilayahnya.

Karakteristik Benua Eropa

karakteristik benua eropa
Freepik.com

Setiap Benua yang ada di dunia ini pastilah memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Karakteristik inilah yang membuat benua memilki daya tarik dan keunikannya sendiri. Bagaimanakah karakteristik Benua Eropa. Inilah penjelasan singkatnya!

1. Iklim Benua Eropa

Benua Eropa mempunyai iklim yang berbeda-beda di beberapa negaranya. Hal ini juga dipenagruhi karena letak geografis benua ini. Ada 4 iklim yang terkenal di Benua Eropa.

Pertama adalah iklim maritimi. Iklim ini ada di daerah Atlantik seperti Negara Inggris, Negara Irlandia, Belgia dan juga Belanda. Kedua adalah iklim Arktik yang dialami oleh Islandia, Swedia Utara, Rusia Utara dan Pantai Norwegia sebelah utara.

Selanjutnya adalag iklim kontinental yang ada di Eropa bagian timur dan tengah. Pada iklim ini terjadi perbedaan suhu pada musim dingin dan musim panas yang begitu extrim. Pada iklim ini juga mengalami curah hujan yang sangat sedikit, akibat dari angin barat dari Samudra Atlantik.

Terakhir adalah iklim mediterania yang ada di kawasan Eropa Selatan yaitu Laut Tengah. Jadi itulah keempat iklim yang ada di benua Eropa.

2. Keadaan Sosial Budaya

mata biru penduduk eropa
youtube.com

Benua Eropa juga sering dijuluki sebagai benua biru. Mengapa demikian? Apakah karena benua ini bernarwa biru? Tentu saja bukan. Alasan mengapa Eropa terkenal dengan benua biru adalah karena manyoritas penduduk di sana berkulit putih dengan memiliki warna mata berwarna biru.

Terkenal denga bangsa kulit putih, Eropa membagikan bangsa kulit putih ke dalam beberapa kelompok. Ada 5 kelompok bangsa kulit putih yaitu, Orang Nordik (Jerman, Swedia dan Norwergia), orang Alpen (Perancis dan Swiss), Orang Mideterania (Spanyol, Portugal, Italia)

Selanjutnya ada orang Slavia (Bulgaria, Rusia, Polandia) dan terakhir adalah orang Alpen ( Swiss dan Perancis). Itulah 5 kelompok bangsa kulit putih yang ada di benua Eropa, walaupun dibagi menjadi beberapa kelompok, mereka hidup saling berdampingan.

Masyarakat Eropa di wilayah utara mayoritas beragam kristen. Semantara pada bagian selatan dan tengah adalah Katolik Roma. Sedangkan mayoritas masyarakat Turki adalah beragama islam dan wilayah timur serta tenggara adalah pemeluk Kristen Yunani.

3. Keadaan Ekonomi Benua Eropa

keadaan ekonomi benua eropa
luxtimes.lu

Eropa adalah salah satu benua dengan banyak negara maju di sana, sehingga keadaan ekonominya pun sudah tidak diragukan lagi. Keadaan perekonomian di sana sangatlah berkembang dengan pesat. Letak wilayahnya ini sangat menguntungkan untuk melakukan berbagai kegiatan

Mulai dari kegiatan pertanian, perkebunan, peternakan, perdagangan hingga perindustrian lengkap di sana. Dilengkapi dengan peralatan yang canggih dan modern saat ini menjadi penunjang utama keberhasilan di kegiatan di sana. Itulah mengapa perekonomian Eropa berkembang pesat.

Hasil pertanian di Eropa sangat terkenal di wilayah Inggris dan Belanda. Untuk peternakannya terkanal di wilayah Denmark, Belanja juga Spanyol. Sementara untuk perindutriannya terkenal pada wilayah Inggris, Rusia dan Jerman.

Ada juga bidang kehutanan yang sangat pesat di wilayah Norwergia, Perancis, Finlandia, Swedia dan Rusia. Di Finlandia sendiri bidang kehutanan adalah sektor utama di sana. Semantara Negara Swedia adalah penghasil kertas di Eropa.

Pada Bidang Pertambangan Benua Eropa menjadi benua penghasil batu bara dan bijih besi paling besar di dunia. Ada beberapa negara yang sangat kaya akan hasil pertambangannya yaitu, Perancis, Inggris, Jerman, Rusia, Swedia dan Polandia.

Terakhir yang tidak kalah penting adalah sektor perikanan yang juga memegang peran perekonomian di Eropa. Bahkan di sana ada industri penangkapan ikan paus terbesar yang terletaj di kawasan Samudra Atlantik, Laut Norwedia, Laut Merah, Laut Utara, Samudra Arktik dan Teluk Biscaye.

Baca juga : Peta Indonesia

Fakta-Fakta Benua Eropa

fakta fakta negara eropa
youtue.com

Ingin tahu fakta-fakta serta keunikan apa saja yang dimiliki oleh benua paling maju ini. Maka, simaklah penjelasan di bawah ini ya!

1. Negara Terluas dan Negara Terkecil Di Dunia Ada Di Eropa

kota vatican
History.com

Terasa begitu unik memang negara terluas dan terkecil di dunia berada sekaligus di benua Eropa. Negara terluasnya adalah Rusia sementara negara terkecilnya adalah Vatikan. Rusia sendiri memiliki luas 17.125.200 kilometer persegi, sedangkan Vatikan hanya 44 hektar.

2. Pulau Terbesar di Eropa

greenland
wsj.com

Selain negara terluas dan terkecil, ternyata Eropa juga memiliki pulau terbesar di dunia yaitu Greenland. Luas pulau Greenlad yaitu sekitar 2.166.086 km persegi. Pulau ini terletak di sebelah Samudra Atlantik yang justru berwarna putih karena diselimuti oleh es yang tebal.

3. Mempunyai Desa Dengan Nama Terpanjang

nama kota terpanjang di eropa
Reddit.com

Siapapun pasti akan terheran-heran jika mengetahui fakta, bahwa Benua Eropa memiliki salah satu desa dengan nama terpanjang. Nama desa tersebut adalah Llanfairpwllgwyn-gyllgogerychwyrn-drobwllllanty-siliogogogoch. Letaknya berada di Pulau Anglesey, Weles.

4. Istanbul Turki Terbelah

istanbul turkey
Thenational.ae

Tahukah Anda bahwa kota Istanbul Turki terbelah ke dalam dunia wilayah yang berbeda. Ya! beberapa bagian ada di wilayah Benua Asia dan sebagian lagi berada di wilayah Eropa. Hal ini membuat kota Istanbul terkenal akan keunikannya.

Baca juga : Peta Jawa Timur

5. Kastil Terbesar Di Dunia

kastil terbesar di eropa
Departures.com

Benua Eropa ternyata juga mempunyai kastil terbesar di dunia. Kota Jerman menjadi kota di Eropa yang mempunyai banyak kastil dan terdapat kastil terbesar yang bernama Kastil Marbork. Luas kastil tersebut berkisar 143. 591 meter persegi.

Sayangnya pada perang dunia ke dua, kastil ini hancur namun kemudian dibangun kembali dan Unesco menetapkannya sebagai situs kebudayaan.

6. Bianglala Terbesar Di Dunia

bianglala terbersar di eropa
okezone.com

Siapa yang tidak suka dengan wahana menyenangkan satu ini. Ya! Eropa mempunyai wahana bianglala terbesar dunia. Sangat menyenagngkan bukan? Diameter roda-roda bianglala tersebut mencapai 135. Ukuran yang sangat fantastis untuk wahana sekelas bianglala.

Wisatawan dapat melihat pemandangan yang begitu indah jika menikmati wahana ini. Anda akan dapat menikmati panorama di London Eye.


Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai Benua Eropa. Bila berancana untuk berkunjung ke Eropa, ada baiknya ketauhilah beberapa informasi penting seperti di atas. Guna sebagai bekal pengetahuan anda. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *