11+ Contoh Surat Undangan Resmi, Tidak Resmi, Rapat & Pernikahan

contoh surat undangan

Contoh Surat Undangan – Surat undangan rapat merupakan salah satu jenis surat yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan kantor, rumah, atau sekolah. Namun, banyak orang yang belum memahami cara membuat undangan rapat yang baik dan benar.

Untuk itu, tulisan ini akan membahas pengertian dan bagian-bagian yang harus ada di dalam surat undangan rapat. Beberapa contoh undangan rapat juga disertakan dalam tulisan ini untuk mempermudah siapa saja dalam membuat surat undangan rapat untuk berbagai keperluan.

Pengertian Surat Undangan

pengertian surat undangan
resumewriterdirect.com

Surat undangan adalah surat yang dibuat dengan tujuan mengajak seseorang atau pihak lain untuk menghadiri acara tertentu, baik acara formal maupun nonformal. Oleh karena itu, surat undangan pun dibedakan menjadi dua, yaitu surat undangan resmi dan tidak resmi.

1. Surat Undangan Resmi

Surat undangan resmi adalah surat undangan yang dikeluarkan oleh sebuah lembaga dan ditujukan kepada perorangan atau lembaga lain. Karena dibuat oleh lembaga, surat undangan resmi harus dibuat dalam bahasa formal dan mengikuti kaidah yang berlaku.

Ada beberapa ciri surat undangan resmi, yaitu

  • memiliki kepala atau kop surat di bagian paling atas yang menyebutkan pihak yang mengeluarkan undangan;
  • mencantumkan nomor, lampiran, serta perihal, tanggal, dan alamat tujuan;
  • menggunakan bahasa formal dan kalimat baku dengan kaidah sesuai KBBI dan PUEBI;
  • menggunakan kalimat yang singkat, padat, efektif, serta mudah dimengerti;
  • tidak menggunakan kalimat yang implisit; serta
  • memuat tanda tangan dan stempel lembaga yang membuat surat (jika diperlukan).

Surat undangan resmi memiliki beberapa fungsi, yaitu

  • sebagai sarana informasi atau pemberitahuan tentang hal-hal tertentu yang disampaikan oleh pihak pengundang kepada pihak yang diundang, misalnya tentang pelaksanaan sebuah rapat;
  • sebagai bukti autentik dalam bentuk dokumen yang isinya dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan;
  • sebagai alat pengingat bagi si penerima surat undangan, baik perorangan, organisasi, maupun lembaga, sehingga perlu didokumentasikan agar dapat digunakan sebagai data di kemudian hari; serta
  • sebagai bukti historis dan bukti kronologis.

Meskipun saat ini sudah ada fasilitas teknologi seperti e-mail (surat elektronik) atau lainnya, peran surat resmi dalam bentuk print out masih tetap diperlukan untuk keperluan tertentu.

2. Surat Undangan Tidak Resmi

Surat undangan tidak resmi adalah surat undangan yang ditulis oleh individu yang ditujukan kepada orang atau pihak lain untuk menghadiri sebuah acara.

Biasanya, surat undangan tidak resmi dibuat untuk mengajak seseorang menghadiri acara yang sifatnya pribadi, seperti resepsi pernikahan, khitanan, atau syukuran.

Dari segi penulisan, tentu saja surat undangan tak resmi memiliki aturan yang tidak sekaku dan seketat surat resmi. Kalimat-kalimat dalam undangan tidak resmi lebih luwes dan tidak terlalu dibatasi, tetapi tetap menjaga adab dan sopan santun.

Meskipun ditulis dengan bahasa nonformal, hal-hal penting dalam sebuah surat undangan tidak resmi tetap harus dicantumkan dengan jelas, yaitu nama serta alamat pengirim dan penerima, juga hari, tanggal, waktu, dan tempat acara akan diselenggarakan.

Bagian-Bagian dalam Surat Undangan Rapat

bagian bagian surat undangan
developmentconsultingsolutions.com

Salah satu contoh surat undangan resmi adalah surat undangan rapat. Surat ini sering dibuat oleh perusahaan, instansi pemerintah, lembaga, atau organisasi. Tujuan dikirimkannya surat ini adalah agar pihak yang diundang datang pada waktu, tempat, acara, atau keperluan yang disebutkan dalam surat.

Karena merupakan surat resmi, surat undangan rapat harus dibuat dengan mengikuti kaidah yang benar. Surat undangan rapat yang baik harus memuat bagian-bagian surat sebagai berikut.

1. Kepala/Kop Surat

Kepala atau Kop surat terletak pada bagian paling atas sebuah surat undangan rapat resmi dan memuat informasi mengenai pihak pengirim surat. Bagian kepala surat terdiri dari nama dan logo/lambang lembaga, alamat, nomor telepon, serta alamat surel dan website resmi lembaga (jika ada).

2. Nama Kota dan Tanggal Surat

Bagian nama kota dan tanggal surat bertujuan untuk memberikan informasi kepada pihak penerima undangan mengenai tempat dan waktu surat tersebut dibuat. Nama kota dan tanggal surat dicantumkan di bawah kop surat sebelah kanan, tetapi ada juga yang mencantumkannya di bagian akhir surat.

Adapun cara penulisan tempat dan tanggal surat yang benar adalah dimulai dari nama kabupaten/kota dan diikuti tanggal, bulan, dan tahun seperti contoh berikut ini.

  • Jakarta, 15 Agustus 2019
  • Malang, 6 April 2017
  • Pekanbaru, 19 Oktober 2018

3. Nomor Surat

Di dalam sebuah surat resmi, khususnya yang dibuat oleh lembaga, instansi pemerintah, perusahaan, atau organisasi resmi yang terdaftar, biasanya ada nomor surat yang dicantumkan. Nomor surat berfungsi untuk mempermudah pengarsipan.

Setiap lembaga memiliki tata cara sendiri dalam menuliskan nomor surat, tetapi biasanya meliputi nomor urut penulisan surat, kode surat, singkatan identitas lembaga/perusahaan/organisasi, serta bulan dan tahun penulisan surat.

Untuk surat berperihal, nomor surat dicantumkan di sebelah kiri atas kertas di baris setelah tempat dan tanggal surat. Sementara itu, pada surat yang memakai judul, nomor surat ditulis di bawah judul. Contoh penulisan nomor surat, misalnya 067/UND/CVMA/07/11/2018 atau 169/BMT/VII/2019

4. Lampiran

Bagian “Lampiran” merupakan penjelas yang menginformasikan bahwa ada berkas yang disertakan dalam surat undangan rapat tersebut. Lampiran ditulis dengan menyebutkan jumlah lembar, eksemplar, atau jumlah berkasnya, bisa dengan angka maupun huruf.

5. Perihal

Bagian perihal berfungsi untuk memberikan petunjuk kepada penerima surat undangan tentang keperluan dan isi pokok surat secara ringkas.

6. Alamat Tujuan

Dalam surat undangan rapat, terdapat dua alamat tujuan, yaitu yang dicantumkan di sampul surat dan alamat yang ditulis di bagian dalam surat. Alamat pada sampul surat harus ditulis lengkap, sedangkan di bagian dalam cukup sebagian saja.

Tujuan surat bisa menggunakan kata “Yth.” yang merupakan kependekan dari “yang terhormat” untuk menghormati pihak yang dikirimi surat atau bisa juga menggunakan sebutan Bapak, Ibu, atau Sdr. (saudara) yang diikuti nama orang yang dituju.

Contoh penulisan alamat tujuan surat:

Yth. Direktur PT Panca Kelola Investama

Jalan Pondok Indah No. 56

Jakarta Selatan

7. Salam Pembuka

Salam pembuka berfungsi untuk membuka pembicaraan dalam surat sebagai bentuk adab sopan santun dalam berkomunikasi. Salam pembuka berisi sapaan umum yang biasa digunakan, diawali huruf kapital dan diakhiri tanda koma.

Contoh salam pembuka yang sering digunakan adalah “Dengan hormat,” “Assalaamualaikum wr. wb.,”. Salam pembuka juga bisa ditulis dengan sapaan khas yang biasa digunakan di lingkungan lembaga/organisasi tersebut, misalnya “Salam Sehat” atau “Salam Lestari”.

8. Isi Surat

Bagian inilah yang merupakan bagian terpenting karena berisi inti dari surat undangan yang dikirimkan. Isi surat memuat semua hal yang perlu disampakan kepada penerima surat dan terdiri dari tiga bagian, yaitu pembuka, isi, dan penutup.

Bagian pembuka berisi pengantar agar penerima surat mengetahui pokok masalah dalam surat. Bagian isi berisi maksud dan tujuan utama pengiriman surat meliputi hari, tanggal, waktu, tempat, dan agenda rapat. Bagian penutup berisi penegasan, harapan, atau ucapan terima kasih kepada penerima surat.

9. Salam Penutup

Salam penutup digunakan sebagai ucapan salam akhir untuk menunjukkan kesantunan dalam berkirim surat. Contoh salam penutup yang sering digunakan dalam surat undangan rapat adalah “Hormat kami,” atau “Wassalaamualaikum wr. wb.

10. Nama dan Tanda Tangan Pengirim

Nama dan tanda tangan pengirim harus dicantumkan di dalam surat dan terletak pada bagian bawah. Nama yang dicantumkan harus nama lengkap atau nama jelas dari pengirim, biasanya pemimpin lembaga/organisasi atau orang yang bertanggungjawab pada pengiriman surat tersebut.

11. Tembusan

Tembusan perlu dibuat jika surat undangan tersebut perlu diketahui pihak lain yang juga berhak mendapatkan surat tersebut. 

Contoh Surat Undangan Rapat Resmi

 

contoh surat undangan resmi
pinterest.fr

 

LEMBAGA PENDIDIKAN BINA PRESTASI

Jalan Bambu Kuning No. 45 Jakarta Selatan

Telp. (021) 8446121/8446122


Nomor                    : 023/UND/LPBP/2019

Lampiran               : –

Perihal                   : Undangan Penetapan Jadwal Belajar-Mengajar

 

Yth.

Bapak Drs. Erfan Setiawan, M.Sc

Kepala Departemen Kurikulum dan Silabus

Lembaga Pendidikan Bina Prestasi

Jl. Bambu Kuning No. 45

Jakarta Selatan

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya rapat dinas, kami mengharapkan kehadiran Bapak pada kegiatan tersebut yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal          : Rabu, 15 Mei 2019

Waktu                    : 09.00–12.00 WIB

Tempat                   : Ruang Rapat Lembaga Pendidikan Bina Prestasi

Agenda Rapat       : Penetapan Jadwal Belajar-Mengajar Tahun Ajaran 2019/2020

 

Demikian surat undangan ini kami sampaikan dan untuk menunjang kelancaran acara tersebut, para peserta rapat diharapkan membawa laptop dan alat tulis. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kerja sama Bapak.

 

                                                                                             Jakarta, 09 Mei 2019

                                                                                             Mengetahui

                                                                                             Lembaga Pendidikan Bina Prestasi

 

                                                                                             Ir. Sulaiman, M.Sc.

                                                                                             Direktur Utama

 

Contoh Surat Undangan Rapat RT

contoh surat undangan rt
blogspot.com

 

PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL

KECAMATAN BANGUNTAPAN – DESA TAMANAN

RT.03/RW.10 DUKUH GLAGAHKIDUL


Nomor                    : 007/RT.01/IV/2017

Lampiran               : –

Perihal                   : Undangan Rapat Pengurus RT dan Warga

 

Yth.

Bapak/Ibu Warga RT.03/RW.10 Dukuh Glagahkidul

di Tempat

 

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Segala puja dan puji kita panjatkan kepada Allah Swt. yang telah mencurahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Salam dan salawat kita haturkan pada Rasulullah saw. beserta para sahabatnya.

Sehubungan dengan rencana adanya program kerja tambahan RT.03/RW.10 Dukuh Glagahkidul, kami mengundang seluruh warga RT.01 untuk menghadiri rapat pada:

Hari/Tanggal          : Minggu, 12 Apri 2017

Waktu                    : 19.30 WIB

Tempat                   : Rumah Ketua RT.01

Agenda Rapat       : 1. Evaluasi Kinerja Pengurus

2. Laporan Keuangan

3. Perencanaan dan Penetapan Program Tambahan

Demikian undangan ini kami sampaikan, dimohon agar Bapak/Ibu hadir tepat pada waktunya. Atas kehadiran Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

 

Wssalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Hormat kami,

Ketua RT.01                                                                                                    Sekretaris

 

Sugiyono                                                                                                         Hadi Wiseso

 

 Contoh Surat Undangan Rapat Perusahaan

contoh undangan rapat perusahaan
id.techinasia.com

 

PT PERTIWI MULIA

Jl. Jenderal Sudirman No. 31 Padang, Sumatra Barat

Nomor Telepon/Fax : 0751-99323434 / 0751-434392908

E-mail: [email protected]


                                                                                                                Padang, 3 Juli 2019

Nomor                    : 012/URP/PM/VII/2019

Lampiran               : –

Perihal                   : Undangan Rapat Evaluasi Kinerja Perusahaan

 

Yth.

Bapak Aditya Oemar, S.E.

Direktur Keuangan PT Pertiwi Mulia

di Tempat

 

Dengan hormat,

 

Sehubungan dengan akan diadakannya evaluasi kinerja tahunan perusahaan PT Pertiwi Mulia, kami mengundang Bapak untuk menghadiri rapat yang akan dilaksanakan pada:

 

Hari/Tanggal          : Senin, 8 Juli 2019

Waktu                    : 08.00–12.00 WIB

Tempat                   : Ruang Rapat Utama PT Pertiwi Mulia

 

Demikian surat ini kami sampaikan, mengingat pentingnya rapat ini, kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak.

Atas perhatian dan kedatangannya, kami ucapkan terima kasih.

 

                                                                                              Hormat kami,

 

                                                                                              Ir. Rizal Koto, M.T., M.Sc.

                                                                                               Direktur PT Pertiwi Mulia

 

Contoh Surat Undangan Rapat Karang Taruna

contoh undangan rapat karang taruna
blogspot.com

 

KARANG TARUNA DESA RANDUSARI

Alamat: Desa Randusari, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur


 

SURAT UNDANGAN RAPAT KARANG TARUNA

Pasuruan, 3 Juli 2019

 

Lampiran               : –

Perihal                   : Pembahasan Acara Peringatan HUT RI

 

Yth.

………………………………

di Tempat

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami mengharapkan kehadiran teman-teman semua pada:

Hari/Tanggal          : Sabtu, 3 Agustus 2019

Waktu                    : 19.30–21.00 WIB

Tempat                   : Rumah Bapak Kepala Desa Randusari

Acara                      : Pembahasan acara peringatan HUT RI

 

Besar harapan kami, teman-teman dapat menghadiri acara tersebut. Demikian surat ini kami buat, atas perhatian dan kedatangannya, kami ucapkan terima kasih.

 

 

                                                                                              Hormat kami,

 

                                                                                              Ilham Ardianto

                                                                                              Ketua Karang Taruna Desa Randusari

 

 Contoh Surat Undangan Rapat Sekolah

blogspot.com
blogspot.com

 

PEMERINTAH KOTA BANDA ACEHDINAS PENDIDIKANSEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 BANDA ACEH

Jl. Teuku Lamu No. 1, Neusu Jaya, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116


 

Nomor                    : 054/KEPSEK/SMPN2/V/2019

Lampiran               : –

Perihal                   : Undangan Rapat Kenaikan Kelas

 

Yth. Bapak/Ibu Dewan Guru

SMP Negeri 3 Banda Aceh

di Tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan telah berakhirnya ujian semester genap Tahun Ajaran 2018/2019, maka melalui surat ini, kami mengundang Bapak/Ibu Dewan Guru untuk hadir pada rapat kenaikan kelas yang akan diadakan pada:

Hari/Tanggal          : Senin, 20 Mei 2019

Waktu                    : 08.00–12.00 WIB

Tempat                   : Ruang Rapat Guru SMP Negeri 3 Banda Aceh

Mengingat acara ini sangat penting, kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kedatangannya, kami ucapkan terima kasih.

                                                                   Banda Aceh, 13 Mei 2019

                                                                   Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Banda Aceh

                                                                   Drs. Teuku Fachri, M.Sc.

 

Contoh Surat Undangan Rapat Desa

contoh surat undangan rapat desa
hastinmelur.blogspot.com

 

PEMERINTAH KABUPATEN LUWU TIMURKECAMATAN MANGKUTANA, DESA BALAI KEMBANG

Jl. Cendana Putih No. 4 Desa Balai Kembang, Kecamatan Mangkutana


                                                                                     Balai Kembang, 05 September 2018

Nomor                    : 001/Ds/.2001/IX/2018

Perihal                   : Rapat Koordinasi (Rakor)

 

Yth. Bapak/Ibu …………………….

di Tempat

 

Assalaamualaikum wr. wb.,

Segala puji bagi Allah Swt. yang telah mencurahkan rahmat dan taufik-Nya kepada kita semua. Salawat dan salam kita sampaikan kepadaa Nabi Muhammad saw. beserta para sahabatnya.

Melalui surat ini, kami mengundang Bapak/Ibu dalam acara Rapat Koordiasi Tingkat Desa yang insyaallah akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal          : Senin, 9 September 2018

Waktu                    : 13.00–15.00 WITA

Tempat                   : Kantor Desa Balai Kembang

Demikian undangan ini kami sampaikan, dimohon agar Bapak/Ibu hadir tepat pada waktunya. Atas kehadiran Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Wssalaamualaikum wr. wb.

 

                                                                                   Kepala Desa Balai Kembang

 

                                                                                   Ambo Wellang


Tembusan disampaikan kepada:

1.       Yth. Camat Mangkutana

2.       Yth. Ketua BPD Balai Kembang

 

Contoh Surat Undangan Rapat Wali Murid

 

TK KUNTUM CERIA

Jl. Cijahe No. 12 Bogor, Jawa Barat

Nomor Telepon: (0251) 5857340


                                                                                                      Bogor, 19 Agustus 2019

 

Nomor                    : 005/KC/VIII/2019

Lampiran               : –

Perihal                   : Undangan Pertemuan Wali Murid

 

Yth.

Orang Tua/Wali Murid TK Kuntum Ceria

di Tempat

 

Dengan hormat,

Segala puji bagi Allah Swt. atas rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita senantiasa dalam keadaan sehat wal afiat. Salam dan salawat kita sampaikan kepada junjungan kita, Rasulullah saw.

 

Berkenaan dengan akan dilaksanakannya kegiatan kunjungan ke Taman Safari, Cisarua, Puncak, kami mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri pertemuan wali murid yang akan dilaksanakan pada:

 

Hari/Tanggal          : Sabtu, 28 Agustus 2019

Waktu                    : 08.00–10.00 WIB

Tempat                   : Ruang Kelas B2 TK Kuntum Ceria

 

Mengingat pentingnya acara ini, kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu sekalian.

Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

 

                                                                                        Hormat kami,

 

                                                                                        Eliza Novara, S.Pd

                                                                                        Kepala Sekolah TK Kuncup Ceria

Contoh Surat Undangan Rapat Dinas

 

 

DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

JL. Sukarno-Hatta No. 1–3 Kandangan Kota, Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Kalimantan Selatan 71211

Telp. (0517) 67239405


 

Nomor                    : 195/UR/DISPERINDAG/II/2020

Lampiran               : –

Perihal                   : Rapat Persiapan Pameran Perdagangan Kalsel 2020

 

Yth.

Bapak Arifin Akhyar, S.E., M.Sc.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan

di Tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya Pameran Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020, kami bermaksud mengundang Bapak untuk menghadiri rapat yang akan diadakan pada:

 

Hari/Tanggal          : Senin, 6 Februari 2020

Waktu                    : 08.00–12.00 WITA

Tempat                   : Ruang Aula 1 Kantor Bupati Hulu Sungai Selatan

Acara                      : Persiapan pelaksanaan Pameran Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan 2020

 

Atas perhatiannya dan kehadiran Bapak, kami ucapkan terima kasih.

 

                                                                                                   Hormat Kami,

                                                                                                   Ketua Penyelenggara

 

                                                                                                   Firman Setia, S.E.

 

Contoh Surat Undangan Rapat OSIS

 

 ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)

SMAIT Insan Kamil Bekasi

Jl. R.A. Kartini No. 8, Kota Baru, Bekasi, Jawa Barat 17133

Telp. (021) 4235154


                                                                                                Bandung, 18 Februari 2020

Nomor                    : 015/OSIS/SMAIT-IK/II/2019

Lampiran               : –

Perihal                   : Undangan Rapat OSIS

 

Yth.

Pengurus OSIS SMAIT Insan Kamil Bekasi Periode 2018/2019

di Tempat

 

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Sehubungan dengan semakin dekatnya acara perpisahan murid kelas XII, kami mengundang seluruh pengurus OSIS untuk menghadiri rapat persiapan dan pembentukan kepanitiaan. Rapat tersebut akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal          : Rabu, 20 Februari 2020

Waktu                    : 13.00–15.00 WIB

Tempat                   : Sekretariat OSIS SMAIT Insan Kamil Bekasi

Agenda                  : Pembentukan Panitia Perpisahan Kelas XII

 

Demikian surat undangan ini kami buat. Kami berharap, seluruh pengurus OSIS dapat hadir tepat waktu. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Mengetahui,

Ketua OSIS SMAIT Insan Kamil Bekasi                      Pembina OSIS SMAIT Insan Kamil Bekasi

 

 

Fikri Ramadhan                                                             Drs. Ahmad Sutedja

 

Contoh Surat Undangan Rapat Organisasi

 

KOMUNITAS PENCINTA LINGKUNGAN

“LESTARI”

Sekretariat: Jl. Raya Telaga Sari No. 214 Cilacap

Telp. 0812-1768-0934


                                                                                                              Cilacap, 4 Maret 2020

Nomor                    : 007/LESTARI/INT/III/2020

Lampiran               : –

Perihal                   : Undangan Rapat Evaluasi Bulanan

 

Yth.

Seluruh Pengurus Komunitas Pencinta Lingkungan LESTARI

di Tempat

 

Salam LESTARI,

Sehubungan dengan akan diadakannya rapat rutin bulanan sebagaimana tercantum dalam program kerja pengurus Komunitas Pencinta Lingkungan “LESTARI” periode 2018/2019, maka dengan ini, kami mengundang seluruh jajaran pengurus untuk hadir pada:

Hari/Tanggal          : Senin, 11 Maret 2020

Waktu                    : 08.00–12.00 WIB

Tempat                   : Sekretariat Komunitas Pencinta Lingkungan “LESTARI”

Agenda                  : Rapat Evaluasi Bulanan

 

Demikian undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja sama rekan-rekan, kami ucapkan terima kasih.

 

                                                                                Ketua Pelaksana Harian

                                                                                Komunitas Pencinta Lingkungan “LESTARI”

 

                                                                               Rizka Widyawati

 


Contoh-contoh surat undangan rapat di atas bisa Anda gunakan sebagai acuan dalam membuat surat undangan rapat yang resmi. Anda tinggal menyesuaikan bagian-bagian surat dengan jenis surat yang akan dibuat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *