15+ Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan, Alam, Benda, Sekolah Singkat

Contoh Teks Deskripsi – Mungkin kata “deskripsi” bukan suatu hal yang asing di telinga Anda. Bahkan, Anda mungkin pernah membaca deskripsi tentang suatu suasana atau tempat. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa contoh teks deskripsi berikut ini.

Pengertian Teks Deskripsi

contoh teks deskripsi
sumber : 500px.com

Sebelum membahas tentang contoh teks deskripsi, sebaiknya Anda menyimak pengertian teks deskripsi terlebih dahulu.

Teks deskripsi merupakan suatu teks yang menggambarkan suatu objek dengan terperinci dan jelas agar pembaca juga turut merasakan dan memiliki bayangan akan objek atau peristiwa tersebut.

Tujuan Teks Deskripsi

contph teks deskripsi petani di sawah
sumber : akamaized.net

Tujuan dari suatu teks deskripsi adalah agar para pembaca yang tidak melihat secara langsung suatu benda atau orang yang sedang dideskripsikan dapat mempunyai gambaran tentang benda atau orang tersebut.

Teks deskripsi juga dapat digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa yang bertujuan untuk membawa pembaca yang tidak mengalami peristiwa tersebut secara langsung dapat memiliki gambaran yang jelas seolah-olah pembaca tersebut juga mengalami peristiwa yang sama.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

contoh teks deskripsi kembang desa
sumber : Pictaramium.com

Seperti halnya jenis teks yang lain, teks deskripsi juga memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan teks yang lain. Adapun ciri-ciri teks deskripsi adalah sebagai berikut.

  • Teks deskripsi mengandung kata sifat yang menggambarkan sifat dari suatu benda, tempat, peristiwa, atau seseorang dengan jelas.

Contoh:

Dia memiliki paras yang menawan. Dia juga sangat dermawan.

  • Teks deskripsi juga mengandung frasa benda atau nomina, yaitu frasa yang unsur pusatnya berupa kata benda, serta memiliki fungsi yang sama dengan kata benda.

Contoh:

Kurcaci tinggal di sebuah rumah kayu.

Cinderella mengenakan sepatu kaca.

  • Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri objek yang dideskripsikan secara jelas, seperti warna, bentuk, ukuran, atau ciri-ciri psikis.
  • Teks deskripsi menggunakan kata keterangan yang biasa digunakan untuk menambahkan informasi.

Contoh:

Rumahku terletak di Jalan Pramuka.

Dia berjalan dengan anggun.

  • Teks deskripsi, terutama yang menggambarkan suatu keadaan, biasanya menggunakan majas, seperti majas metafora yang membandingkan suatu objek dengan objek lainnya secara langsung karena memiliki sifat yang sama.

Teks deskripsi bisa juga menggunakan majas simile, yaitu majas yang membandingkan suatu objek dengan objek lainnya dengan menggunakan kata hubung, seperti bagaikan, layaknya, seperti, bak, laksana, dan lain-lain.

Contoh:

Parasnya yang cantik membuat dia menjadi seorang kembang desa.

Kami dulu selalu saja bertengkar bagaikan kucing dan anjing.

Struktur Teks Deskripsi

contoh teks deskripsi kucing oren
sumber : lovecat.com

Teks deskripsi memiliki struktur khusus yang dapat Anda kenali dengan mudah. Struktur ini juga bisa Anda jadikan acuan ketika hendak menulis teks deskripsi.

Struktur dari teks deskripsi antara lain adalah sebagai berikut.

1. Identifikasi

Bagian ini menunjukkan identitas dari apa yang sedang dideskripsikan.

Contoh:

Aku memiliki seekor kucing. Kucingku bernama Garfield.

2. Klasifikasi

Pada bagian ini, objek yang sedang dideskripsikan dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

Contoh:

Garfield adalah kucing anggora yang ayah berikan sebagai hadiah ulang tahunku.

3. Deskripsi bagian

Bagian ini menjelaskan secara detail tentang benda, hewan, tempat, atau orang yang sedang dideskripsikan. Penjelasan tersebut bisa berupa ciri fisik atau psikis yang menghadirkan gambaran yang jelas kepada pembaca.

Contoh:

Garfield memiliki bulu yang berwarna putih bersih dan sangat halus. Aku suka membelai bulunya itu. Garfield juga kucing yang pintar. Dia suka menonton acara televisi seolah-olah dia mengerti maksud dari tayangan televisi tersebut.

4. Penutup

Kesimpulan dari isi teks deskriptif.

Contoh:

Aku sangat menyayangi Garfield karena dia adalah kucing yang pintar dan lucu.

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

jenis jenis teks deskripsi
sumber : Pixabay.com

Jenis-jenis teks deskripsi terbagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

1. Teks Deskripsi Subjektif

Teks ini menyatakan gambaran dari suatu benda atau seseorang berdasarkan sudut pandang atau kesan yang dirasakan oleh penulis.

2. Teks Deskripsi Spatial

Teks deskripsi ini hanya menggambarkan tempat, benda, dan ruang.

3. Teks Deskripsi Objektif

Teks ini menggambarkan keadaan suatu objek dengan sebenar-benarnya berdasarkan fakta yang ada tanpa mengikutsertakan opini dari penulis.

Agar Anda lebih memahami bagaimana bentuk teks deskripsi, berikut adalah beberapa contoh teks deskripsi dari berbagai tema.

Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan 

contoh deskripsi hewan semut
sumber : GardeningKnow How.com

Semut

Pernahkah Anda memperhatikan seekor semut? Semut merupakan salah satu jenis serangga yang sering Anda jumpai di sekitar rumah. Serangga ini juga termasuk dalam golongan omnivora, yaitu serangga pemakan segala.

Terdapat lebih dari 10.000 jenis semut yang tersebar di seluruh belahan dunia. Rentang hidup seekor semut biasanya antara 45 hari hingga 60 hari.

Semut biasanya memiliki warna hitam, cokelat, merah, hijau, biru, ungu, atau kuning. Semut memiliki kaki yang sangat kuat yang membuat mereka mampu berjalan dengan cepat.

Mulut semut juga sangat kuat yang membuat mereka mampu menggigit beban yang beratnya lima puluh kali dari berat tubuhnya sendiri.

Serangga kecil yang satu ini tidak dapat hidup sendiri. Semut akan selalu hidup secara berkelompok. Mereka saling berkomunikasi antara yang satu dengan yang lain dengan cara menyentuhkan antenanya.

Karena semut merupakan serangga yang selalu hidup berkelompok, mereka akan saling bekerja sama. Semut yang menemukan sumber makanan akan meninggalkan senyawa kimia di tanah melalui sengatnya.

Senyawa kimia ini memiliki aroma yang khas, sehingga para semut yang lain dapat mengikuti jejaknya dan menemukan sumber makanan pada akhirnya.

Keunikan lain dari semut adalah cara mereka menyimpan makanan. Semut memiliki dua lambung. Salah satu lambung digunakan untuk menyimpan cadangan makanan untuk dirinya sendiri, sedangkan lambung yang lain digunakan untuk menyimpan makanan yang dapat dibagikan kepada para semut lainnya.

Di antara satu kelompok semut, terdapat seekor ratu semut. Ratu semut ini hanya bertugas untuk menghasilkan telur. Hal yang menakjubkan adalah ratu semut ini dapat menghasilkan telur hingga lima ribu butir.

 

Contoh Teks Deskripsi Alam 

contoh teks deskripsi gambar gunung
sumber : Ireland.com

Gunung

Gunung merupakan suatu bentuk tanah dengan permukaan yang menonjol yang membuatnya menjadi lebih tinggi dari permukaan tanah yang ada di sekitarnya. Bahkan, gunung juga jauh lebih tinggi daripada bukit.

Suatu tonjolan tanah dapat disebut sebagai gunung apabila ketinggiannya lebih dari 2.000 kaki atau 610 meter di atas permukaan laut. Akan tetapi, masyarakat pada daerah-daerah tertentu sering menyebut dataran tinggi dengan sebutan gunung.

Karena perbedaan ketinggian pada gunung, sebuah gunung bisa saja memiliki lebih dari satu iklim. Hal ini memengaruhi jenis tumbuh-tumbuhan dan kehidupan pada gunung tersebut.

Gunung terbagi menjadi dua jenis, yaitu gunung berapi dan tidak berapi. Gunung berapi terbagi menjadi gunung api strato, gunung api maar, dan gunung api perisai.

Gunung api strato atau yang biasa disebut sebagai gunung api kerucut adalah gunung yang bentuk kerucutnya merupakan hasil dari erupsi efusif dan erupsi eksplosif.

Adapun contoh gunung api kerucut yang ada di Indonesia adalah gunung berapi yang terdapat di Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Maluku.

Gunung api maar merupakan gunung yang terbentuk karena adanya letusan eksplosif dari dapur magma yang relatif kecil. Gunung api maar yang terdapat di Indonesia, antara lain Gunung Bromo dan Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung api perisai adalah gunung api yang terbentuk karena magma yang keluar dari dapur magma bersifat cair. Gunung api perisai ini tidak terdapat di Indonesia. Adapun contoh jenis gunung api ini adalah gunung Maona Loa Hawaii di Amerika Serikat.

 

Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah 

SMAN 1 Sooko Mojokerto
kemdikbud.go.id

SMAN 1 Sooko Mojokerto

SMA Negeri 1 Sooko adalah salah satu sekolah negeri menengah atas yang terdapat di kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, tepatnya di Jalan R. Akhmad Basuni No.361, Daleman Utara, Japan, Kec. Sooko, Mojokerto, Jawa Timur.

Sekolah yang berdiri sejak tahun 1960 ini telah mengantungi sertifikat ISO 9001: 2008 sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. Karena dikenal sebagai sekolah Adiwiyata, lingkungan yang sehat, bersih, dan indah merupakan salah satu fasilitas dari SMAN 1 Sooko ini.

SMAN 1 Sooko memiliki lahan yang luas yang berada di halaman depan sekolah. Lahan tersebut biasa disebut dengan hutan sekolah karena bentuknya yang menyerupai hutan kecil.

Di dalam hutan sekolah terdapat beberapa pohon yang rindang. Bahkan, ada beberapa meja dan bangku yang dapat digunakan sebagi tempat bersantai oleh para siswa. Tak jarang para guru juga mengajak siswa untuk belajar di alam terbuka, yaitu di hutan sekolah ini.

Selain hutan sekolah, SMAN 1 Sooko juga menyediakan lebih dari dua puluh ruang kelas yang digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar. Di setiap ruang kelas terdapat LCD projector yang mempermudah kegiatan presentasi siswa.

Selain itu, SMAN 1 Sooko juga menyediakan berbagai fasilitas laboratorium, seperti laboratorium komputer, laboratorium fisika, dan laboratorium kimia. Anda juga dapat menemukan sebuah perpustakaan dan beberapa kantin di sekolah ini.

Sadar akan jumlah siswa yang kian bertambah, SMAN 1 Sooko juga menyediakan bangsal parkir yang luas untuk para siswa.

Untuk mendukung keaktifan siswa dalam cabang olahraga, sekolah ini juga memiliki sebuah lapangan basket, sebuah lapangan sepak bola, dan sebuah lapangan voli yang terdapat di belakang sekolah.

SMAN 1 Sooko juga memiliki dinding khusus yang digunakan untuk berlatih panjat tebing. Tak lupa sebuah musala juga tersedia untuk para siswa yang ingin menjalankan ibadah salat.

 

Contoh Teks Deskripsi tentang Tempat Wisata 

contoh teks deskripsi gambar candi
sumber : mumonthemove.com

Candi Borobudur

Siapa yang tidak mengenal candi Borobudur? Candi yang termasuk dalam jajaran tujuh keajaiban dunia ini adalah salah satu candi yang termasyhur. Tidak heran jika candi ini tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Candi Borobudur terdapat di Jl. Badrawati, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang dibangun pada abad ke-9. Candi ini dibangun oleh Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra yang kemudian diselesaikan oleh putrinya, Ratu Pramudawardhani.

Candi Borobudur sering membuat para wisatawan berdecak kagum karena bangunan ini memiliki ketinggian sekitar 400 meter dengan 2 juta balok batuan andesit berukuran 55.000 m3 yang saling mengunci.

Ketika mengunjungi Candi Borobudur, Anda akan menemukan 504 buah arca dan 2.672 panel relief, yang apabila disusun berjajar, panjangnya akan mencapai 6 km.
Relief yang terdapat pada Candi Borobudur mengisahkan tentang Karmawibangga, Lalitawistara, Jataka/Awadana, dan Gandawyuha.

Selain menceritakan tentang perjalanan hidup Sang Buddha beserta ajarannya, relief Candi Borobudur juga memaparkan kemajuan masyarakat Jawa pada saat itu.

Untuk mencapai puncak dari Candi Borobudur, Anda harus berjalan ratusan meter dari pintu masuk. Mungkin hal tersebut akan cukup melelahkan. Akan tetapi, semua keletihan yang Anda rasakan akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan.

Apabila Anda mengunjungi Candi Borobudur pada dini hari, bersiaplah untuk terpukau dengan pemandangan matahari terbit yang berpadu dengan hamparan hijau pepohonan yang tampak kecil jika dilihat dari puncak candi.

Di sepanjang jalan menuju candi, Anda juga akan menemukan para pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai macam buah tangan khas Candi Borobudur, seperti kaos, gantungan kunci, gelang, kalung, dan aksesori lainnya.

 

Contoh Teks Deskripsi tentang Produk/Benda 

contoh teks deskripsi tas punggung
sumber : rei.com

Tas Punggung LEQUEEN

Untuk ibu-ibu yang merasa kerepotan ketika bepergian bersama buah hati dan ingin tetap selalu tampil prima, cobalah tas punggung LEQUEEN.

Tas ini didesain khusus untuk para ibu yang selalu membawa perlengkapan bayi ke mana saja ketika bepergian. Tas ini berukuran 25x15x40 cm, sehingga akan ada cukup ruang untuk membawa keperluan bayi Anda.

Pada bagian depan tas terdapat sebuah kantung kecil yang dapat Anda pergunakan untuk menyimpan botol susu dan botol minum untuk bayi. Di dalam kantung tersebut ada tiga saku kecil yang akan menjaga botol minum dan botol susu tetap berada di tempatnya.

Apabila membuka ritsleting yang terdapat pada bagian atas, Anda akan menemukan suatu ruang yang cukup luas untuk menyimpan baju-baju dan popok bayi.

Bahkan, Anda akan menemukan lima saku kecil yang dapat digunakan untuk menyimpan handuk agar tidak tercampur dengan baju-baju lainnya.

Pada bagian belakang tas, terdapat ritsleting yang langsung terhubung dengan kompartemen utama tas ini. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk mengambil barang yang tertimbun pada bagian bawah tas sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan seluruh isi tas.

Pada salah satu sisi tas terdapat sebuah saku kecil yang dapat diisi dengan tisu. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengambil tisu tanpa harus membuka tas terlebih dahulu.

Tas ini memiliki lima pilihan warna yang akan mempercantik tampilan Anda, yaitu merah, hitam, jingga, biru, dan ungu.

 

Contoh Teks Deskripsi tentang Makanan 

contoh deskripsi masakan rendang
sumber : news18.com

Rendang

Siapa yang tidak mengenal rendang? Masakan khas dari Sumatra, khususnya daerah Minangkabau ini bahkan telah dinobatkan sebagai makanan paling lezat versi CNN International pada tahun 2011.

Rendang merupakan masakan berbahan dasar daging yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Minangkabau.

Adapun bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak rending, antara lain bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah besar, cabai merah keriting, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, pala, jintan, santan, dan bahan-bahan lainnya.

Kata “rendang” merujuk pada proses memasak daging tersebut, yaitu daging yang dimasak bersama dengan bumbu-bumbu dan santan dipanaskan berulang-ulang selama berjam-jam hingga bumbu tersebut mengering dan menyisakan daging sapi yang berwarna hitam pekat.

Proses memasak rendang yang memakan waktu lama ini membuat rendang dapat bertahan lama. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan selama berminggu-minggu meskipun tidak menggunakan bahan pengawet.

Rendang memiliki cita rasa pedas yang khas dan gurih. Tidak heran jika makanan ini menjadi salah satu hidangan terfavorit di dunia. Rendang bukan hanya digemari oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga masyarakat dari berbagai negara.

Seiring berkembangnya zaman, bahan dasar untuk membuat rendang tidak hanya terbatas pada daging sapi. Kini rendang juga dapat menggunakan aneka bahan dasar, seperti daging ayam, hati sapi, paru, telur bebek, dan ikan tongkol.

Contoh Teks Deskrispi tentang Public Figure

 

Agnes Monica

 Agnes Monica adalah seorang penyanyi dan aktris ternama yang berasal dari Indonesia. Penyanyi yang lahir di Jakarta pada tanggal 1 Juli 1986 ini bernama asli Agnes Monica Muljoto.

Agnes Monica atau yang akrab dipanggil dengan Agnez Mo ini telah memulai karirnya di jagat hiburan ketika ia masih berusia enam tahun. Pada saat itu, ia mulai menapaki dunia hiburan melalui seni tarik suara.

Kemampuan Agnes Monica ketika menjadi penyanyi cilik sudah tidak perlu diragukan lagi. Tak tanggung-tanggung, Agnes telah berhasil mengeluarkan tiga album selama menjadi penyanyi cilik.

Ia juga berhasil menjadi seorang pemandu acara musik anak-anak ketika usianya masih sangat belia.

Penyanyi berdarah Tionghoa ini menelurkan album pertamanya sebagai seorang penyanyi dewasa pada tahun 2003. Album tersebut bertajuk And the Story Goes.

Album ini menuai sukses di kancah musik Indonesia, sehingga Agnes memiliki impian untuk melebarkan kesuksesannya di kancah musik internasional.

Impian Agnes untuk berkiprah di dunia hiburan internasional pun mulai menemui titik terang. Pada tahun 2005, ia merilis sebuah album bertajuk Whaddup A..? yang salah satu lagunya merupakan hasil kolaborasi bersama penyanyi Amerika Keith Martin.

Berkat kepiawaiannya dalam bernyanyi dan didukung dengan performa panggung yang prima, Agnes Monica berhasil memenangkan penghargaan pada ajang Asia Song Festival di Seoul, Korea Selatan, selama dua tahun berturut-turut, yaitu pada tahun 2008 dan 2009.

Selain menjadi seorang penyanyi, Agnes juga terlibat dalam produksi album. Ia berperan sebagai produser sekaligus penulis lagu. Agnes juga dipilih menjadi salah satu juri dari ajang pencarian bakat, Indonesian Idol, pada tahun 2010.

Melihat begitu banyaknya penghargaan yang ia terima dan berbagai peran yang ia geluti dalam dunia hiburan, tak heran jika Agnes Monica dijuluki sebagai seorang artis multitalenta.

 

Contoh Teks Deskripsi tentang Tanaman 

contoh deskripsi bunga mawar
sumber : blogspot.com

Mawar

Bunga mawar merupakan salah satu tanaman hias yang banyak digemari oleh masyarakat. Warnanya yang indah serta aromanya yang harum membuat bunga ini menjadi tanaman primadona yang seringkali diartikan sebagai lambang cinta.

Bunga mawar merupakan salah satu jenis tanaman semak yang berasal dari genus rosa. Bunga mawar pada umumnya memiliki duri yang berbentuk seperti pengait yang fungsinya sebagai pegangan ketika memanjat pada tumbuhan yang lain.

Selain tumbuh dengan cara memanjat pada tumbuhan lain, bunga mawar juga dapat tumbuh dengan cara memanjat pada tiang atau pagar. Tingginya dapat mencapai 2 hingga 5 meter. Bahkan, beberapa tanaman mawar yang liar dapat tumbuh mencapai 20 meter.

Sebagian besar masyarakat hanya mengenal bunga mawar merah yang identik dengan lambang kasih sayang. Akan tetapi, masih banyak jenis dan warna dari bunga mawar lainnya.

Bunga mawar bisa saja memiliki warna merah, merah jambu, putih, dan kuning. Setiap warna pada bunga mawar memiliki arti filosofis tersendiri.

Bunga mawar yang berwarna merah jambu dilambangkan sebagai ungkapan terima kasih. Mawar ini juga biasa digunakan untuk mengungkapkan rasa kagum terhadap seseorang.

Mawar merah merupakan lambang dari cinta sejati, sedangkan mawar putih merupakan lambang persatuan dan perdamaian. Mawar kuning merupakan lambang dari rasa suka cita.


Nah, sekarang Anda telah mengetahui struktur dan contoh teks deskripsi. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda akan dapat membuat teks deskripsi yang jauh lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *