15+ Sumber Energi Alternatif dan Contohnya, TERLENGKAP!!

Sumber Energi Alternatif – Bagi seluruh makhluk hidup, energi memiliki peranan penting untuk keberlangsungan kehidupan. Menonton televisi, mengisi daya ponsel, mengendarai motor, dan banyak hal lain membutuhkan energi. Tanpa energi, segala aktivitas manusia tak akan berjalan.

Namun, tahukah Anda? Energi yang digunakan selama ini, ternyata ketersediaannya terbatas, lho. Ya, suatu saat, energi yang selama ini Anda gunakan akan habis.

Pasalnya, energi yang selama ini digunakan hampir semuanya berasal dari fosil makhluk hidup ratusan, ribuan, bahkan jutaan tahun lalu yang berada di perut Bumi.

Mengetahui kenyataan bahwa sumber energi tersebut sangatlah terbatas, sudah waktunya peradaban mencari sumber energi lain yang biasa disebut energi alternatif. Memangnya apa, sih, energi alternatif itu? Mari simak dengan jelas dan lengkap di sini.

Pengertian Energi Alternatif

pxhere.com

Energi alternatif merupakan semua energi yang bisa digunakan sebagai pengganti energi yang berasal dari fosil makhluk hidup dan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh pemanasan global akibat penggunaan bahan bakar hidrokarbon.

Manfaat Energi Alternatif

manfaat energi alternatif
thegorbalsla.com

Seperti yang Anda tahu, energi alternatif dijadikan sebagai pengganti energi utama. Nah, oleh karena itu, energi alternatif memiliki beberapa manfaat. Apa saja itu?

Yang pertama, sumber energi alternatif akan terus-menerus ada alias tidak akan habis. Bagaimana bisa? Ya, karena energi alternatif bersumber dari beberapa hal yang tidak terbatas.

Misalnya, panas bumi, cahaya matahari, biogas, dan sebagainya. Jadi, keberadaan energi alternatif bisa menghemat atau meminimalisasi penggunaan bahan bakar utama seperti minyak bumi.

Kedua, energi alternatif tidak akan menimbulkan kerusakan pada lingkungan. Mengapa? Jawabannya seperti narasi di atas. Ya, energi alternatif tidak menghasilkan limbah. Berbeda dari produksi minyak bumi yang harus mengeluarkan zat buangan.

Pernah dengar istilah flare? Nah, flare merupakan tiang tinggi yang terdapat api di bagian atasnya untuk membuang zat buangan dari minyak bumi. Tentu saja hal ini bisa mencemari lingkungan, berpengaruh pada lapisan-lapisan bumi, dan mempercepat pemanasan global.

Tidak hanya itu. Sumber energi alternatif juga menghasilkan energi yang sangat besar. Seperti energi panas yang terkandung pada matahari, misalnya. Maka, tidak salah bila panas matahari merupakan alternatif paling tepat sebagai salah satu energi pengganti dari bahan bakar utama.

Namun, bukan hanya matahari. Ada berbagai jenis sumber energi alternatif yang bisa diolah manusia dan menjadi roda penggerak kehidupan di dunia.

Macam-Macam Sumber Energi Alternatif

Macam-Macam Sumber Energi
youtube.com

Sudah disebutkan bahwa dunia memberikan manusia alternatif energi yang beragam. Namun sayangnya, di negara berkembang, keberadaannya belum digunakan secara optimal.

Jadi, sudah sepatutnya pengguna energi, termasuk Anda, membuat perubahan dan lekas bergerak sebelum energi utama benar-benar habis.

Lalu, apa saja, sih, macam-macam energi alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk keberlangsungan hidup? Ini dia.

1. Matahari

Sinar Matahari
idntimes.com

Matahari merupakan pusat tata surya yang berisi gas dan menghasilkan panas. Berbeda dengan sumber daya alam lain seperti batu bara atau minyak bumi yang sangat terbatas dan bisa habis, energi yang dihasilkan oleh matahari tidak akan habis.

Kita biasa menyebutnya tenaga surya. Barangkali beberapa produk sudah menggunakan tenaga ini. Power Bank, bahan bakar mobil, motor, dan sebagainya. Namun, jumlahnya masih sangat sedikit. Hal ini dikarenakan reaktornya yang terlampau mahal.

Oleh karena itu, masih perlu agenda yang matang untuk hal ini. Apalagi, kekurangan dari sumber ini terletak pada cuacanya. Cuaca yang berubah-ubah membuat kinerja dari sumber daya ini terhambat.

2. Panas Bumi

Panas Bumi
samudranesia.id

Energi alternatif selanjutnya adalah energi panas bumi. Ya, energi panas bumi berasal dari pengguguran radioaktif di pusat bumi yang mengakibatkan Bumi panas dari dalam. Tidak hanya itu, energi panas bumi juga berasal dari panas matahari yang menyinari bumi.

Panas bumi, sebagai sumber energi terbarukan memiliki manfaat sebagai tenaga pembangkit listrik. Apalagi, prosesnya juga mudah. Hanya dengan pipa yang langsung diletakkan dalam perut bumi, sumber panas sudah bisa dimanfaatkan.

Memang, sih, energi alternatif dari panas bumi ini membutuhkan biaya modal dan eksplorasi yang sangat tinggi dibandingkan dengan biaya dari energi yang berasal dari minyak bumi atau batu bara.

Namun, ketika semuanya sudah beroperasi dengan stabil, biaya menjadi lebih rendah daripada energi yang berasal dari fosil.

3. Angin

Angin
bumi-to-mars.blogspot.com

Energi yang dihasilkan dari angin atau yang lebih dikenal sebagai PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu) merupakan salah satu energi yang bisa digunakan dalam jangka panjang.

Energi dari angin ini begitu menarik karena bisa digunakan sebagai pembangkit listrik tanpa bahan bakar seperti minyak bumi atau batu bara.

Seperti energi alternatif lainnya, energi yang berasal dari angin juga ramah lingkungan. Mengapa? Jawabannya sudah pasti karena PLTB tidak mengeluarkan zat buangan atau limbah yang bisa mencemari lingkungan.

Cara memanfaatkan energi dari angin ini, yaitu dengan kincir angin yang disambungkan menggunakan turbin alias generator sehingga bisa menghasilkan pembangkit listrik yang bisa menjadi sumber energi.

4. Gas Alam

Gas Alam
pxhere.com

Gas alam merupakan sumber daya alam yang sudah secara masif digunakan di negara ini, bahkan di negara lain. Hal ini karena modal yang diperlukan dan proses produksinya membutuhkan biaya yang yang cukup rendah dibandingkan dengan energi alternatif lain.

Ya, segala kebutuhan yang manusia lakukan kini semua menggunakan listrik. Listrik tersebut tentu saja berasal dari salah satunya tenaga gas alam sebagai penyumbang besar bagi keberlangsungan kehidupan.

Sebenarnya, gas alam bisa diperbarui. Namun, waktu yang diperlukan sangatlah lama, yakni sekitar ribuan sampai ratusan ribu tahun.

5. Hidrogen

energi hidrogen
janaloka.com

Energi alternatif selanjutnya adalah energi hidrogen. Dalam beberapa hal, hidrogen merupakan energi yang sangat sempurna karena selain tidak akan habis dalam waktu lama, hidrogen juga ramah lingkungan. Energi hidrogen juga bukan merupakan penyebab gas rumah kaca.

Jumlah energi yang berasal dari hidrogen sangatlah melimpah, berdaya guna, dan tidak mengeluarkan panas ketika digunakan. Hal ini tentu saja harus dijadikan sebagai pertimbangan dalam mengganti sumber energi yang berasal dari fosil.

Apalagi, selama ini sebagian negara di dunia, termasuk Indonesia, masih bergantung pada gas bumi yang jumlahnya semakin lama semakin sedikit.

6. Hydro power

Hydro power
indonesiare.co.id

Hydro power merupakan teknologi yang mengubah air menjadi energi listrik. Salah satu alat hydro power yang berjalan di Indonesia, yaitu PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

Cara kerja dari pembangkit listrik tenaga air alias hydro power adalah dengan cara mengalirkan arus air yang memutarkan turbin sehingga menghasilkan energi listrik yang bisa disalurkan ke rumah-rumah warga.

Meskipun PLTA sudah dijalankan di negara Indonesia, tetapi penggunaannya masih sangat sedikit dibandingkan dengan pembangkit listrik yang berasal dari energi lain, seperti gas alam, minyak bumi, batu bara, dan sebagainya.

Para pengelola lebih suka menggunakan bahan bakar fosil untuk menggerakkan generator yang nantinya akan menghasilkan listrik daripada energi yang berasal dari ragam hayati.

Padahal, sebenarnya energi alternatif juga tidak kalah bermanfaat, lho, bahkan memiliki lebih banyak sisi positif. Apalagi, Anda tidak perlu khawatir energi tersebut habis karena energi alternatif memiliki sifat terbarukan.

7. Biomassa

Biomassa
natuurpunt.be

Tanaman bisa disulap menjadi sumber energi? Jawabannya adalah ya, bisa. Kemajuan teknologi membuat pengetahuan manusia pun berkembang. Semakin banyak inovasi-inovasi yang ditemukan oleh manusia seiring berjalannya waktu.

Dan ya, kini telah ditemukan energi alternatif yang bisa membantu memenuhi keperluan manusia. Adalah energi biomassa yang merupakan bahan bakar yang dihasilkan dari materi alami, baik itu tanaman maupun hewan atau mikroorganisme.

Materi alami tersebut digunakan untuk menggerakkan generator sehingga menghasilkan pembangkit listrik. Menarik, bukan?

8. Biofuel

Biofuel
Biofuel

Energi alternatif selanjutnya, yaitu biofuel. Sebenarnya, biofuel juga sama dengan biomassa. Keduanya sama-sama dari materi alami.

Namun, biofuel lebih spesifik karena energinya dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan atau nabati saja. Banyak orang yang menganggap bahwa energi yang dihasilkan dari biofuel amat sempurna karena sama sekali tidak mencemari lingkungan.

Selain itu, biofuel juga merupakan energi yang bisa diperbaharui sehingga Anda tidak perlu takut suatu saat energi ini habis.

9. Biodiesel

Biodiesel merupakan energi biologi yang dihasilkan dari minyak nabati. Sumber energi ini tentu saja sangat cocok digunakan sebagai penghemat energi utama di negara Indonesia.

Mengapa? Karena minyak nabati sangat banyak dijumpai di negara ini. Minyak nabati tersebut berasal dari tumbuh-tumbuhan yang familier, seperti kelapa, kelapa sawit, kacang tanah, kemiri, dan sebagainya.

10. Gelombang Laut

Gelombang Laut
pixnio.com

Bukan hanya matahari, tanaman, atau hewan yang bisa dijadikan sebagai sumber energi, tetapi pasang-surut air laut juga bisa. Nah, gelombang laut ini juga bisa menjadi sumber energi yang dapat diperbaharui.

11. Etanol

Energi dari Etanol
enero.co.id

Energi alternatif yang bisa dijadikan sebagai pengganti energi utama selanjutnya adalah etanol. Etanol sendiri merupakan energi yang bisa dihasilkan dari fermentasi berbagai tumbuhan tertentu, seperti tebu, gandum, jagung dan sebagainya.

Beberapa negara seperti Brazil pun sudah menggunakan sumber energi dari etanol secara masif, sehingga energi utama bisa dioptimalkan penghematannya.

Konsep ini seharusnya bisa ditiru oleh beberapa negara berkembang seperti Indonesia. Apalagi bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan di Indonesia.

12. Metanol

Menggunakan metanol sebagai sumber energi alternatif merupakan pilihan yang tepat karena bisa mengurangi adanya efek gas rumah kaca.

Metanol merupakan sumber energi yang berasal dari limbah pertanian. Tentu saja dengan menggunakan sumber energi dari metanol, limbah organik yang berbahaya bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

13. Energi Nuklir

Energi Nuklir
enformable.com

Energi nuklir sebenarnya hampir sama dengan energi uap, yaitu memberikan tekanan tinggi pada uap sehingga bisa memutar turbin. Nah, perputaran turbin tersebut akan menghasilkan energi listrik yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan.

14. Piezoelektrik

Piezoelektrik bisa menghasilkan arus listrik yang bertegangan tinggi, sehingga energi ini bisa digunakan sebagai pembangkit listrik pengganti energi utama.

15. Energi Tidal

Walaupun energi tidal alias pasang-surut ini tidak seterkenal energi yang dihasilkan dari matahari atau pun energi alternatif lainnya, tetapi energi tidal memiliki suatu keunggulan, yakni lebih bisa diprediksi daripada energi alternatif lain.

Jadi, menggunakan energi tidal sebagai pembangkit listrik merupakan pilihan yang tepat.

Dampak Penggunaan Energi Alternatif

Dampak Energi Alternatif
icare-indonesia.org

Energi alternatif memiliki segudang keunggulan. Namun, energi alternatif juga memiliki keterbatasan. Nah, keterbatasan itu di antaranya sebagai berikut.

  1. Biaya modal tinggi
  2. Belum sepenuhnya efisien
  3. Tergantung pada faktor-faktor alami

Nah, itulah pembahasan tentang energi alternatif. Pemahaman yang kuat dan penelitian lebih lanjut terkait energi ini sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia serta pelestarian Bumi. Bagaimana? Tertarikkah Anda untuk mempelajari hal ini lebih dalam?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like