13+ Makna, Filosofi dan Arti Warna Terpopuler (Biru, Hijau, Putih, Ungu, Kuning, Hitam, Emas dll)

Arti Warna

Arti Warna – Warna merupakan pigmen yang memiliki ciri khas yang apabila disinari akan memantulkan sifat tersebut dan mewakili dirinya.

Warna adalah suatu unsur seni rupa paling menonjol dan sangat penting karena diakui sebagai salah satu wujud keindahan yang bisa diserap oleh mata manusia.

Meskipun semua orang sudah mengerti tentang warna dan beragam jenisnya, tak banyak yang mengetahui arti yang terkandung di dalamnya. Artikel berikut akan menjelaskan arti warna sesuai dengan jenisnya.

Arti Warna Merah

warna merah

Salah satu warna yang digunakan dalam bendera Indonesia adalah merah. Warna merah memiliki arti pemberani, kuat, terdepan, bersifat menaklukkan, ekspansif (meluas), dominan (berkuasa), panas membara, aktif, peringatan, penyerangan, antusias, semangat, bahkan cinta.

Apabila berhubungan dengan karakter, atau kepribadian seseorang, merah bisa diartikan memiliki sifat berani, ambisius, agresif, dan tepat untuk dijadikan pemimpin.

Selain pengaruh pada psikologis, ternyata warna ini juga bisa menggambarkan reaksi fisik terkuat dari diri sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa menatap warna merah akan berakibat meningkatnya detak jantung serta bisa bernapas dengan cepat.

Arti Warna Kuning

Arti Warna Kuning
pxhere.com

Kuning mengandung arti ceria, hati-hati, optimis, semangat, dan berjiwa muda. Secara psikologis, makna warna kuning memperlihatkan kebahagiaan, menyolok, dan cenderung ekstrover.

Bisa juga diartikan seseorang yang menyukai warna ini ingin tampil atau butuh perhatian dari orang lain. Anda yang menyukai warna kuning biasanya lebih bijaksana dan cerdas. Dari sisi akademis, ia lebih kreatif dan pandai menciptakan ide yang orisinal.

Pengaruhnya secara psikologis, warna kuning dipercaya akan menambah konsentrasi. Itulah mengapa post it atau kertas legal menggunakan warna ini. Selain itu, kuning juga melambangkan persahabatan.

Arti Warna Hijau

Arti Warna Hijau
gordyafri.blogspot.com

Hijau identik dengan warna alam yang mampu memberikan suasana tenang serta santai. Warna ini juga bisa membangkitkan ketenangan untuk mengumpulkan energi baru.

Hijau adalah warna elegan, menyembuhkan, dan menimbulkan perasaan empati terhadap orang lain. Namun, dampaknya bisa meninggalkan kesan perasaan yang terperangkap.

Dalam bentuk kepribadian, hijau memiliki sifat tenang, berpikiran dewasa, dan sopan. Hijau memiliki sifat keseimbangan dan selaras. Orang dengan tipe ini selalu bisa menjadi penengah dalam setiap perbedaan. Selain itu, ia juga menghindari hal-hal yang berbau konflik.

Dalam seni design, warna hijau memiliki arti tersendiri karena memberi kesan segar dan membumi, terlebih jika dikombinasikan dengan warna cokelat gelap, seperti tumbuhan dan tanah.

Arti Warna Biru

Arti Warna Biru
rekomendasiflorist.blogspot.com

Biru merupakan warna laut dan langit. Meski langit kelabu dan akan turun hujan, di atas awan-awan itu warna langit tetaplah biru.

Karena citranya tidak bisa lepas dari elemen air dan udara, warna biru ini diasosiasikan dengan alam, melambangkan keharmonisan dan memberi kesan lapang.

Warna biru disebut sebagai warna corporate dalam dunia bisnis. Perhatikan saja warna lambang-lambang perusahaan, mayoritas menggunakan warna biru. Hal tersebut dikarenakan biru memberi kesan profesional dan kepercayaan.

Dalam dunia psikologis, warna biru melambangkan kepribadian yang melankolis, menyukai tantangan, ramah, dan suka ketenangan.

Warna biru terkesan mendalam, sifat yang tak terhingga seperti samudra hingga transenden. Memberikan efek menenangkan, warna biru diyakini mampu mengatasi insomnia, kecemasan, tekanan darah tinggi, dan migrain.

Arti Warna Hitam

Arti Warna Hitam

Warna tertua ini mengandung makna gelap dan juga emosi pada seseorang. Namun, warna ini elegan karena selalu cocok dikombinasikan dengan warna apa pun.

Dalam kepribadian, warna hitam memiliki makna mencerminkan keberanian, ketenangan, mendominasi, kekuatan, keteguhan hati, dan lebih menyukai yang alami daripada yang palsu.

Jika seseorang menyukai warna hitam, ia termasuk pribadi yang tidak acuh dan tak peduli dengan omongan orang lain.

Warna ini sering sekali digunakan dalam komik sebagai simbol dari penjahat. Walau demikian, hitam memiliki sisi unik yang lain. Hitam terkenal klasik, abadi, dan secara universal sebagai warna yang melangsingkan.

Arti Warna Putih

arti warna putih
1freewallpapers.com

Selain merah, bendera Indonesia juga mengandung warna putih yang berarti kesucian, besih, dan melambangkan cahaya nan terang.

Warna putih diartikan sebagai kepolosan, memberikan ketenteraman, kenyamanan, dan mudah refleksi. Hal negatif jika menggunakan warna ini secara berlebihan adalah akan menimbulkan kesan dingin, steril, kaku, dan terisolasi.

Putih sebagai warna murni dan tidak menggunakan campuran apa pun. Seseorang yang menyukai warna ini merupakan pribadi yang baik, polos, sopan, dan santun.

Arti Warna Oranye

Arti Warna Oranye
babypinkgirlsweet.blogspot.com

Warna oranye merupakan perpaduan dari warna merah dan kuning. Seseorang yang menyukai warna kuning dan oranye biasanya memperingati sebuah kenangan manis.

Seperti warna matahari terbenam, oranye meninggalkan kesan tenang dan kehangatan sebuah hubungan.

Jika berhubungan dengan kepribadian, seseorang yang menyukai sifat ini biasanya hangat, bersemangat, suka petualangan, optimis, percaya diri, dan hebat dalam kemampuannya bersosialisasi.

Namun, apabila warna ini digunakan secara berlebihan, justru akan menimbulkan kesan hiperaktif.

Arti Warna Ungu

Arti Warna Ungu
tokopedia.net

Sejak zaman dahulu, warna ini terkait dengan suasana kerajaan. Warna ini tersambung dengan pikiran dan imajinasi seseorang. Ungu berarti mewah dan penuh keagungan serta kebijaksanaan.

Jika dikaitkan dengan emosi atau kepribadian, ungu bisa diartikan seseorang yang setia, senang belajar hal-hal baru, sedikit misterius, romantis, dan penuh kepuasan.

Warna ungu menimbulkan kesan spiritual yang magis, mistis, misterius, dan mampu menarik perhatian orang.

Selain itu, warna ungu juga terkesan sensual, feminin, antik, anggun, dan hangat. Ungu yang gelap akan memancarkan kekuatan intuisi, fantasi, imaginasi, kreatif, sensitif, dan obsesif.

Arti Warna Cokelat

Arti Warna Cokelat
bukalapak.com

Cokelat adalah salah satu warna yang mengandung unsur bumi. Warna ini melambangkan sebuah fondasi dan kekuatan hidup. Kelebihan warna ini adalah terkesan modern, canggih, dan mahal karenan kedekatannya dengan warna emas.

Dalam dunia design, rumah-rumah yang menggunakan warna cokelat akan memberi kesan ketenangan jiwa tersendiri bagi pemiliknya.

Secara psikologis, warna cokelat akan memberi kesan kuat, dapat diandalkan, dan hangat. Namun, warna ini tidak baik sebagai simbol hubungan, karena terkesan kotor dan tidak ada kejujuran.

Arti Warna Merah Muda

Arti Warna Merah Muda
idseducation.com

Perpaduan warna merah dan putih yang menghasilkan pink, atau merah muda, ini identik sekali dengan wanita: menarik dan cantik.

Warna ini terkesan hangat, emosional, namun juga menenangkan. Kebanyakan orang mengartikan warna ini sebagai lambang cinta dan perasaan kasih sayang. Namun, ada juga sebagian yang menganggap kekanak-kanakan.

Seseorang yang menyukai warna ini biasanya romantis, manja, tetapi suka membantu orang lain. Auranya yang kuat menimbulkan kesan feminin, kelembutan, dan peduli.

Arti Warna Tosca

Arti Warna Tosca
tokopedia.com

Tosca adalah perpaduan warna antara hijau dan biru. Namun, dalam meningkatkan kepercayaan diri, tosca justru akan menjadi negatif jika digunakan terlalu banyak.

Warna tosca dipercaya dapat memberikan ketenangan saat sedang stres, kelelahan, atau dihinggapi kesepian.

Warna ini mengandung arti keseimbangan, emosional, stabilitas, ketenangan, juga kesabaran. Seseorang yang menyukai warna ini biasanya bekerja sebagai pembicara atau yang bekerja multi tasking.

Arti Warna Abu-Abu

Arti Warna Abu-Abu
diedit.com

Abu-abu adalah perpaduan antara putih dan hitam. Oleh karena itu, tidak ada sifat atau kehidupan yang spesifik. Warna ini bersifat netral dan samar.

Dalam kepribadian, abu-abu memiliki makna positif: modern, cerdas, kokoh, intelektual, keanggunan, kesederhanaan, kuat, rasa hormat, kestabilan, ketajaman, emosi kuat, keseimbangan, dan formalitas.

Meskipun mengandung banyak unsur positif, warna ini juga memiliki makna negatif, di antaranya: kesedihan, bosan, ketinggalan zaman, meluruh, debu, polusi, emosi, kebodohan, perkabungan, dan murah.

Arti Warna Emas

Arti Warna Emas
karousell.com

Emas merupakan logam mulia yang bernilai tinggi, sehingga wajar jika warna yang dikaitkan dengannya bersifat kemuliaan, mahal, mewah, dan berjaya.

Seperti matahari, emas terkesan optimis yang menuntun seseorang untuk berpikir positif. Warna emas memberikan kehangatan yang memengaruhi sekitarnya.

Sama halnya dengan ungu, warna emas sering dikaitkan dengan kerajaan karena menimbulkan kesan kemuliaan dan kejayaan.

Aura negatif yang ditimbulkan jika menggunakan warna emas yang berlebihan justru akan menimbulkan kesan egois, munafik, dan oportunis terhadap kekuasaan.

Seseorang yang berada di bawah pengaruh negatif warna emas akan menjadi pribadi yang tidak mudah percaya kepada orang lain.

Tidak hanya itu, biasanya seseorang juga akan menjadi takut gagal serta takut tidak bisa sukses atau menjadi kaya.

Oleh sebab itu, emas tidak hanya sekadar warna. Dalam kehidupan nyata, seseorang yang memiliki emas banyak, tetapi tidak diikuti rasa syukur, akan berakibat pada kehancuran bagi dirinya sendiri.


Itulah arti dari beberapa jenis warna. Semoga artikel arti warna ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *