PENGERTIAN KOMPUTER : Fungsi, Sejarah, Komponen & Gambar Komputer

Pengertian Komputer – Jika menyebut kata komputer, tentu saja yang terlintas adalah mesin-mesin canggih yang diciptakan manusia untuk melakukan segala hal yang berbau digital. Dahulu, sebelum ada zaman yang super canggih seperti sekarang ini, komputer hanya digunakan sebagai mesin penghitung.

Namun, apakah Anda tahu bahwa dahulunya komputer diciptakan hanya untuk mengolah angka? Separangkat alat lainnya juga digunakan untuk hal-hal yang menyangkut dengan aritmetika. Nah, untuk lebih jelasnya, simak beberapa info di bawah ini, ya.

Pengertian Komputer

Bagi sebagian orang yang berkerja pada institusi atau perusahaan, pastinya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan komputer dalam menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan data. Pasalnya, komputer merupakan alat yang digunakan untuk mengolah dan mengatur data.

Komputer sendiri dalam mengolah data tidak sembarangan, karena semua yang ada di dalamnya memiliki sebuah prosedur yang telah dirumuskan. Sehingga, komputer sering kali digunakan sebagai mesin hitung. Namun kini, komputer tak hanya digunakan untuk menghitung.

Fungsi Komputer

Melihat dari beberapa fungsinya, komputer merupakan satu kesatuan yang tidak berfungsi apabila salah satu dari komponennya mengalami kerusakan atau kegagalan fungsi. Hal ini membuat komputer harus memiliki komponen yang lengkap dalam menjalankan tugasnya.  Seperti beberapa fungsi di bawah ini.

1. Input device

Input device

Sebagai mesin yang digunakan untuk mengolah data, komputer memiliki fungsi masukan atau yang sering disebut sebagai input device. Input device ini berfungsi untuk memasukkan data ke dalam sistem yang kemudian akan diproses.

Bagian-bagian dari input device, yakni mouse, keyboard, scanner, joystick, dan touchpad. Mouse digunakan untuk menjalankan sebuah perintah seperti klik kiri atau klik kanan, dan di bagian tengahnya juga berfungsi untuk alat penggerak yang menentukan arah kursor dalam pointer.

Sementara itu, keyboard atau papan ketik digunakan sebagai alat untuk mengetik data dan tentu saja digunakan untuk menampilkan angka, huruf, dan simbol yang nantinya akan muncul di layar monitor.

Scanner, joystick, dan touchpad juga menjadi komponen penting dari perangkat masukan ini. Scanner digunakan untuk memindai beberapa benda seperti data dokumen yang kemudian diubah menjadi  file yang berbentuk digital. File digital ini yang nantinya akan disimpan di dalam komputer.

Joystick merupakan alat yang digunakan untuk mengatur jalannya objek sesuai keinginan penggeraknya. Joystick biasanya digunakan dalam memainkan games karena berfungsi sebagai penggerak. Terakhir, ada touchpad atau touchscreen, komponen ini digunakan sebagai alat pengganti mouse.

2. Process device

Seperti namanya, process device merupakan alat yang digunakan untuk memproses, membaca, dan mengolah data dari input device yang kemudian menghasilkan informasi ke peralatan output. Process device juga memiliki komponen-komponen penting untuk mendukung sistem kerjanya.

Ada yang dinamakan dengan papan sirkuit atau motherboard, CPU, RAM, kartu VGA, power supply dan juga chipset. Masing-masing dari komponen ini memiliki peranannya tersendiri. Seperti motherboard yang berfungsi untuk menghubungkan seluruh komponen yang ada di komputer.

CPU berfungsi untuk memproses perintah dengan sistem aritmetika terhadap data. CPU mengambil memori dari yang telah masuk di perangkat-perangkat keras lainnya. RAM sendiri berfungsi untuk menyimpan data secara sementara, RAM juga mampu menyuplai data menjadi sebuah informasi.

VGA card adalah sebuah sistem yang berfungsi ini menampilkan grafis pada monitor dengan menerjemahkan sinyal-sinyal digital yang ada. Sementara itu, power supply digunakan untuk menyuplai dan mengubah arus listrik yang berlawanan arah menjadi satu arah.

Yang terakhir, ada chipset. Jika belum mengetahuinya, chipset adalah sistem yang menjembatani arus data seperti soket, slot, konektor, dan juga komponen lainnya. Dengan ini, semua komponen dapat terhubung secara maksimal.

3. Output Device

Dari namanya saja, Anda pasti sudah tahu bahwa output device ini adalah sistem yang menghasilkan keluaran pada perangkat komputer. Keluaran yang dihasilkan ini bisa berupa tampilan secara visual, suara, atau pun tampilan cetak. Ada beberapa komponen yang membantu output device ini.

Komponen pertama, yakni monitor. Monitor menjadi bagian terpenting dalam perangkat komputer. Karena dengan adanya monitor, Anda bisa melihat output seperti gambar atau video yang dihasilkan oleh komputer ini.

Kemudian, ada speaker dan sound card. Speaker dan sound card di sini juga merupakan sebuah keluaran. Speaker ini yang menghasilkan suara dari sebuah input pada komputer, sound card juga bisa digunakan untuk merekam.

Kini, ukuran speaker yang ada sudah sangat beragam, dan yang paling popular adalah speaker yang disambungkan melalui koneksi bluetooth. Output device berbentuk speaker ini menjadi yang paling sering dibutuhkan di dunia pendidikan.

Selain speaker, ada juga keluaran yang berbentuk cetakan. Tentu saja komponennya adalah printer. Dengan printer, Anda bisa mencetak sesuatu dengan media kertas dan sebagainya. Dengan printer, Anda bisa lebih mudah melihat tulisan, angka, atau gambar yang ada pada monitor menjadi benda nyata.

4. Storage Device

Storage Device

Storage device ini merupakan perangkat yang berfungsi untuk menyimpan semua data-data hasil dari pemrosesan yang dilakukan di process device. Komponen yang ada pada storage device ini, di antaranya flash disk, hard disk, CD/DVD, dan juga floppy disk.

Semua perangkat penyimpanan ini memiliki fungsi yang hampir sama, yakni menyimpan data. Bedanya adalah ukuran data yang bisa disimpan dan kefleksibelan membawanya. Hard disk berfungsi sebagai penyimpanan permanen dari semua data ke dalam sektor pada disk itu sendiri.

Flash disk merupakan alat penyimpanan data yang paling banyak digunakan karena dapat menyimpan data dalam jumlah yang besar dan tentunya sangat mudah untuk di bawa kemana-mana. CD/DVD juga memiliki fungsi yang sama, hanya saja bentuknya yang berbeda, CD/DVD ini berbentuk seperti piringan.

Terakhir, ada yang namanya floppy disk. Floppy disk ini sekarang sudah sangat jarang digunakan karena sudah tergantikan oleh flash disk. Alasannya adalah flash disk memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar, namun ukuran fisiknya lebih kecil sehingga lebih mudah dibawa.

Saat sistem operasi komputer masih menggunakan DOS dan lotus123, floppy disk sangat populer digunakan pada komputer lama.

Sejarah Komputer

Sejarah Komputer

Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage. Charles Babbage dijuluki sebagai Bapak Komputer. Ia dikenal dunia karena prestasinya, yakni menjadi salah satu yang menemukan komputer dalam sejarah.

Sejarah komputer memiliki tiga generasi sampai pada akhirnya ada di zaman modern saat ini. Penemuan komputer ditujukan untuk menjadi mesin penghitung nomor satu, dan karena itulah komputer sangat populer.

Dalam sejarah, penemuan yang dilakukan oleh Charles ini menjadi penemuan yang paling bersejarah dan sangat terkenal saat itu.

Namun, pada tahun 1943, komputer generasi pertama yang diberi nama ENIAC (Electronic Numberic Integrator and Calculator) ini sudah digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan umum. Sebenarnya, dari tahun 1942, ENIAC sudah dirancang, namun masa pengerjaannya mulai tahun 1943.

Dahulu, program ENIAC ini berukuran cukup besar. Membutuhkan setidaknya 18.000 tabung yang hampa udara dan sekitar 75.000 relay beserta saklar. Dengan komponen yang besar ini, program ENIAC membutuhkan ruangan yang harus cukup menampung semua peralatannya, yaitu sebesar 500m2.

Pada saat pertengahan tahun 1940, ilmuwan bernama John Von Neuman membangun sebuah konsep untuk mendesain komputer. Desain ini masih dipakai dalam waktu empat puluh tahun mendatang dan juga digunakan untuk merakit komputer.

Lima tahun setelahnya, yakni pada tahun 1945, Neuman juga membuat seperangkat memori yang dapat digunakan untuk menampung atau menyimpan berbagai data. Desain memori ini disebut dengan EDVAC. Ciri dari komputer pertama ini adalah CPU yang di desain untuk mengoperasikan satu tugas.

Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Perkembangan Komputer

Bicara tentang perkembangan komputer, Anda bisa melihatnya mulai dari sepuluh tahun terakhir. Perkembangan teknologi yang begitu cepat dan pesat membuat komputer menjadi salah satu dari teknologi yang paling sering digunakan dan selalu berada di sisi kehidupan manusia.

Komputer pertama kali ditemukan di era tahun 1941–1952. Pada awal kemunculannya ini, komputer masih digunakan hanya untuk keperluan hitung menghitung. Seperti pada saat peperangan, komputer dimanfaatkan untuk menghitung sistematika dari pengendalian pesawat dan peluru.

Kemudian, setelah berakhirnya Perang Dunia II, komputer mulai digunakan untuk keperluan sehari-hari. Sehingga, perkembangannya cukup maju saat itu. Penemuan yang ada adalah kalkulator elektronik yang ditemukan oleh Howard Aiken, yang kemudian digunakan untuk kebutuhan penghitungan harian.

Pada tahun 1953–1958, komputer generasi kedua telah ditemukan. Komputer pada generasi kedua memiliki ukuran yang lebih kecil dari komputer generasi pertama. Jika pada generasi pertama membutuhkan energi yang sangat besar, pada generasi ini komputer lebih hemat energi.

Namun, pada saat itu, komputer hanya bisa dirasakan oleh golongan tertentu saja, karena jumlahnya sangat terbatas dan hanya pada super komputernya saja. Komputer juga masih diproduksi dengan sangat eksklusif dan dalam jumlah yang kecil.  Sehingga, tak semua bisa merasakan adanya komputer.

Yang sangat menarik adalah pada masa ini sudah ditemukan yang namanya bahasa pemrograman sehingga kemajuan komputer berkembang menjadi lebih baik. Hal tersebut menjadikan ini sebagai peningkatan yang cukup mengagumkan dalam bidang teknologi.

Komputer generasi ke-3 terjadi pada tahun 1959–1970. Pada generasi ketiga ini, komputer-komputer yang diciptakan sudah memiliki ukuran kecil dan hampir mirip dengan yang ada saat ini. Pada generasi ketiga ini, komputer datang dengan membawa sistem IC yang berfungsi untuk menekan suhu panas.

Tak hanya itu, di generasi ketiga ini pula diluncurkan sebuah sistem operasi yang membuat manusia bisa melakukan dua pekerjaan dalam satu waktu. Generasi komputer pada masa ini sudah sangat canggih dan modern. Mulai dari desain dan kemampuannya dalam mengolah data, semua sangat luar biasa.

Kini, komputer hadir dengan ukuran yang kecil dan tipis. Tak hanya itu saja, bahan yang digunakan pun kini telah berbeda dari generasi-generasi sebelumnya. Tampilan layar monitor yang jelas membuat komputer menjadi bagian terpenting dalam suatu perusahaan atau universitas.

Sekarang komputer sudah mengalami kemajuan yang sangat drastis. Komputer telah dilengkapi dengan artificial intelligent yang membuatnya bisa terlihat seperti manusia dalam bersikap. Tidak hanya itu, komputer juga telah diperbarui dengan kemampuannya untuk menganalisa apa saja, seperti cuaca, bencana alam, dan lain-lain.

Komputer memang memiliki perkembangan yang cukup signifikan di setiap generasinya. Mulai dari ukuran yang sangat besar hingga komputer yang bisa dibawa ke mana-mana karena sangat minimalis. Komputer juga semakin dapat menghemat energi karena sistem-sistem canggih yang ada.


Begitulah informasi lengkap mengenai komputer, yang kehadirannya saat ini tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Dengan komputer, segela pekerjaan bisa diselesaikan dengan mudah. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *