√ PETA DUNIA HD : Lengkap Dengan Nama Negara dan Benua (Ukuran Besar)

Peta Dunia – Apakah yang pertama kali ada di benak Anda saat mendengar kata dunia? Negara? Benua? Lautan? Atau manusia? Ya! mungkin itulah yang akan terlintas ketika mendengar kata dunia. Namun, sudah berapa dalamkah Anda mengenal dunia? 

Sering kita mendengar pepatah “dunia begitu sempit” apakah demikian? Tentu saja tidak, itu hanyalah sebuah perumpaan yang sering digunakan untuk menggambarkan keadaan, bahwa ternyata banyak orang yang telah kita kenal.

Faktanya, dunia begitu luas yang terdiri dari benua-benua dan negara-negara besar di dalamnya. Sering kali kita melihat luasnya dunia melalui peta dunia. Bukan begitu? Nah, pada artikel kali ini akan diberikan beberapa informasi yang berhubungan dengan dunia. Simaklah penjelasan di bawah ini!

PETA DUNIA HD

altovart.blogspot.com
ashwyusa.com
mapsofworld.com

PETA BUTA DUNIA

PETA HITAM PUTIH DUNIA

ilyasprakananda.files.wordpress.com

Benua-Benua Di Dunia

benua dunia
Ilmupengetahuan.id

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kata Benua. Apakah pengertian benua yang sebenarnya? Pengertian benua adalah wilayah dataran yang sangat luas di permukaan bumi. Di dalam benua inilah terdapat kumpulan negara-negara dengan jumlah penduduk yang beragam.

Ada 7 benua yang tersebar di seluruh dunia. Setiap benua tentu mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Apasajakah ke-7 benua tersebut? Simaklah penjelasan di bawah ini !

Baca juga : Peta Pulau Jawa

1. Benua Asia

benua asia
TeachMeSoft.com

Di manakah letak benua Asia ini? Ya! jika dilihat dari letak astronomisnya Benua Asia terletak di 26º BT – 170º BT dan 11º LS – 80º LU. Benua ini dikelilingi oleh samudra-samudra besar sebagai batas wilayahnya.

Asia adalah benua terbesar di dunia. Benua Asia mempunyai luas hingga mencapai 43.820.000 km persegi. Di dalam benua Asia tersendiri dibagi menjadi 5 bagian yaitu: Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Barat dan Asia Selatan.

Sebagai benua terbesar di dunia, Asia memiliki jumlah populasi manusia hingga 4.164.252.000 jiwa. Jumlah yang fantastis buka? Nah, jumlah populasi manusia tersebut merupakan 60% dari seluruh populasi di dunia. Maka, tidak heran jika Benua Asia dinobatkan sebagai benua terbesar di dunia.

Namun sayangnya dengan padatnya populasi tersebut, menjadi salah satu faktor Benua Asia belum dikatakan sebagai benua yang maju. Hal tersebut dilihat dari pendapatan perkapita yang hanya mencapai $ 4.290, angka ini tentu terlampaui jauh dari rata-rata dunia yang mencapai $ 7.160.

.2. Benua Afrika

benua afrika
YouTube.com

Benua Afrika terletak di 37º LU – 34º LS dan 17º BB – 51º BT. Berdasarkan letak astronomis tersebut membuat Afrika dilalui oleh garis khatulistiwa. Luas Benua Afrika ini mencapai 30.250.00 km persegi, sehingga membuat Afrika menjadi benua terbesar kedua setelah Asia.

Jumlah penduduk di Benua Afrika mencapai sekitar 1.020.201.229. Jumlah tersebut merupakan 15% dari total penduduk di seluruh dunia. Sementara kemampuan perkapitanya yaitu $ 2.120. Angka ini terlihat kecil dari rata-rata dunia. Itulah mengapa Afrika juga belum termasuk sebagai benua yang maju.

3. Benua Eropa

benua eropa
sekolahyahya.sch.id

Benua ini terletak di antara36º LU – 71º 30’ LU dan 11º BB – 66º BT. Faktanya, benua Eropa adalah benua terkecil kedua sebelum Australia. Luasnya sendiri hanya mencapai 10.507.630 km persegi. Sementara populasi manusia di dalamnya mencapai 738.199.000.

Jumlah tersebut sama artinya dengan 11% dari seluruh populasi di dunia dengan kepadatan penduduk mencapai 72,5 per km2. Jumlah populasi di benua Eropa terus menurun, hal ini  terlihat dari pertumbuhan penduduk yang mencapai -0,2.

Penduduk Benua Eropa terus berkurang dikarenakan angka kematian lebih tinggi dari angka kelahirannya. Faktor yang mempengaruhi angka kematian lebih tinggi tidak lain adalah penduduk usia tidak produktif lebih besar.

Baca juga : Peta Surabaya

4. Benua Amerika Utara

map amerika utara
guideoftheworld.com

Terletak antara 26º LU – 80º LU dan 68º BB – 162º BB dengan luas wilayah mencapai 24.490.000 km persegi. Populasi manusia yang ada di dalamnya kurang lebih sebanyak  542.056.000 jiwa atau setara dengan 8% total jumlah populasi dunia.

Pada Benua Amerika ini terdapat 3 negara besar yaitu Amerika Serikat, Kanada dan Mexico dan 20 negara kecil lainnya. Batas-batas dari benua Amerika ini ditandai dengan adanya Samudra yang mengapitnya.

Batas sebelah utara adalah Samudra Arktik, batas sebalah timur adalah Samudra Atlantik. Sementara batas sebelah selatan adalah Amerika Tengah dan juga Teluk Mexico, batas sebelah barat adalah Samudra Pasifik, Laut dan Selat Bering.

5. Benua Amerika Selatan

benua amerika latin
Poskupang.com

Benua Amerika Selatan mempunyai letak astronomis yaitu 16º LU –56º LU dan 34º BB – 118º BB. Wilayah tersebut adalah bagian dari Amerika Latin berbarengan dengan Amerika Tengah. Letak astronomisnya ini juga membuat Amerika Selatan dilalui garis khatulistiwa.

Penduduk benua ini bekisar 392.555.000 atau sama dengan 6% dari total seluruh populasi yang ada di dunia. Sementara untuk kepadatan penduduknya mencapai 26km persegi. Angka ini tentu lebih rendah dari rata-rata penduduk dunia yaitu 47km persegi.

6. Benua Australia

benua australia
Wikipedia.com

Astralia menjadi benua dengan luas wilayah paling kecil yaitu 9.008.500 km persegi atau dapat dikatakan 5,9% dari total semua wilayah benua di bumi. Sementara untuk jumlah populasinya berkisar sekitar 29.127.000 jiwa.

Letak astronomis Benua Australia berada di 100 42’ LS – 430 39’ LS dan 1130 10’ BT – 1530 40’ BT.Batas-batas wilayah benua Astralia sebelah utara Laut Timor dan Laut Arafuru, sebelah selatan adalah Samudra Hindia.

Sementara batas pada sebalah timur adalah Laut Tasman, Koral dan Samudra Pasifik. Terakhir batas sebelah barat adalah Samudra Hindia.

7. Benua Antartika

benua antartica
jadiberita.com

Benua yang terakhir adalah Antartika yang terletak di daratan selatan. Letak astronomisnya yaitu antara -520 LS-900 LS. Antartika ini juga termasuk benua yang memiliki wilayah luas yaitu sekitar 13.720.000 km per segi.

Benua Antartika terkenal dengan suhunya yang teramat dingin dan juga diselimuti es yang sangat tebal. Itulah mengapa jumlah populasi di sana sangat sedikit yaitu sekitar 4.500 jiwa dengan kepadatan penduduknya hanya 0,0003/persegi.

Baca juga : Profil Negara Singapura

Negara Terbesar di Dunia Menurut Luas Wilayah

peta rusia
ieee.es

Di dunia ini pastilah terdapat negara terbesar dengan wilayah yang luas dan juga populasi yang padat. Negara manakah yang masuk ke dalam kategori negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya? Simaklah penjelasan di bawah ini:

1. Rusia

Rusia menempati posisi pertama sebagai negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Negara ini memiliki luas wilayah 17,125 jt km persegi. Selain wilayahnya yang sangat luas, ternyata Rusia juga menjadi negara no 9 dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia.

2. Kanada

Setelah Rusia, negara terbesar ke-dua berdasarkan luas wilayahnya adalah Kanada. Kanada memiliki wilayah dengan luas mencapai 9,970 jt persegi. Negara yang tergolong maju ini merupakan negara paling luas di Benua Amerika Utara.

3. Republik Rakyat Cina (RRC)

RCC menempati posisi ke-3 yang merupakan negara terluas di dunia. Wilayah RRC ini mencapai 9,69 jt persegi. RRC sendiri mempunyai ibukota bernama Beijing yang memiliki populasi penduduk hingga 1,35 miliyar.

4. Brazil

Wilayah Negara Brazil mencapai 8.151.965 km persegi. Maka, tidak heran jika Brazil menjadi negara no 4 paling besar di dunia. Siapa yang tidak mengenal negara yang satu ini? Negara yang populer karena prestasinya di bidang sepak bola, membuat negara ini tidak pernah sepi oleh turist.

Sejarah Singkat Peta Dunia

globe
wallpapercave.com

Agar dapat memudahkan melihat berbagai negara-negara di seluruh dunia, Anda akan dimudahkan dengan adanya peta dunia. Namun, pernahkah Anda berpikir bagaimana awal mula diciptakannya peta dunia ini? Nah, simaklah penjelasan mengenai sejarah singkat peta dunia di bawah ini

Peta pertama di dunia telah dibuat oleh bangsa Babilonia sekitar abad 2.300 SM yang berbentuk papan tulis dari batu dengan betuk yang kecil. Selanjutnya seorang ilmuan Yunani Anaximander dan Erasthenes berhasil memetakan dunia.

Baru pada abad 150 SM terbitlah peta dunia dengan bentuk kerucut. Peta ini dibuat oleh Platemeus yaitu seorang ahli geografi tersohor. Pada abad ke 15 hingga abda 17 para ilmuan di berbagai negara saling berlomba untuk memetakan berbagai wilayah melalui petualannnya.

Nah, barulah pada abad 18 dan 19 negara-negara di Eropa mulai memetakan negaranya masing-masing. Hingga abad ke 20 telah banyak upaya yang dilakukan untuk semakim memperbaharui dalam hal pemetaan wilayah.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat pula membuat teknik pemotretan wilayah dari angkasa mulai dapat digunakan. Amerika Serikat membuat gebrakan yang mencuri perhatian dunia pada tahun 1966 dengan meluncurkan satelit Pageos yang dapat merekam muka bumi dari atas.


Itulah beberapa informasi penting seputar peta dunia, mulai dari nama-nama benua, deretan negara terbesar hingga sejarah singkat pembuatan peta. Semoga informasi di atas dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat.

 

PETA DUNIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like