√ PETA KOREA SELATAN : Profil, Letak, Sejarah, Agama & Sistem Pemerintahan

Peta Korea Selatan – Korea Selatan atau korsel adalah salah satu negara yang terletak di Asia bagian Timur. Ibukota negara ini adalah Seoul yang dipimpin oleh Presiden sebagai kepala negara dan Perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.

Korea Selatan memilki kultur dan tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sebagai bahan referensi berikut ini kami tuliskan beberapa informasi dasar mengenai negara ini.

Mulai dari peta Korea Selatan, sejarah, kultur budaya, tempat wisata di Korea Selatan dan juga hal-hal lainnya.

 

PETA KOREA SELATAN

maps-southkorea.com
izmantoko.wordpress.com
maps-southkorea.com

 

Sejarah Korea Selatan

bendera korea selatan
lifestyle.mb.com.ph

Pada abad ke-2, sekitar 2.300 tahun sebelum Masehi, bangsa Cina mendirikan koloni di daerah kerajaan kuno Choson.Lima abad kemudian, bangsa Korea mengusir mereka keluar. Sejak itu, muncullah kerajaan Silla. Munculnya Kerajaan Silla (668 – 935) membawa puncak ilmu pengetahuan dan budaya yang besar bagi Korea.

Namun, akibat kerusuhan yang terjadi di dalam negeri, pada abad ke 10, dinasti Silla jatuh dan digantikan oleh dinasti Koryo yang berdiri selama 935-1392.

Pada periode kepermimpinan dinasti Koryo ini Korea mengalami banyak serbuan. Tentara Mongol yang dipimpin oleh Genghis Khan menyerbu dan akhirnya menguasa Korea.

Pada akhir abad ke-14, keruntuhan Mongol menjadikan berbagai golongan bangsawan dan militer berusaha memegang kekuasaan di korea. Pada masa inilah reformasi politik dan sosial dimulai. Mulai dari kongfucuisme yang dikenalkan sebagai agama resmi hingga Ibu kota dipindahkan dari Kaesong ke Seoul.

Namun, ternyata itu bukan akhir segalanya, karena Cina dan Jepang terus merongrong Korea demi memperluas wilayah mereka. Pada tahun 1592-1598 Jepang berusaha menyerang namun mengalami kegagalan.

peta korea HD
maps-southkorea.com

Pada tahun 1800-an, Rusia, Jepang, dan Cina kembali bersaing untuk menguasai Korea. Setelah perang Rusia – Jepang pada tahun 1904 – 1905, Jepang bergerak ke semenanjung Korea dan mendudukinya pada tahun 1910.

Pada tahun 1945, di akhir perang dunia II, tentara Uni Soviet menduduki bagian utara Korea, sedangkan tentara Amerika di bagian selatan.

Setelah membuat suatu perjanjian, Korea dibagi sejajar dengan garis lintang 38˚. Pada bagian selatan berdirilah Republik Korea , sedangkan di daerah utara didirikan Republik Demokratik Rakyat Komunis.

Baca juga : Peta Negara Jepang

Sistem Pemerintahan Korea Selatan

sistem pemerintahan korea selatan
washingtonpost.com

Korea selatan merupakan Negara republik dan menganut demokrasi. Sistem pemerintahannya terbagi ke dalam tiga bagian sebagai berikut:

1. Lembaga Eksekutif 

Lembaga Eksekutif adalah lembaga yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk melaksanakan kebijakan, undang-undang, dan atau peraturan yang dibuat oleh lembaga legistatif.

Lembaga eksekutif hanya dipegang oleh seorang presiden yang sah dipilih lewat pemilu. Presiden memiliki masa jabatan selama 5 tahun.

Dalam menjalankan tugasnya, Presiden dibantu oleh para menteri yang ditunjuk langsung oleh presiden melewati persetujuan Majelis Nasional.

2. Lembaga Legislatif 

Lembaga legislatif adalah lembaga yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk membuat kebijakan, undang-undang, dan peraturan untuk dijalankan oleh lembaga eksekutif.

Lembaga legislatif dipegang oleh dewan perwakilan dengan masa jabatan 4 tahun. Sidang pleno biasanya diadakan setahun sekali atas perintah presiden secara terbuka untuk umum maupun tertutup.

3. Lembaga Yudikatif

Lembaga Yudikatif adalah lembaga yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk mengawasi dan/atau mengadili pelanggar kebijakan yang dibuat oleh lembaga legistatif.

Lembaga Yudikatif dipegang oleh Pengadilan Konstitusional yang terdiri dari 9 hakim dengan masa jabatan selama enam tahun.

Baca juga : Peta Dunia Lengkap

Kultur Masyarakat Korea Selatan

budaya orang korea
gadventures.com

1. Ras/ Ciri Fisik

Mungkin banyak orang yang tidak bisa membedakan cirri fisik antara orang Korea, Jepang dan China, terutama karena sama-sama memiliki mata yang sipit. Agar tidak bingung lagi, berikut adalah ciri-ciri orang Korea:

  • Bentuk wajah flatter dengan tulang pipi yang terangkat.
  • Memiliki mata sipit yang bentuknya lebih kecil dari orang Jepang dengan satu kelopak mata.
  • Memiliki kulit putih dan cerah.

2. Bahasa Korea Selatan

Bahasa yang digunakan masyarakat Korea adalah bahasa Korea. Penulisan bahasa Korea dinamakan Hangeul, yang terdiri dari 10 huruf vokal dan 14 huruf konsonan.

3. Budaya Perkawinan

Kebudayaan garis keluarga di Korea adalah berdasarkan sistem Patrilinial. Di mana pria memegang peranan penting dalam kesejahteraan keluarga dan diwajibkan untuk bekerja.

Wanita boleh bekerja hanya bila diizinkan oleh suami.

4. Budaya dalam Hal Keturunan

Setiap keluarga di Korea Selatan disarankan untuk memiliki paling tidak satu orang keturunan, karena mereka menganggap jika anak adalah anugerah Tuhan yang paling indah.

Apabila ada seseorang yang melakukan aborsi dengan sengaja maka akan diberikan hukuman yang amat berat secara adat, yaitu hukuman mati kepada sang Ibu. Hukuman mati biasanya hanya dilaksanakan di daerah pedalaman Korea di mana adat masih berpengaruh secara kuat.

Mengenai pembagian harta warisan di Korea amatlah adil tanpa mempedulikan jenis kelamin.Akan tetapi, dalam prakteknya hal tersebut tidak selalu terjadi. Kebanyakan orang tua menyisihkan lebih banyak harta warisan untuk anak tertua.

6. Budaya Kuliner

Dalam budaya Korea, ada satu makanan khas yang memiliki suatu arti yang tidak dimiliki oleh makanan lainnya. Makanan ini disebut kimchi.

Makanan ini tentu sudah tak asing lagi di telinga pecinta drama Korea. Setiap film atau drama apa pun selalu ada saatnya para pemain makan kimchi.

Kimchi adalah suatu makanan yang berbahan dasar bawang, kacang panjang, selada, dan lain-lain yang rendah kalori dengan kadar serat tinggi.

Konon katanya, jika seorang wanita mampu membuat kimchi yang enak, tidak diragukan lagi kemampuan wanita tersebut dalam memasak makanan lain.

Ciri Khas Masyarakat Korea Selatan

wajib militer orang korea
hai.grid.id

Ciri khas masyarakat Korea Selatan adalah memiliki tradisi “Sesi Custom” yang diadakan setahun sekali.

Sesi Custom adalah sebuah tradisi yang mengakselerasikan ritme dari sebuah lingkaran kehidupan tahunan sehingga dapat lebih maju di lingkaran kehidupan tahun berikutnya.

Ciri khas lain yang dimiliki masyarakat Korea adalah menyukai operasi plastik, yang dilakukan baik oleh laki-laki maupun perempuan.

Selain itu, di Korea Selatan setiap pria diwajibkan untuk mengikuti wajib militer selama kurang lebih 2 tahun.

Alasan yang mendasari mengapa laki-laki di Korea Selatan wajib mengikuti latihan militer tak lain adalah karena terdapat ancaman berkelanjutan dari Korea Utara mengenai serangan senjata nuklir.

Baca juga : Peta Surabaya

Tempat-tempat Wisata di Korea Selatan

tempat wisata di korea
medium.com

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata menarik yang ada di Korea Selatan, diantaranya adalah:

  • Pulau Jeju
  • Everland
  • Namsan Seoul Tower
  • Lotte World
  • Coex Aquarium
  • Uleung Island Seaside Road
  • Gyeongju
  • Yang Dong Traditional Village
  • Seongsan Sunrise Peak
  • Boseong Green Tea Field

Demikianlah sedikit ulasan tentang negara Korea Selatan yang semoga menambah wawasan sekaligus bisa dijadikan pengetahuan dasar jika anda ingin mengunjungi negara tersebut.

 

Peta Korea Selatan

1 Komentar

  1. Pingback: BENUA ASIA : Batas Wilayah, Luas, Letak, Iklim, Peta & Negara di ASIA - The Book

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *