PETA MALAYSIA : Profil, Letak, Sistem Pemerintahan & Kepala Negara ..

PETA MALAYSIA

Peta Malaysia – Malaysia adalah negara di Asia Tenggara yang berbatasan darat dengan Indonesia di Kalimantan dan berbatasan laut di wilayah semenanjungnya. Negara dengan lagu kebangsaan Negaraku ini memiliki banyak kesamaan dengan Indonesia, sehingga disebut sebagai Negeri Jiran.

Komoditas utama Malaysia adalah minyak sawit, karet, kakao, beras, dan kayu. Sedangkan di sektor industri yang terbesar adalah pengolahan sawit dan karet, minyak dan gas bumi, farmasi, serta elektronika.

Wilayahnya yang seluas 329.847 km persegi terpisah oleh Laut Tiongkok Selatan menjadi dua bagian yaitu Semenanjung atau Malaysia Barat dan Malaysia Timur di Pulau Kalimantan.

Malaysia Barat bagian utara berbatasan dengan Thailand, barat merupakan Selat Malaka, timur Laut Tiongkok Selatan, dan selatan ialah Singapura yang terpisah oleh Selat Johor.

Di wilayah Malaysia Timur, berbatasan dengan Brunei Darusalam di sebelah utara dan Indonesia di sebelah selatan.

Sejarah Malaysia Singkat

Sejarah Malaysia Singkat
psm.org.my

Terbentuknya negara Malaysia berawal dari Federasi Malaysia yang merupakan negosiasi dengan Kerajaan Inggris untuk menuju pemerintahan Malaysia yang berdiri sendiri.

Tanggal 31 Agustus 1957, di mana diserahkannya kekuasaan dari Kerajaan Inggris kepada Federasi Malaya menjadi Hari Kebangsaan atau Hari Merdeka.

Malaya dan Borneo sempat diduduki oleh Jepang mulai tahun 1941 hingga 1945. Takluknya Jepang tidak hanya karena bom atom yang melumpuhkan ekonomi dan politiknya, melainkan perlawanan komunis di Borneo Utara.

Wilayah Sarawak dan Borneo Utara merupakan wilayah protektorat Inggris, sehingga setelah Perang Dunia II berakhir, Inggris kembali mengambil alih. Penduduk pribumi melakukan perlawanan terhadap Inggris.

Kemudian Inggris membentuk Uni Malaya untuk menyatukan Negeri-negeri Melayu termasuk Penang dan Malaka dengan dalih mempersiapkan kemerdekaan. Kebijakan ini ditentang golongan nasionalis Melayu.

Pada tahun 1946, Dato Onn bin Jaafar mendirikan Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) sebagai kendaraan meraih kemerdekaan.

Negosiasi antara UMNO dan Inggris kemudian menghasilkan Federasi Malaya yang terdiri atas gabungan sembilan kerajaan Melayu yaitu Johor, Selangor, Malaka, Negeri Sembilan, Pahang, Penang, Perlis, Perak, dan Terengganu. Ibukota pun ditetapkan di Kuala Lumpur.

Setelah melalui perjalanan panjang, akhirnya Federasi Malaya merdeka dari Inggris pada tanggal 8 Februari 1956. Namun, proklamasi kemerdekaan baru dilakukan setahun kemudian yaitu tanggal 31 Agustus 1957 di Stadion Merdeka, Kuala Lumpur.

Sistem Pemerintahan Malaysia

Sistem Pemerintahan Malaysia
akamaized.net

Malaysia menggunakan sistem pemerintahan monarki konstitusional federal dengan kepala negara Yang Dipertuan Agung. Raja yang menjabat Yang Dipertuan Agung dipilih secara bergilir setiap lima tahun sekali dari sembilan sultan yang ada di negeri Melayu.

Kini, yang menjadi Yang Dipertuan Agung adalah Yang Dipertuan Agung Abdullah Sultan Ahmad Shah, sejak 24 Januari 2019.

Sementara itu, kepala pemerintahan dipegang oleh Perdana Menteri yang dipilih melalui Pilihan Raya setiap lima tahun sekali. Perdana menteri Malaysia saat ini adalah Mahathir Mohammad yang dilantik pada 10 Mei 2018.

Malaysia memiliki dua ibukota yaitu Kuala Lumpur sebagai ibukota negara dan Putrajaya sebagai ibukota pusat pemerintahan.

Peta Malaysia HD

PETA MALAYSIA
nationsonline.org

Kultur Masyarakat Malaysia

1. Suku-suku di Malaysia

suku di Malaysia
kaskus.id

Malaysia memiliki penduduk sebanyak 31.809.660 jiwa pada tahun 2018. Mayoritas penduduk Malaysia beragama Islam, sedangkan lainnya beragama Hindu, Budha, Sikh, Konghucu, Kristian, dan kepercayaan lokal.

Di Malaysia, masyarakat bumiputera (Melayu, Dayak, Orang Asli, dan Anak Negeri) adalah kelompok suku terbesar, disusul Tionghoa, suku asli Sabah dan Serawak, serta India.

Suku Melayu yang mendiami Semenanjung sendiri terbagi menurut etnis dan budayanya yaitu Melayu Kedah, Melayu Kelantan, Melayu Pahang, Melayu Negeri Sembilan, Melayu Terengganu, Melayu Perak, dan Melayu Selatan (Selangor, Johor, Melaka).

Suku Melayu Kedah disebut sebagai Orang Utara. Mereka tersebar di Kedah, Pulau Pinang, Perlis, dan bagian utara Perak. Sedangkan Suku Melayu Kelantan tinggal di negeri Kelantan, bagian utara Terengganu, dan pantai timur Thailand bagian selatan.

Bagian selatan Semenanjung yaitu Negeri Sembilan didiami oleh Melayu Negeri Sembilan atau Orang Nogori. Mereka diyakini merupakan keturunan Minangkabau dan berbudaya seperti orang Minangkabau Sumatera.

Di Malaysia Timur, bagian yang ada di Pulau Kalimantan juga terdapat Suku Melayu yaitu Melayu Sarawak, Melayu Banjar, Melayu Kutai, Berau, Brunei, dan Kedayan.

2. Bahasa Resmi

Bahasa Melayu
tularr.com

Malaysia menggunakan bahasa resmi Bahasa Malaysia yang berakar bahasa dari Bahasa Melayu. Bahasa Melayu dituturkan oleh lebih dari 20 juta orang dalam percakapan sehari-hari. Hampir 80% bahasa ini memiliki kemiripan dengan Bahasa Indonesia.

Bahasa Malaysia diperkenalkan pertama kali oleh Perdana Menteri Tunku Abdul Rahman pada tahun 1975. Kemudian secara resmi pada tahun 1986 penyebutan Bahasa Melayu berubah menjadi Bahasa Malaysia.

Pemilihan istilah Bahasa Malaysia dimaksudkan untuk menyatukan negara tersebut yang terdiri dari berbagai etnis termasuk Cina dan India. Bahasa ini pun kemudian menjadi bahasa resmi menggantikan Bahasa Inggris.

Tempat Wisata Terkenal di Malaysia

1. Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas
dictio.id

Menara Kembar Petronas adalah ikon negara Malaysia yang wajib dikunjungi. Daya tariknya terdapat pada jembatan yang menghubungkan kedua menara yaitu pada lantai 41 dan 42. Bangunan setinggi 88 lantai ini begitu indah ketika dikunjungi pada malam hari.

Di bawahnya terdapat taman dengan air mancur menari serta lampu warna-warni yang menarik. Jika Anda mencari wisata edukasi, dapat mengunjungi Petrosains di lantai … Tak hanya itu, bagi Anda yang ingin membeli barang-barang bermerek atau cenderamata juga tersedia di gerai-gerai yang ada di dalam.

2. Langkawi Cable Car

Langkawi Cable Car
travelog.com

Berwisata ke kawasan utara, jangan lewatkan Langkawi dengan kereta kabelnya. Anda akan dibawa melintasi hutan tropis dan menikmati pemandangan Indonesia dan Thailand dari ketinggian 709 meter di atas permukaan laut.

Perjalanan melintasi jarak 2,2 km ini memakan waktu selama 20 menit. Indahnya pemandangan pastinya akan membuat Anda melupakan takut ketinggian atau perut yang tidak nyaman karena pertama kali menaiki kereta gantung.

3. Batu Caves

Batu Caves
tripsavvy.com

Batu Caves sebenarnya merupakan sebuah kuil Hindu. Namun, dapat dikunjungi oleh siapa saja. Keunikan Batu Caves terletak pada kuil yang berada di dalam gua dan patung Dewa Murugan setinggi 42,7 meter yang berlapis emas.

Untuk masuk ke dalam gua, pengunjung harus menapaki 272 anak tangga yang cukup curam, tetapi menarik karena dicat berwarna-warni. Selain berfoto, Anda juga dapat melihat-lihat galeri seni dan membeli makanan ringan khas India yang terkenal di sini yaitu maruku.

Kunjungan ke Batu Caves mencapai puncaknya ketika Festival Thaipusam diadakan. Pada perayaan ini, Anda dapat menyaksikan iring-iringan penganut Hindu yang melakukan ritual ekstrem sebagai penebusan dosa.

Ritual ekstrem tersebut contohnya menancapkan batang besi yang menembus kedua pipi dan mengaitkan batang besi dan logam pada kulit di badan mereka.

4. Pulau Redang

Pulau Redang
anekatempatwisata.com

Pulau Redang merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi untuk aktivitas menyelam. Pulau Redang memiliki laut yang jernih dengan berbagai biota laut yang indah. Hampir semua penginapan di sini menyediakan fasilitas menyelam dan snorkeling.

Anda pun dapat menyewa kamera dalam air untuk berfoto ketika menyelam. Untuk menuju ke Pulau Redang, Anda perlu menyeberang dari Tanjung Merang dengan kapal selama 40 menit.

5. Penang National Park

Penang National Park
asiawebdirect.co

Penang National Park adalah kawasan konservasi flora dan fauna dengan luas mencapai 1.213 hektare. Di tempat ini juga terdapat penangkaran penyu di Pantai Kampi dan Pantai Kerachut.

Anda dapat melakukan tur berkeliling taman nasional dengan berjalan kaki melintasi hutan ataupun melalui pantai dengan menyewa speed boat. Taman nasional yang berada di Teluk Bahang ini memiliki lebih dari 410 jenis flora dan 143 spesies satwa.

6. Legoland Malaysia

Legoland Malaysia
azureedge.net

Legoland Malaysia adalah taman tema paling populer di Malaysia. Di dalamnya terdapat Legoland Theme Park dan Legoland Water Park. Untuk berpetualang di dalamnya dikenakan tiket terusan seharga RM289 untuk dewasa dan RM240 untuk anak-anak selama dua hari.

Jika memilih liburan sehari, harga tiketnya RM239 untuk dewasa dan RM190 untuk anak-anak. Bangunan Legoland didesain seperti mainan lego dengan berbagai wahana permainan yang cukup menantang.

Tempat wisata yang ada di Johor ini bisa dicapai dengan bus atau sewa kendaraan dari Kuala Lumpur dalam waktu sekitar 4 jam.

Pembagian Wilayah di Malaysia

Pembagian Wilayah di Malaysia
agungmumpuni.blogspot.com

Secara administratif, Malaysia dibagi ke dalam 13 negara bagian dan 3 wilayah persekutuan. Ketigabelas negara bagian itu adalah Selangor, Johor, Melaka, Perak, Kedah, Kelantan, Terengganu, Negeri Sembilan, Perlis, Pulau Pinang, Pahang, Sabah, dan Serawak.

Sedangkan wilayah persekutuan yaitu Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Labuan, dan Putrajaya.

Demikian informasi lengkap tentang negara Malaysia. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *