PETA SUMATERA HD : Gambar Pulau Sumatera Utara, Barat & Selatan

Peta Sumatera – Sumatera adalah pulau kedua terbesar kedua di Indonesia setelah pulau Kalimantan dan pulau terbesar ke-6 di dunia setelah Greenland, Nugini, Kalimantan, Madagaskar dan pulau Baffin di Kanada.

Pulau Sumatera yang disebut juga andalas didiami oleh banyak suku, diantaranya suku Aceh, melayu, batak, minangkabau, dll yang hidup dengan beraneka macam budaya, karakteristik alam dan bahasa.

Di pulau Sumatra (sumatera-bentuk tidak baku) terdapat beberapa kota besar, seperti Padang, Medan, Aceh, Lampung, Riau, Jambi dan lain-lain.

 

PETA SUMATERA

Peta Sumatera
thegeekhost.com
peta sumatra
dreamstime.com

Provinsi-Provinsi di Sumatra

Memiliki wilayah yang luas membuat pemerintah pusat membagi Sumatra menjadi 10 provinsi. Kesepuluh provinsi tersebut punya keunggulan dan keunikan masing-masing.

1. Nanggroe Aceh Darussalam

Provinsi Aceh
saripedia.files.wordpress.com

Inilah provinsi yang letaknya paling ujung dari sebelah utara Pulau Sumatra. Selain dijuluki Serambi Mekah lantaran hampir seluruh penduduknya beragama muslim, Banda Aceh juga dikaruniai banyak pulau kecil.

Satu hal yang juga menarik dari wilayah Aceh adalah penerapan syariat Islam pada beberapa sendi hukum di tengah masyarakat. Maka, tak heran beberapa pelanggaran atau tindak kriminal akan dikenakan hukuman sesuai yang diatur dalam alquran dan hadis.

2. Sumatra Utara

Peta Sumatra Utara
peta-hd.com

Masih di kawasan utara dari Pulau Sumatra, wilayah ini banyak dihuni oleh orang dari suku Batak dan Melayu. Posisi provinsi Sumatra Utara persis di sebelah selatan dari Banda Aceh. Adapun ibukota provinsi Sumatra Utara terletak di kota Medan.

Sumatra Utara tergolong provinsi yang juga terkenal hingga ke mancanegara. Pasalnya, di wilayah ini terdapat Danau Toba yang punya keindahan dan dikenal masih sangat asri. Perbukitan di Sumatra Utara pun tak kalah cantik dari provinsi lain di pulau ini.

Baca juga : Peta Pulau Kalimantan

3. Sumatra Barat

Peta Sumatra Barat
saripedia.files.wordpress.com

Jam gadang menjadi salah satu ciri khas dari Sumatra Barat. Beribukota provinsi di Padang, Sumatra Barat juga mempunyai profil alam yang berbukit-bukit. Salah satu yang paling dikenal adalah rute Kelok 9 yang melalui wilayah Sumatra Barat.

Bila tadi yang terkenal adalah keindahan alamnya, di Sumatra Barat ada menu masakan yang digandrungi oleh penduduk nasional hingga global. Menu masakan lezat yang dimaksud adalah rendang.

Bahkan, rendang dimasukkan ke dalam salah satu peringkat makanan paling lezat di dunia. Meski cita rasanya cukup pedas, tetapi rendang punya rasa yang cocok di lidah kebanyakan orang. Satu lagi kekhasan dari masyarakat Padang adalah piawai dalam berdagang.

4. Kepulauan Riau

Peta Kepulauan Riau
gambarseni.com

Disebut kepulauan karena letaknya yang terpisah oleh laut dari Pulau Sumatra, tetapi sangat dekat dengan provinsi Riau. Akan tetapi, menilai luasnya wilayah kepulauan ini maka pemerintah RI memutuskan untuk menjadikannya provinsi tersendiri.

Ada satu pulau yang paling tersohor dari Kepulauan Riau. Pulau tersebut adalah Batam. Mungkin Anda pernah atau tahu bahwa di pulau inilah banyak terjadi transaksi perdagangan barang-barang impor. Soalnya, lokasi pulau ini hanya berjarak 20 kilometer dari pantai bagian selatan Singapura.

5. Riau

Peta Provinsi Riau
peta-kota.blogspot.com

Disamping punya kekayaan historis yang melimpah, provinsi Riau ditempati oleh mayoritas penduduk yang berasal dari rumpun Melayu. Tak heran kalau bahasa Melayu kerap digunakan oleh masyarakat lokal ketika Anda bertandang ke sini.

Ibukota dari provinsi ini berada di Pekanbaru. Wilayah Sumatra ini juga dikenal punya banyak sungai. Bukan cuma itu, kekayaan alam berupa minyak bumi banyak ditemukan di tanah Riau.

6. Bengkulu

Peta Bengkulu
saripedia.files.wordpress.com

Punya nama ibukota yang sama dengan nama provinsi, Bengkulu punya hamparan pemandangan yang elok dan menenangkan. Hutan yang masih terbilang rimbun menampilkan warna hijau yang apik.

Hutan yang masih asri pun menyimpan kekayaan satwa liar yang menghuni belantaranya. Satu kesamaan yang dimiliki Bengkulu dengan belahan Sumatra lain adalah suku Melayu yang mendominasi wilayah ini.

Baca juga : Peta Jakarta

7. Jambi

Peta Jambi
saripedia.files.wordpress.co

Provinsi Jambi terletak persis di tengah dari pesisir timur Pulau Sumatra. Ibukota provinsinya juga dinamai Jambi. Di sinilah terdapat Gunung Kerinci yang terkenal. Selain itu, Jambi termasuk provinsi yang telah banyak berkembang.

Hal tersebut tampak salah satunya dari keberadaan sarana dan prasarana yang mumpuni. Bahkan, beberapa kabupaten sudah dilengkapi dengan bandara sendiri. Sebut saja Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Bungo, sehingga perjalanan ke pelosok kawasan Jambi jadi lebih mudah.

8. Sumatra Selatan

Peta Sumatra Selatan
peta-kota.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, provinsi ini terletak di sebelah selatan dari Pulau Sumatra. Ibukota provinsinya adalah Palembang. Provinsi Sumatra Selatan juga dikenal luas akan hidangan olahan ikan tenggiri yang diberi nama pempek.

Dari sisi kekayaan alam, Sumatra Selatan pun mempunyai pemandangan yang cantik. Sungai yang paling terkenal mengaliri provinsi ini adalah Sungai Musi. Suku utama yang mendiami wilayah selatan Sumatra juga didominasi oleh Melayu.

9. Bangka Belitung

Peta Provinsi Bangka Belitung
googleusercontent.com

Sebagaimana Kepulauan Riau, provinsi Bangka Belitung juga letaknya terpisah dari Pulau Sumatra. Meskipun demikian, Bangka Belitung termasuk dalam wilayah Sumatra. Adapun Pangkal Pinang adalah nama ibukota provinsi ini.

Bangka Belitung sendiri memiliki dua pulau besar. Pertama disebut Pulau Bangka dan yang kedua adalah Pulau Belitung. Selain kedua pulau tersebut, masih ada beberapa pulau kecil di sekitarnya. Karena dikelilingi oleh laut, wajar jika masyarakat lokal terbiasa untuk berlayar.

Kondisi geografis ini yang mendukung Bangka Belitung memiliki kekayaan akulturasi budaya dan ras yang beragam. Bukan hanya Melayu, Bugis, Tionghoa, hingga suku Jawa. Maka kemudian terbentuklah keturunan baru yang dikenal dengan sebutan orang Melayu Bangka Belitung.

10. Lampung

Peta Lampung
googleusercontent.com

Terakhir adalah provinsi Lampung yang beribukota di Bandar Lampung. Posisi provinsi ini berada di sebelah selatan dari Pulau Sumatra. Dengan kondisi alam dan lahan yang subur, Lampung pun menjadi salah satu destinasi transmigrasi dari suku Jawa.

Berbatasan dengan laut menjadikan masyarakat lokal banyak mencari nafkah sebagai nelayan. Sebagian di antara mereka ada pula yang bercocok tanam. Keberadaan pelabuhan Bakauheni pu sangat membantu perkembangan industri di provinsi Lampung.

Letak Pulau Sumatra

travel.tempo.com

Sumatra berada pada 6oLintang Utara sampai dengan 6oLintang Selatan. Pulau ini juga berada di antara 95oBujur Barat sampai dengan 109o Bujur Timur. Istimewanya, Pulau Sumatra juga dilalui oleh garis khatulistiwa atau garis yang berada pada 0o.

Letak geografis Pulau Sumatra berada pada bagian barat dari kepulauan Indonesia. Pulau Sumatra dibatasi dengan Teluk Benggala di sebelah utara, sedangkan di sebelah selatan dibatasi dengan Selat Sunda.

Kemudian di bagian timur Sumatra berbatasan dengan Selat Malaka, serta sebelah barat yang dibatasi dengan Samudera Hindia. Pulau ini punya ukuran yang sangat luas. Tercatat ukurannya mencapai 473.481 kilometer persegi.

Sebagaimana yang sempat disinggung sebelumnya, ada beberapa aliran sungai besar yang mengaliri Sumatra. Setidaknya ada sembilan sungai besar yang terkenal, yaitu:

  • Sungai Batang Tarisan, Sumatra Barat
  • Sungai Kampar, Sumatra Barat
  • Sungai Musi, Sumatra Selatan
  • Sungai Ogan, Sumatra Selatan
  • Sungai Komering, Sumatra Selatan
  • Sungai Ketahun, Bengkulu
  • Sungai Asahan, Sumatra Utara
  • Way Seputih, Lampung
  • Sungai Siak, Riau
  • Sungai Inderagiri, Riau

Baca juga : Peta Benua Asia

Sejarah Sumatera Singkat

Sejarah Sumatra Singkat
staticflickr.com

Jika Sumatra disebut sebagai pulau kedua yang paling luas di Indonesia, faktanya pulau ini termasuk pulau terbesar keenam di dunia. Pulau ini dahulu dinamai Suwarnadwipa atau yang berarti “tanah emas”.

Julukan lain yang juga disematkan pada Pulau Andalas ini adalah Bumi Malayu. Hal yang wajar mengingat masyarakat lokal pulau Sumatra memang berlatar belakang suku Melayu. Nama Sumatra bermula dari masa Kerajaan Samudera yang berada di pesisir timur dari Aceh.

Kedatangan Ibnu Batutah ke wilayah ini kemudian melahirkan sebutan Sumatra. Ihwal alasan penyebutan ini sederhana yakni, kesalahan pelafalan yang berujung pada penulisan Sumatra pada peta-peta buatan Portugis di abad ke-16.

Namun, ada banyak kisah lain tentang asal mula nama Sumatra ini timbul. Salah satunya adalah cerita mengenai Raja Sriwijaya Haji yang dikenal sebagai Raja Sumatrabhumi atau berarti “Raja tanah Sumatra”.

Cerita lain menyebutkan penamaan Sumatra bermula dari nama Samudera yang merupakan kerajaan Aceh di abad ke-13 hingga ke-14 silam. Pendapat lain menyebutkan bahwa di tahun 1490, Ibnu Majid yang membuat peta wilayah di kawasan Samudera Hindia dengan menuliskan pulau “Samatrah”.

Penulisan yang berulang dari tahun ke tahun menimbulkan pergeseran kata. Akhirnya penulisan Sumatra pun dibakukan oleh masyarakat lokal. Nama tersebut pun diresmikan oleh pemerintah Indonesia untuk menyebut Pulau Sumatra.


Semoga ulasan tadi dapat membantu Anda mengenal pulau Sumatra atau yang juga dijuluki Pulau Andalas ini. Ada banyak keistimewaan dan keunggulan lain dari Pulau Sumatra. Namun yang pasti, untuk bisa mengetahui lebih dalam Anda perlu sesekali berkunjung ke sini.

 

Peta Sumatera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *