√ PETA THAILAND HD : Sejarah, Iklim, Wisata & Gambar Lengkap Negara Jepang

Peta Thailand

Peta Thailand – Thailand adalah negara di kawasan Asia Tenggara dengan penduduk mayoritas beragama Buddha.Thailand beribukota di Bangkok, dengan populasi kurang lebih 69 juta penduduk.Luas negara ini yaitu 513.115 km persegi.Negara ini memiliki mata uang Baht. 

Sistem Pemerintahan Thailand

Sistem Pemerintahan Thailand
sistempemerintahandinegarathailand.blogspot.com

Bentuk pemerintahan negara yang dijuluki Negeri Gajah Putih ini ialah monarki konstitusional. Kepala negara dipegang oleh seorang raja yaitu Raja Maha Vajiralongkorn.

Maha  Vajilarongkorn merupakan raja kesepuluh dari dinasti Chakry yang dinobatkan pada Desember 2016. Beliau menggantikan ayahnya, Raja BhumibolAdulyadej yang mangkat pada bulan Oktober di tahun yang sama.

Kepala pemerintahan pula dipegang oleh seorang perdana menteri.Sejak Mei 2014 hingga kini, pemerintahan di Thailand dijalankan oleh Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha.

Sejarah Singkat Thailand

Sejarah Singkat Thailand
nine-lounge.blogspot.com

Sejarah Thailand dimulai saat berdirinya Kerajaan Lan Na (1292-1775) di Chiang Mai. Kerajaan yang dipimpin oleh Raja Meng Rai itu menguasai Thailand utara saat ini.Di bagian tengah Thailand pula berdiri Kerajaan Ayutthaya (1351–1767).

Pada abad ke-16 Ayutthaya dikenal sebagai kota terbesar dan terkaya serta menjadi pusat perdagangan di dunia timur. Raja Narai(1656–1688) bahkan menjalin hubungan yang dekat dengan Raja Louis XIV dari Prancis.

Namun, akhirnya Ayutthaya hancur pada tahun 1767 ketika Kerajaan Burma menaklukkan Chiang Mai dan merampok emas dari kota tersebut. Periode sejarah berikutnya disebut sebagai periode Thon Buri sekitar tahun 1767-1772 yang dipimpin oleh Raja Taksin.

Selanjutnya Raja Taksin digantikan oleh Raja Rama I yang memindahkan ibukota Siam dari Thon Buri ke Bangkok.Perpindahan ini mengawali berdirinya Era Ratanakosin yang dipimpin oleh Dinasti Chakri.

Selama berabad-abad dinasti ini mampu mempertahankan Siam dari invasi asing.

Sejarah singkat berdirinya negara Thailand dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional dimulai pada tahun 1932, ketika negara ini berganti dari sistem monarki absolut.

Tahun 1947 menjadi tahun bersejarah di mana militer melakukan kudeta dan memegang kekuasaan negara hingga tahun 1973.

Di tahun 2001, Thailand memiliki perdana menteri yang cukup terkenal yaitu ThaksinSinawatra.Satu dekade kemudian, terjadi penggulingan kekuasaan yang akhirnya mengangkat YingluckSinawatra sebagai perdana menteri menggantikan kakaknya.

Peta Thailand HD

Peta Thailand
peta-kota.blogspot.com

Kultur Masyarakat Thailand

a. Suku Asli Thailand

Suku Asli Thailand
botbua.com

Masyarakat pribumi Thailand yaitu suku asli yang disebut chaokao yang berarti orang dataran tinggi.Mereka hidup di wilayah utara dan barat daya Thailand dan masih memiliki populasi yang terbilang minoritas hingga kini.

Sementara itu, suku yang tinggal di sepanjang pesisir dan kepulauan di Laut Andaman disebut Chao Le atau orang laut.Bagian selatan, yaitu Phuket dihuni oleh penduduk asli dari suku Urak Lawoi dan bagian utara Phuket dihuni suku Moken dan Moklen.

Salah satu suku yang juga terkenal di Thailand adalah Suku Karen yang mendiami Baan Tong Luang.Mereka memiliki budaya yang unik berupa perhiasan cincin kawat kuningan yang dililit pada leher, sehingga leher mereka menjadi panjang.

Menurut kepercayaan mereka, semakin banyak kalung, kecantikan mereka akan bertambah. Suku ini sebenarnya berasal dari Tibet yang menyebar ke Thailand dan Myanmar.

b. Bahasa yang digunakan

Bahasa resmi negara Thailand adalah Bahasa Thai.Namun di Bangkok dan daerah-daerah wisata, masyarakat setempat dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Bahasa Thai digunakan oleh sekitar 20% dari 60 juta penduduk sebagai bahasa pertama.Bahasa daerah di Thailand sendiri terdapat lebih dari 74.

Cara pengucapan kosakata dalam Bahasa Thai menggunakan intonasi seperti Bahasa Mandarin yaitu intonasi datar, rendah, tinggi, naik, dan turun. Bentuk huruf Thai hampir sama seperti huruf Lao dan Kamboja, tetapi susunan bahasanya mirip dengan Bahasa Indonesia.

c. Budaya di Thailand

bela diri Muay Thai
tokopedia.com

Budaya Thailand terbentuk dari gabungan berbagai suku bangsa dan etnis yang bermigrasi ke negara ini.Kebudayaan Thailand dipengaruhi oleh unsur Hindu dan Budha dari India dalam hal agama dan mitologi yang berpadu dengan adat budaya lokal.

Thailand memiliki olahraga asli yaitu bela diri Muay Thai. Gerakan-gerakan Muay Thai dipusatkan pada tulang siku dan kaki yang mengadaptasi dari gerakan gajah ketika merasa terancam.

Budaya Thailand juga dapat Anda lihat dalam Festival Songkrang yaitu perang air yang diadakan pada tanggal 13-15 April setiap tahun. Dalam festival ini, juga terdapat kegiatan lain seperti persembahan kepada Bhikkhu, memandikan patung Buddha, serta melepaskan ikan dan burung.

Thailand juga mempunyai tarian-tarian tradisional yang unik yaitu lakhonlek, kon, li-khe, ram wong, dan lakhon. Pakaian penari umumnya didominasi warna emas dan perak dengan sayap yang megah.

Budaya Thailand juga terlihat dari cara bersikap, bergaul, dan berbicara orang Thailand itu sendiri. Salah satu budaya yang harus diketahui dan dipatuhi wisatawan yaitu dilarang memakai pakaian terbuka seperti celana pendek atau singlet ketika berkunjung ke tempat-tempat suci.

d. Ciri Khas Thailand

Ciri Khas Thailand
asiawebdirect.com

Negara yang satu ini memiliki banyak sekali ciri khas jika di bandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Thailand merupakan negara yang tidak pernah di jajah oleh Eropa, selain itu mayoritas penduduk dari negeri gajah putih ini adalah budha aliran theravada. Jadi bagi Anda yang sedang berkunjung atau berlibur ke Thailand akan sering menjumpai hal-hal yang berbau agama Budha.

Tempat Wisata Terkenal di Thailand

Thailand memiliki begitu banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain berjalan-jalan, Anda juga dapat mempelajari budaya dan keunikan tempat-tempat yang didatangi.Berikut ini tempat-tempat wisata terkenal di Thailand yang wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda.

1. Grand Palace

Grand Palace
asiawebdirect.com

Grand Palace adalah salah satu ikon Thailand, khususnya Bangkok.Bangunan yang awalnya didirikan sebagai istana para raja ini dibangun pada tahun 1782.Mengusung arsitektur asli Thailand dan barat, tampilan bangunan ini terlihat megah dan menarik.

Bangunan ini menjadi kediaman raja sekaligus gedung administrasi pemerintahan.Di dalam bangunan yang sarat nilai sejarah ini terdapat sebuah taman yang didesain dengan gaya arsitektur Inggris.

Luas area Grand Palace mencapai 218.400 meter persegi dan dikelilingi tembok tinggi dengan panjang 1,9 kilometer.

Grand Palace dibagi menjadi tiga bagian yaitu depan, tengah, dan dalam. Bagian depan menjadi kantor sejumlah kementerian, tengah untuk raja mengerjakan tugas-tugas negara, dan bagian dalam merupakan tempat tinggal raja.

Harga tiket masuk ke tempat wisata yang berada di Kota Lama Rattanakosin ini yaitu 500 baht.

2. Chatuchak Market

Chatuchak Market
emiconsulting.com

Chatuchak berupa pasar yang digelar setiap akhir pekan, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.Sebagaimana namanya, Chatuchak berada di KamphaengPhet, Chatuchak, Bangkok.

Pasar ini dibagi menjadi 11 kawasan yang menawarkan aksesori, keramik, makanan dan minuman, karya seni, barang bekas, barang anti, peralatan perkebunan, dan perlengkapan hewan peliharaan.

Pasar beroperasi mulai pukul 09.00 pagi hingga 24.00 waktu setempat, kecuali hari Jumat, dibuka mulai pukul 18.00 sore.

3. Wat Arun

Wat Arun
wikimedia.org

Selain Grand Palace, Anda juga wajib singgah ke Kuil Wat Arun.Kuil ini merupakan yang tertua di Thailand.Arsitektur kuil diilhami dari Mount Meru, pusat alam raya dalam ajaran Buddha.

Wat Arun berlokasi di Thonburi, wilayah yang dipisahkan oleh Sungai Chao Praya dari Pulau Rattanakosin, tempat berdirinya Grand Palace.Di tengah kuil terdapat tugu dengan tinggi 70 meter, selain mozaik dan porselen China yang dibuat berabad-abad lalu.

4. Phuket

Phuket Thailand
remaja.my

Phuket adalah pulau di Provinsi Changwat, Thailand.Meski sempat rusak karena tsunami pada tahun 2004, Phuket kini kembali menjadi wisata pantai yang indah dan terkenal.

Phuket berada sekitar 862 kilometer sebelah selatan Bangkok. Di dalamnya terdapat beberapa objek wisata seperti Patong Beach, Koh Phi Phi, Old Phuket Town, LaemPhromthep, PhangNga Bay, dan Simon Cabaret Show.

5. Khao San Road

Khao San Road
bangkokpost.com

Khao San Road adalah seruas jalan yang terkenal sebagai pusat berkumpulnya para backpacker dari seluruh dunia.Di sini terdapat banyak hostel dan penginapan murah.Tak ketinggalan, toko cenderamata, pakaian, tempat tattoo, pijat, kafe, agen travel, dan bar.

Di sepanjang jalan, Anda juga dapat menemukan kuliner khas Thailand seperti Pad Thai, Tom Yum, dan Mango Sticky Rice.Ketika sore hingga tengah malam, Khao San Road menjadi jalan yang sangat ramai.

6. Wat Pho

Wat Pho
jakeanddannie.com

Wat Pho yang memiliki nama lain WatPhraChetuphon adalah salah satu kuil tertua di Thailand. Di dalamnya terdapat patung Reclining Buddha yang memiliki panjang 46 meter dan tinggi 15 meter.Uniknya, patung ini dilapisi oleh emas murni seberat 80gr.

Jarak tempat wisata ini dari Grand Palace tidak terlalu jauh, hanya memerlukan waktu kira-kira 10 menit berjalan kaki.Tak hanya berfoto atau melihat-lihat kemegahan kuil, Anda pun dapat mencoba pijat alat Thailand atau Thai Massage.Untuk masuk ke Wat Pho, dikenakan tiket masuk seharga 100 baht.


Itulah informasi tentang Thailand yang dapat menambah wawasan Anda. Jangan lupa mempelajari sekilas budaya setempat sebelum berkunjung ke sana agar kunjungan Anda semakin berkesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *