23+ Urutan Pangkat TNI AD, AL, AU dan Tanda Kepangkatannya

Tentara Indonesia

Urutan Pangkat TNI – Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah nama sebuah angkatan perang di Republik Indonesia. TNI memiliki citra yang baik di mata warga Indonesia karena perannya yang sangat luar biasa.

Tentara sendiri terdiri dari sekelompok orang yang terorganisasi secara disiplin dan mereka merupakan orang-orang terpilih yang secara materiil digaji oleh negara guna mempertahankan eksistensi sebuah negara.

Ciri-ciri personel TNI secara umum adalah memiliki spesifikasi yang mumpuni, pertahanan yang kuat, dan mampu menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tugas dan Fungsi TNI

Tugas dan Fungsi TNI
sumbawanews

Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara serta mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Selain itu, TNI juga bertugas melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Tugas pokok tersebut meliputi:

  1. Mengatasi gerakan separatis bersenjata,
  2. Mengatasi pemberontakan bersenjata,
  3. Mengatasi aksi terorisme,
  4. Mengamankan wilayah perbatasan,
  5. Mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis,
  6. Menjaga perdamaian dunia dengan berdasar pada kebijakan politik luar negeri,
  7. Mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya,
  8. Membuat wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya berdaya secara dini berdasarkan sistem pertahanan semesta,
  9. Membantu tugas pemerintahan di daerah,
  10. Membantu Polri dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat yang diatur dalam undang-undang,
  11. Membantu mengamankan tamu negara yang sederajat dengan kepala negara serta perwakilan pemerintah asing di Indonesia,
  12. Membantu proses penanggulangan akibat bencana alam, pengungsian, dan pendistribusian bantuan kemanusiaan,
  13. Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue), serta
  14. Membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan, perompakan, dan penyelundupan.

TNI sebagai alat pertahanan negara, berfungsi sebagai:

  1. Penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa;
  2. Penindak terhadap setiap bentuk ancaman; dan
  3. Pemulih kondisi keamanan negara yang tidak normal akibat kekacauan keamanan.

Sejarah Singkat TNI

Sejarah TNI
breakingnews.com

TNI mulanya bernama BKR (Badan Keamanan Rakyat) yang dibentuk pada tanggal 23 Agustus 1945 setelah kemerdekaan Republik Indonesia guna menjaga kedaulatan NKRI.

Namun, BKR hanya bertugas menjaga keamanan daerah dan membantu korban-korban seusai perang kemerdekaan. Jadi, BKR bukanlah suatu badan tentara atau institusi. Mereka di bawah KNI (Komite Nasional Indonesia).

Hingga akhirnya, mantan anggota Pembela Tanah Air (PETA) yang dahulunya tergabung dalam BKR, Heiho dan KNIL, meraih kesepakatan untuk memperdalam tugas dan fungsinya menjadi organisasi ketentaraan.

Pada tanggal 5 Oktober, dibentuklah TKR (Tentara Keamanan Rakyat) yang merupakan angkatan perang pertama yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia.

Pada saat itulah muncul seruan kepada seluruh pemuda rakyat Indonesia baik yang belum atau sudah pernah mengikuti militer untuk mendaftarkan diri menjadi anggota TKR.

Pada tanggal 7 Januari 1946 pemerintah mulai mengeluarkan penetapan untuk mengubah TKR menjadi Tentara Keselamatan Rakyat dengan fungsi dan tugas yang lebih luas. Melalui Penetapan Pemerintah Nomor 4/SD Tahun 1946 perubahan nama kembali terjadi menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

TNI secara resmi berdiri pada tanggal 3 Juni 1947sebagai persatuan dua kekuatan bersenjata. Pada tahun 1962, TNI digabungkan dengan Kepolisian Negara (Polri) menjadi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI).

Pada tahun 1999, TNI dan Polri secara resmi kembali dipisah. Sebutan ABRI sebagai tentara dikembalikan menjadi TNI. TNI terbagi menjadi 3 matra, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing.

TNI AD dan Penjelasannya

TNI AD
oborkeadilan.com

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat adalah salah satu cabang angkatan perang dan merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan negara Republik Indonesia di darat.

 

Tugas TNI AD adalah:

  1. Memperbaiki kecakapan pembinaan teritorial dan intelijen guna membuat kondisi yang kondusif dalam upayanya menyokong pemberdayaan wilayah pertahanan, khususnya di daerah perbatasan, daerah rawan konflik, dan di pulau terluar;
  2. Menyiapkan satuan-satuan operasional, baik kekuatan kewilayahan maupun kekuatan terpusat, khususnya di daerah perbatasan, pulau-pulau terluar, daerah rawan konflik, dan rawan separatis sesuai dengan tingkat ancaman;
  3. Mengatur dan mengusahakan kecakapan operasional Angkatan Darat yang profesional dengan cara memperbaiki kekuatan satuan sehingga diperoleh kemantapan untuk mencegah segala bentuk ancaman;
  4. Menyiapkan satuan dalam rangka kerja sama militer internasional dengan angkatan bersenjata negara sahabat dan melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri;
  5. Menyiapkan satuan operasional dalam rangka mengatasi pemberontak bersenjata, gerakan separatis bersenjata, dan aksi terorisme;
  6. Menyiapkan satuan dalam rangka tugas pengamanan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya serta tamu negara setingkat Kepala Negara dan Perwakilan Pemerintahan Asing yang sedang berada di Indonesia;
  7. Menyiapkan satuan dalam rangka tugas perbantuan kepada Polri atas permintaan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku;
  8. Menyiagakan dan menyiapkan satuan dalam tugasnya membantu pemerintah menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, pendistribusian bantuan kemanusiaan, serta pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue), dan
  9. Membantu tugas pemerintah di daerah melalui program Operasi Bakti TNI dan Karya Bakti TNI.

TNI AL dan Penjelasannya

TNI Angkatan Laut
maritimnews.com

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut adalah salah satu bagian dari TNI yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan NKRI di laut.

Berdasarkan Pasal 9 UU Nomor 34 Tahun 2004, tugas TNI AL adalah:

  1. Melaksanakan tugas TNI wilayah laut di bidang pertahanan;
  2. Menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum internasional yang telah diratifikasi;
  3. Menjalankan tugas diplomasi angkatan laut dalam upayanya mendukung kebijakan politik luar negeri;
  4. Melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra laut; dan
  5. Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

TNI AU dan Penjelasannya

TNI AU
tni.mil.id

TNI Angkatan Udara berperan sebagai alat pertahanan negara bagian udara di wilayah yurisdiksi nasional.

Dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, TNI Angkatan Udara bertugas sebagai berikut.

  1. Melaksanakan tugas TNI wilayah udara di bidang pertahanan.
  2. Menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah udara yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi.
  3. Melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara.
  4. Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara, yang meliputi:
  • Operasi Pertahanan Udara;
  • Operasi Serangan Udara Strategis;
  • Operasi Lawan Udara Ofensif;
  • Operasi Dukungan Udara, meliputi Operasi Penyekatan udara, Operasi Serangan Udara Langsung, Pengungsian Medis Udara, Angkutan Udara, Patroli Udara, Pengintaian Udara Taktis, dan sebagainya; serta
  • Operasi Informasi, terdiri dari kegiatan Operasi Lawan Informasi Defensif dan Operasi Lawan Informasi Ofensif.

Pasukan-Pasukan Elite TNI

Pasukan Elite TNI
gardanasional.id

Setiap matra TNI memiliki pasukan khusus masing-masing. Pasukan elite tersebut adalah sebagai berikut.

1. Kopassus

Nama lain dari Kopassus adalah Pasukan Baret Merah. Pasukan elite ini merupakan satuan komando tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat.

Anggota Komando Pasukan Khusus memiliki kemampuan khusus gerak cepat dalam setiap medan, menembak cepat, pengintaian, dan antiteror.

2. Kopaska

Kopaska memiliki tugas menyerbu kapal dan pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, penyiapan perebutan pantai, dan operasi pendaratan berkekuatan amfibi.

Satuan ini memiliki semboyan “tan hana wighna tan sirna” yang artinya tak ada rintangan yang tak dapat diatasi.

3. Denjaka

Satuan denjaka adalah milik TNI Angkatan Laut yang didirikan di tanggal 4 November 1982 yang sebelumnya memiliki nama Pasusla (Pasukan Khusus AL).

Perekrutan Detasemen Jalamangkara dari personel Batalion Intai Amfibi (Yontaifib) dan komando Pasukan Katak (Kopaska) yang dilatih beberapa aspek laut.

4. Paskhas

Komando Pasukan Khas ini adalah milik TNI Angkatan Udara yang memiliki moto “karmanye vadikaraste mafalesu kadatjana” yang artinya bekerja tanpa menghitung untung-rugi.

5. Tontaipur

Tontaipur merupakan singkatan dari Satuan Peleton Intai Tempur termasuk dalam Komando Strategi Angkatan Darat (Konstrad). Pasukan ini mampu melaksanakan operasi di rawa, laut, hutan, gunung, dan bahkan perkotaan.

6. Yontaifib

Pasukan ini adalah milik TNI Angkatan Laut. Tugas Yontaifib adalah membina dan menyediakan kekuatan amfibi dan darat serta tugas operasi khusus dalam melaksanakan operasi amfibi dan satuan tugas TNI AL.

Yontaifib memiliki moto “maya netra yamadipati” yang artinya bergerak dengan cepat, rahasia, dan mematikan dalam setiap pertempuran.


Demikianlah tugas dan fungsi TNI. Semoga para anggota TNI selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dalam menjaga keutuhan serta keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *