17+ Contoh Teks Prosedur Kompleks & Sederhana Beserta Strukturnya

Contoh Teks Prosedur – Teks prosedur merupakan salah satu jenis teks yang dipelajari di sekolah, tepatnya di bangku SMA. Teks ini juga erat kaitannya dengan kegiatan sehari-hari Anda. Untuk lebih jelasnya, mari simak contoh teks prosedur berikut ini.

Pengertian Teks Prosedur

contoh teks prosedur
sumber : ayobandung.com

Sebelum membahas contoh teks prosedur, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan teks prosedur.

Teks prosedur adalah suatu teks yang berisi tentang cara melakukan atau membuat sesuatu yang disusun secara berurutan agar tercapai tujuan tertentu yang diinginkan.

Teks prosedur mengandung langkah-langkah agar suatu tujuan dapat tercapai. Maka dari itu, teks ini biasanya terdapat pada buku-buku resep masakan dan artikel berisi tips atau tutorial untuk melakukan sesuatu.

Tujuan Teks Prosedur

tujuan teks prosedur
sumber : home.co.id

Seperti halnya dengan teks yang lain, teks prosedur juga memiliki tujuan. Tujuan dari teks prosedur adalah agar pembaca atau pendengar mampu memahami tentang bagaimana cara membuat atau melakukan sesuatu dengan benar.

Dengan kata lain, teks ini membantu para pembaca atau pendengar untuk mendapatkan hasil akhir yang baik dan benar sesuai dengan harapan.

Struktur Teks Prosedur

struktur teks prosedur
sumber : blibli.com

Untuk membuat suatu teks prosedur yang baik, Anda harus memperhatikan struktur yang menyusun teks tersebut. Struktur teks prosedur antara lain adalah sebagai berikut.

1. Tujuan

prosedur pembuatan telur dadar
sumber : kumparan.com

Tujuan teks prosedur biasanya terdapat pada bagian awal teks. Pada bagian ini, Anda akan mengetahui untuk apa teks prosedur ini dibuat dan apa hasil akhir yang hendak dicapai.

Tujuan teks prosedur juga dapat berupa judul dari serangkaian cara melakukan sesuatu.

Contoh:

 

 Cara Membuat Telur Dadar

 

Dari judul ini, Anda dipastikan sudah mengetahui bahwa teks ini bertujuan untuk membantu pembaca agar dapat membuat telur dadar dengan baik dan benar.

2. Alat dan Bahan

peralatan memasak telur
sumber : blibli.com

Pada bagian ini, Anda akan menemukan peralatan dan bahan apa saja yang akan digunakan untuk membuat atau melakukan sesuatu, sehingga para pembaca dapat mempersiapkannya terlebih dahulu.

Tidak semua teks prosedur mencantumkan alat dan bahan secara detail. Alat dan bahan ini akan muncul pada teks prosedur tentang resep masakan atau cara membuat kerajinan tangan.

Contoh:

 

Cara Membuat Telur Dadar

Bahan-Bahan:

  • 1 buah telur
  • Daun Bawang
  • Bawang Merah
  • Cabai
  • Garam
  • Merica bubuk

Alat-Alat:

  • Minyak goreng/margarin
  • Wajan anti lengket
  • Garpu

 

Alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat telur dadar, dirinci dengan jelas agar memudahkan Anda untuk mempersiapkannya.

Karena ini merupakan cara untuk membuat sesuatu, maka Anda dapat menemukan bagian alat dan bahan pada teks prosedur.

3. Langkah-Langkah

lngklah langkah buat telur dadar
sumber : grid.id

Bagian ini memegang peranan yang paling penting pada suatu teks prosedur. Pada bagian ini, Anda akan menemukan serangkaian cara untuk melakukan atau membuat sesuatu yang disusun secara sistematis dan berurutan.

Cara-cara tersebut disusun secara berurutan dan detail agar para pembaca atau pendengar mudah untuk memahaminya dan bisa mendapatkan hasil akhir yang maksimal sesuai dengan harapan.

Maka dari itu, langkah-langkah tersebut tidak boleh disusun secara acak.

Contoh:

 

Cara Membuat Telur Dadar

Bahan-Bahan:

  • 1 buah telur
  • Daun Bawang
  • Bawang Merah
  • Cabai
  • Garam
  • Merica bubuk

Alat-Alat:

  • Minyak goreng/margarin
  • Wajan anti lengket
  • Garpu

Langkah-Langkah:

  1. Iris tipis satu siung bawang merah, sedikit daun bawang, dan cabai. Masukkan ke dalam mangkuk.
  2. Pecahkan satu butir telur dan masukkan ke dalam mangkuk.
  3. Masukkan sedikit garam dan merica bubuk.
  4. Kocok telur dan semua bahan menggunakan garpu hingga tercampur rata.
  5. Panaskan sedikit minyak goreng atau margarin di atas wajan anti lengket.Masukkan adonan telur dadar ke dalam wajan, lalu goreng hingga matang.

 

Langkah-langkah untuk membuat telur dadar ditulis secara berurutan. Hal ini dilakukan agar para pembaca dapat membuat telur dadar dengan benar dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

ciri ciri teks prosedur
okistudio.com

Teks prosedur juga memiliki ciri-ciri yang mudah untuk dikenali. Adapun ciri-ciri tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan kata kerja imperatif, yaitu kalimat yang berisi perintah atau larangan.
  • Menggunakan konjungsi temporal, yaitu kata hubung yang menyatakan waktu kegiatan secara kronologis. Beberapa contoh konjungsi temporal antara lain: setelah itu, kemudian, lalu, selanjutnya, dan lain-lain.
  • Menggunakan kata keterangan ketika menyatakan waktu dan cara agar informasi yang disampaikan menjadi lebih akurat.
  • Menggunakan bilangan penanda untuk menyatakan urutan pada tata cara melakukan atau membuat sesuatu.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

jenis jenis teks prosedur
sumber : inirumahpintar.com

Teks prosedur terbagi menjadi tiga jenis, yaitu teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks, dan teks prosedur protokol.

1. Teks prosedur sederhana

merupakan suatu teks prosedur yang berisi tentang cara sederhana membuat atau melakukan sesuatu. Biasanya teks ini terdiri dari 2 hingga 4 langkah yang singkat dan sederhana.

Adapun contoh dari teks prosedur sederhana adalah cara menyalakan setrika, cara menggosok gigi, cara masuk ke akun facebook, dan lain-lain.

2. Teks prosedur kompleks

merupakan kebalikan dari teks prosedur sederhana. Pada teks prosedur ini, Anda akan menemukan banyak langkah untuk melakukan atau membuat sesuatu. Maka dari itu, teks ini disebut kompleks.

Adapun contoh dari teks prosedur kompleks adalah cara membuat rekening bank, cara memasang suatu aplikasi pada komputer, cara memperpanjang SIM A, dan lain-lain.

3. Teks prosedur protokol

merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya dapat diubah susanannya. Jadi, tidak harus runut. Akan tetapi, hasil akhir yang didapatkan akan tetap sama.

Adapun contoh dari teks prosedur protokol ini adalah cara membuat telur dadar. Anda dapat mengiris bawang merah, daun bawang, dan cabai terlebih dahulu, atau dapat melakukannya setelah memasukkan telur ke dalam mangkuk.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

contoh teks prosedur sederhana
sumber : papasemar.com

Agar lebih memahami bentuk dari teks prosedur sederhana, Anda dapat menyimak beberapa contohnya berikut ini.

1.  Prosedur Menyalakan Setrika

 

Setrika listrik merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang wajib dimiliki karena alat ini mampu membantu Anda untuk menjadikan pakaian tampak lebih rapi. Maka dari itu, menyalakan setrika listrik yang baik dan benar sangat diperlukan.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menyalakan setrika listrik.

  1. Siapkan meja yang akan Anda pergunakan untuk menyetrika.
  2. Periksalah kabel setrika listrik terlebih dahulu sebelum digunakan demi keselamatan Anda. Apabila ada kabel yang terkelupas, segera perbaiki kabel tersebut.
  3. Masukkan stekker ke dalam stop kontak.
  4. Perhatikan lampu indikator yang terdapat pada setrika listrik. Apabila lampu tersebut telah menyala, tandanya arus listrik telah mengalir ke dalam setrika, dan setrika tersebut akan segera siap untuk digunakan dalam 1 atau 2 menit, atau hingga setrika mulai panas.

 

2. Prosedur Menyalakan Laptop

 

Laptop merupakan salah satu gawai yang dapat membantu Anda untuk bekerja. Banyak hal dapat Anda lakukan dengan laptop, seperti mengerjakan tugas kuliah, membuat laporan keuangan, menyunting foto, dan bahkan bermain gim.

Agar Anda dapat melakukan hal-hal tersebut secara maksimal, berikut adalah langkah-langkah menyalakan laptop dengan baik dan benar.

  1. Pastikan baterai telah terpasang dan memiliki daya.
  2. Tekan tombol power. Apabila belum menyala, tekan dan tahan tombol tersebut hingga lampu pada tombol power menyala.
  3. Tunggu hingga proses loading selesai dan layar pada laptop menyala.

 

3. Prosedur Menggunakan Mesin Cuci

 

Mesin cuci berperan penting dalam tugas harian Anda. Dengan bantuan mesin cuci, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan rumah dengan lebih cepat. Untuk membuat semua hal tersebut terwujud, Anda harus bisa menyalakan mesin cuci dengan benar.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan mesin cuci satu tabung.

  1. Masukkan pakaian kotor ke dalam tabung mesin cuci.
  2. Tuang detergen khusus mesin cuci pada tempat yang sudah disediakan. Tempat tersebut biasanya berbentuk seperti laci kecil.
  3. Nyalakan mesin cuci dengan menekan tombol power. Apabila telah terhubung dengan saluran air, mesin cuci Anda akan mengisi dan mematikan air secara otomatis.
  4. Pilih siklus pencucian yang diinginkan. Mesin cuci Anda akan bekerja secara otomatis, mulai dari mengisi air, mencuci, membilas, dan mengeringkan dengan sendirinya.

 

4. Prosedur Cara Menggosok Gigi

 

Kebersihan adalah pangkal dari kesehatan. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga kebersihan terutama kebersihan gigi dan mulut.

Berikut adalah cara menggosok gigi yang baik dan benar agar gigi Anda selalu sehat dan terhindar dari sakit gigi.

  1. Posisikan sikat gigi pada sudut sekitar 45 derajat dari gusi.
  2. Maju dan mundurkan sikat gigi secara lembut.
  3. Gunakanlah ujung sikat gigi untuk membersihkan gigi bagian dalam yang permukaannya menghadap ke rongga mulut dengan gerakan ke atas dan ke bawah.
  4. Sikat permukaan lidah secara perlahan agar bakteri hilang dan nafas menjadi lebih segar.

 

Contoh Teks Prosedur Kompleks

contoh teks prosedur komplek
sumber : tirto.id

Teks prosedur kompleks sedikit berbeda dengan teks prosedur sederhana. Untuk lebih memahami teks prosedur kompleks, simak beberapa contohnya berikut ini.

1. Prosedur Membuat SKCK

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sangat diperlukan terutama jika Anda hendak melamar pekerjaan. Akan tetapi, mungkin Anda masih bingung bagaimana cara membuat SKCK.

Berikut adalah prosedur membuat SKCK yang perlu Anda tahu.

  1. Mintalah surat pengantar dari RT dan RW.
  2. Setelah mendapatkan tanda tangan dan stempel dari RT dan RW, bawalah surat pengantar tersebut ke kelurahan agar mendapatkan surat pengantar dari kelurahan.

Adapun syarat unutuk mendapatkan surat pengantar dari kelurahan adalah sebagai berikut.

  • Surat pengantar dari RT dan RW
  • 1 lembar fotokopi KTP
  • 1 lembar fotokopi KK
  1. Setelah Anda mendapatkan surat pengantar dari kelurahan, silahkan membawa surat tersebut ke Polsek atau Polres dengan membawa serta kelengkapan berikut ini.
  • Surat pengantar dari kelurahan
  • 1 lembar fotokopi KTP
  • 1 lembar fotokopi KK
  • 5 lembar pasfoto berukuran 4×6 cm dengan latar belakang merah
  • Uang Rp20.000,00 sebagai biaya administrasi
  1. Mintalah formulir pada petugas yang bisa Anda dapatkan di loket pembuatan SKCK yang ada di Polres. Anda akan mendapatkan dua formulir yang berisi tentang data diri, riwayat pendidikan, ciri-ciri fisik, dan riwayat catatan kasus.
  2. Setelah mengisi formulir tersebut, Anda akan diminta petugas untuk masuk ke dalam sebuah ruangan untuk diambil cap sidik jari. Anda juga akan diminta untuk menyerahkan uang sebesar Rp10.000,00 untuk biaya administrasi dan 1 lembar pasfoto berwarna.
  3. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kartu rumus sidik jari. Kemudian, serahkan kartu tersebut bersama sisa persyaratan administrasi lainnya kepada petugas yang berada di loket SKCK.
  4. Tunggu selama 5 hingga 10 menit hingga Anda dipanggil untuk mengambil SKCK. Anda akan diminta untuk membayar biaya administrasi sebesar Rp10.000,00.

 

2. Prosedur Membuat KTP Elektronik


Seluruh warga negara Indonesia diwajibkan memiliki KTP elektronik. Akan tetapi, banyak warga yang mengeluhkan tentang sulitnya untuk membuat KTP elektronik tersebut.Apabila Anda memiliki permasalahan yang sama, simak prosedur membuat KTP elektronik berikut ini.

  1. Sebelum membuat KTP elektronik, pastikan Anda memenuhi persyaratan berikut:
  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia minimal 17 tahun
  • Surat Pengantar dari Kepala Desa, RW, dan RT.
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Akta Kelahiran
  • Pasfoto berwarna 3×4
  1. Bawalah seluruh persyaratan tersebut ke Kantor Catatan Sipil.
  2. Ambil nomor antrean yang terdapat di Kantor Catatan Sipil tersebut. Tunggu hingga petugas di kantor tersebut memanggil nomor antrean Anda.
  3. Serahkan seluruh persyaratan kepada petugas, kemudian Anda akan diminta untuk mengisi formulir.
  4. Bubuhkan tanda tangan Anda pada alat perekam tanda tangan.
  5. Petugas akan meminta Anda untuk melakukan pemindaian retina pada alat yang telah disediakan.
  6. Setelah itu, Anda dapat pulang ke rumah sembari menunggu KTP elektronik selesai dicetak yang mana membutuhkan waktu sekitar 2 minggu.

 

3. Prosedur Membuat Rekening Bank

 

Menyimpan uang di bank adalah salah satu pilihan paling aman untuk menabung. Untuk menyimpan uang di bank dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan lainnya, Anda diwajibkan untuk memiliki rekening bank.

Berikut adalah cara membuat rekening bank.

  1. Siapkan KTP untuk diberikan kepada customer service yang ada di bank. Apabila KTP tidak sesuai dengan daerah tempat tinggal, maka petugas bank akan meminta Anda untuk meminta surat keterangan dari RT atau kepala desa.
  2. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi data diri pada sebuah formulir secara lengkap.
  3. Setelah itu, Anda akan diminta untuk menuliskan nominal uang yang akan ditabung untuk pertama kali. Serahkan uang tersebut beserta buku tabungan yang telah dibuat kepada petugas teller.
  4. Tunggu hingga tabungan diproses dan nama Anda dipanggil oleh petugas teller.
  5. Setelah nominal tabungan pertama Anda sudah tertera di buku tabungan, itu tandanya rekening bank sudah siap untuk digunakan.

 

Contoh Teks Prosedur Protokol

contoh teks prosedur protokol
sumber : detik.net,

Apakah Anda penasaran dengan bentuk teks prosedur protokol? Simak beberapa contohnya berikut ini.

1. Prosedur Membuat Akun Gmail

 

Di era yang serba canggih ini, hampir seluruh masyarakat dunia menggunakan ponsel pintar berbasis Android dalam kehidupan sehari-hari. Mereka dapat mengunduh berbagai macam aplikasi melalui ponsel pintar tersebut.

Akan tetapi, jika ingin mengunduh sebuah aplikasi melalui ponsel pintar berbasis Android, Anda harus memiliki akun Gmail.

Penasaran bagaimana cara membuat akun Gmail? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka peramban (browser) Anda, bisa berupa Google Chrome, Internet Explorer, atau Mozilla.
  2. Ketik Gmail.com pada Address Bar yang terdapat pada bagian atas browser.
  3. Tekan tombol CREATE AN ACCOUNT yang terdapat pada pojok kanan atas halaman utama Gmail.
  4. Isi formulir data diri Anda.
  5. Pada kolom username, buatlah nama pengguna Gmail dengan cara mengetik nama yang ingin Anda pergunakan sebagai alamat surel.
  6. Pada kolom password, tuliskan sandi yang akan Anda pergunakan. Kemudian, Anda akan diminta untuk menulis ulang sandi tersebut untuk mengonfirmasi.
  7. Setelah itu, tekan NEXT yang terdapat pada pojok kanan bawah.
  8. Kemudian, Anda akan menemukan halaman bertuliskan Verify Your Phone Number. Pada halaman ini, tuliskan nomor ponsel Anda. Lalu, Anda akan mendapatkan pesan singkat berupa 6-digit kode verifikasi.
  9. Masukkan kode verifikasi tersebut.
  10. Akun Gmail Anda siap untuk digunakan.

 

2. Prosedur Download Video Youtube

prosedur mendownload video youtube
sumber : digitaltrend.com

 

Youtube merupakan layanan yang menyediakan berbagai macam video yang dapat Anda nikmati kapan saja dan di mana saja.

Sayangnya, Youtube tidak menyediakan fitur untuk menyimpan video, sehingga Anda harus menontonnya secara langsung, yang mana hal tersebut tidak praktis.

Jangan khawatir! Berikut adalah cara mengunduh video dari Youtube dengan mudah.

  1. Buka video Youtube yang ingin Anda simpan.
  2. Tambahkan ss tepat sebelum kata youtube pada address bar. Tekan enter. Anda akan dibawa ke halaman baru untuk mengunduh video tersebut.
  3. Pilih kualitas video yang ingin Anda simpan.
  4. Tekan download. Tunggu hingga proses mengunduh selesai.

 

3. Prosedur Membuat Akun Facebook

sumber : time.com

 

Di era yang serba digital ini, masyarakat modern membutuhkan cara yang cepat dan efisien untuk terhubung dengan berbagai masyarakat lainnya baik dari dalam maupun luar negeri.

Salah satu cara yang cepat dan efisien tersebut adalah dengan melalui Facebook. Apabila Anda belum memiliki akun Facebook dan ingin membuatnya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka browser Anda.
  2. Ketik facebook.com pada address bar yang ada pada bagian atas halaman browser.
  3. Anda akan dialihkan pada halaman utama Facebook. Isi data diri Anda sesuai dengan kolom yang disediakan oleh Facebook, antara lain:
  • First name (Nama Depan): Masukkan nama pertama Anda.
  • Last name (Nama Belakang): Masukkan marga atau nama keluarga Anda. Apabila Anda tidak memiliki marga, cukup masukkan nama belakang.
  • Your Phone Number or Email (Nomor Seluler atau email): Tuliskan nomor ponsel atau alamat surel Anda.
  • New Password (Kata Sandi Baru): Tuliskan kata sandi yang akan Anda pergunakan ketika mengakses Facebook.
  • Birthday (Tanggal lahir): Tuliskan tanggal lahir Anda.
  • Male Female (Jenis Kelamin): Pilih jenis kelamin
  1. Setelah mengisi data diri secara lengkap, tekan sign up atau daftar. Anda akan menerima pesan verifikasi melalui pesan singkat pada ponsel atau surel. Kemudian, Facebook siap untuk Anda pergunakan.

 

4. Prosedur Mengirim Pesan Email

teks prosedur mengirim email
sumber : quarespace.com

Apakah Anda gemar berkirim surat? Seiring perkembangan zaman, mengirim surat kini tidak lagi menggunakan kartu pos. Anda dapat menggunakan surel yang tentunya lebih cepat dan efisien.Berikut cara mengirim pesan melalui email.

  1. Buka browser Anda.
  2. Ketik gmail.com pada address bar yang ada pada bagian atas halaman browser.
  3. Ketik alamat surel dan kata sandi Anda pada kolom yang tersedia, lalu tekan sign in atau masuk.
  4. Apabila Anda sudah berhasil masuk pada halaman utama surel, tekan compose yang terdapat di pojok kiri atas.
  5. Akan muncul sebuah kotak dialog. Isi alamat surel yang dituju.
  6. Tulis judul surel secara singkat pada kolom subject.
  7. Ketik surat pada kolom yang tersedia. Kolom ini memiliki ciri-ciri, yaitu kotak kosong yang paling luas.
  8. Apabila Anda ingin melampirkan dokumen, tekan gambar penjepit kertas yang ada di bawah kolom isi surat.
  9. Tekan send atau kirim. Tunggu hingga ada pemberitahuan tertulis bahwa surel Anda telah berhasil dikirim.

Dari contoh teks prosedur ini, Anda telah mempelajari bahwa membuat suatu teks prosedur ternyata tidak terlalu rumit. Anda pun pasti bisa untuk membuatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like