13+ Contoh Surat Keterangan Domisili Sementara, Perusahaan & Usaha

surat keterangan domisili skd

Contoh Surat Keterangan Domisili – Pada perhelatan Pemilu bulan April 2019 lalu, banyak ditemukan warga yang kehilangan hak pilihnya. Sebenarnya, ini merupakan sebuah fenomena yang lumrah, karena hampir pasti selalu terjadi di setiap agenda demokrasi lima tahunan itu.

Alhasil, banyak suara kosong terbengkalai tanpa diketahui siapa pemiliknya. Ini pula yang sepertinya menjadi salah satu penyebab tingginya angka golput pada setiap penyelenggaraan Pemilu. Dan sayangnya, hal ini berpotensi memicu kecurangan yang bisa merugikan negara.

Sebenarnya, apa masalahnya? Mungkinkah akibat kelalaian pejabat kependudukan atau tim panitia Pemilu dalam mendata siapa saja warga yang sah menggunakan hak pilih? Bisa jadi itu salah satunya. Akan tetapi, fakta di lapangan ternyata menunjukkan hal lain.

Semua WNA memiliki hak pilih, asalkan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Bagi warga pendatang, dirinya hanya diperbolehkan melakukan pencoblosan di luar daerah jika berhasil menunjukkan Surat Keterangan Domisili sebagai pengganti KTP yang sah.

Sayangnya, dari sekian banyak warga pendatang tersebut, hanya sedikit yang telah mengurus Surat Keterangan Domisili. Alhasil, mereka tidak dapat menggunakan hak pilih, kecuali berkenan pulang ke daerah asalnya.

Nah, pada artikel kali ini Anda akan mendapatkan gambaran tentang Surat Keterangan Domisili, mulai dari pengertian sampai prosedur dan tata cara pengurusannya. Pada akhir pembahasan, akan disertakan pula beberapa contoh Surat Keterangan Domisili untuk berbagai keperluan.

Pengertian Surat Keterangan Domisili

contoh surat keterangan domi8sili
news.ddtc.co.id

Surat Keterangan Domisili atau SKD merupakan dokumen sah untuk mengakui keberadaan atau tempat tinggal seseorang di suatu daerah tertentu. Dokumen ini bisa menjadi pendukung atau menggantikan fungsi dari kartu identitas seseorang.

Surat keterangan ini biasanya dibutuhkan oleh para pendatang di suatu wilayah yang belum atau tidak berencana mengurus KTP baru. Dikarenakan dirinya hanya menetap sementara di daerah tersebut, dan akan kembali ke daerah asal setelah aktivitasnya usai.

Selain itu, pengurusan SKD juga dilakukan untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam berbagai keperluan. Salah satunya untuk menggunakan hak pilih dalam Pemilu, bagi warga pendatang yang kebetulan tidak dapat pulang ke daerah asal pada hari pencoblosan.

Masyarakat yang tinggal dan telah memiliki KTP sah di daerah tertentu bisa juga membutuhkan surat keterangan domisili. Karena beberapa instansi mempersyaratkan pengurusannya sebagai dokumen pendukung kartu identitas.

Sejumlah instansi biasanya juga mempersyaratkan dokumen ini kepada individu yang akan bergabung. Misalnya, sebuah sekolah mengharuskan calon siswa atau calon penerima beasiswa untuk menyertakan surat keterangan domisili sebagai bukti sah keberadaannya.

Beberapa perusahaan pun menerapkan kebijakan khusus kepada para pelamar kerja terkait dengan surat keterangan domisili. Juga beberapa departemen pemerintah, seperti dinas kependudukan dan departemen agama.

Bayi baru lahir, sementara orang tuanya belum memiliki KTP daerah setempat, bisa memakai surat keterangan domisili untuk mengurus akta kelahiran. Calon suami-istri dalam kondisi-kondisi tertentu pun ada yang diharuskan mengurus dokumen tersebut sebelum menikah.

Bukan hanya individu yang butuh mengurus surat keterangan domisili, sebuah instansi pun bisa memerlukan dokumen ini untuk menunjukkan lokasi yang sah dari kegiatan operasionalnya. Sehingga, surat keterangan domisili bisa dibuat atas nama instansi atau perusahaan tertentu.

Prosedur Pengurusan Surat Keterangan Domisili

mengurus surat domisili ke rt rw
economy.okezone.com

Perhatikan penjelasan berikut ini untuk mengetahui tata cara pengurusan surat keterangan domisili. Pertama-tama, Anda harus menyiapkan kartu identitas atau KTP yang sah. Kemudian, kunjungilah ketua RT di wilayah tempat tinggal Anda untuk meminta surat pengantar.

Utarakan maksud bahwa Anda akan mengurus surat keterangan domisili untuk keperluan tertentu. Pastikan mengungkapkan maksud secara baik dan jujur, sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Mintalah juga informasi tentang syarat-syarat mengurus SKD kepada beliau.

Anda akan mendapatkan surat pengantar bertanda tangan milik Anda sendiri dan ketua RT. Selanjutnya, Anda perlu meminta pengakuan domisili kepada ketua RW yang dibuktikan dengan pembubuhan tanda tangan beliau di atas surat pengantar tadi.

Datangilah rumah ketua RW dan mintalah tanda tangan kepada beliau. Lalu, Anda akan disarankan untuk menunjukkan surat pengantar tadi di pejabat kependudukan yang lebih tinggi, bertempat di kantor kelurahan setempat.

Untuk mengurus SKD di kelurahan, umumnya Anda juga harus menyertakan sejumlah dokumen persyaratan, di antaranya KTP, Kartu Keluarga, akta kelahiran, pas foto, dan materai. Jangan lupa juga untuk menyiapkan beberapa lembar salinan dari dokumen-dokumen tersebut.

Kunjungi kantor kelurahan setempat dan serahkan surat pengantar plus dokumen-dokumen sesuai persyaratan yang telah ditentukan tadi. Jika kepala kelurahan sedang berada di kantor, surat keterangan domisili akan diterbitkan hari itu juga.

Dalam waktu singkat, nama Anda akan dipanggil oleh petugas kelurahan. Dan surat keterangan domisili milik Anda telah jadi, lengkap dengan tanda tangan dan stempel dari pihak kelurahan. Selanjutnya, Anda dapat mempergunakan dokumen tersebut sesuai dengan peruntukannya.

Itulah prosedur umum tentang bagaimana cara mengurus surat keterangan domisili. Agar Anda memperoleh gambaran yang makin jelas, silakan cermati beberapa contoh surat keterangan domisili berikut ini.

Contoh Surat Keterangan Domisili Sementara

contoh surat keterangan domisili sementara
merdeka.com

 

RUKUN TETANGGA RT 18 RW 06
KELURAHAN PISANGAN TIMUR, KECAMATAN PULOGADUNG
KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR

SURAT KETERANGAN DOMISILI

NOMOR: 91/jt/II/4/2013/002.1/2017

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, Pengurus RT 18 RW 06, Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung, dengan ini menerangkan:

 

Nama                          : Faridlotul Kudsiyah

Jenis Kelamin               : Perempuan

Tempat tanggal lahir    : Batang, 17 Juni 1991

Nomor KTP/KK              : 3121090506909001

Kewarganegaraan          : Indonesia

Agama                          : Islam

Alamat asal                   : Wonotunggal RT 002/RW 001, Batang, Jawa Tengah

Bahwa yang namanya tersebut di atas benar berdomisili di wilayah kami. Dalam status menyewa rumah dari Ibu Hj. Neno, dan surat keterangan domisili ini dibuat untuk keperluan mengurus permohonan beasiswa S2 di universitas.

Surat Keterangan Domisili ini berlaku Sementara, selama yang bersangkutan bertempat tinggal di wilayah kami. Apabila yang bersangkutan pindah alamat, diharapkan agar melapor kepada Pengurus RT.

Demikian Surat Keterangan Domisili ini kami buat dengan sebenarnya agar bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, kami ucapkan terima kasih.

Nomor  : 435/JT/II/3/013/002/V/2017

Tanggal: 16 Mei 2017

 

Jakarta, 14 Mei 2017

KETUA RW 006                                                                        KETUA RT 018

 

 

Tanda tangan                                                                             Tanda tangan

(Nama Terang)                                                                          (Nama Terang)

Contoh Surat Keterangan Domisili Perusahaan

surat keterangan domisili perusahaan
bizlaw.id

PEMERINTAH KOTA JEMBER
KECAMATAN PATRANG
KEPALA KELURAHAN SLAWU

Jl. Manyar No.1, Jember 68115, Telepon: 0331-666777

SURAT KETERANGAN DOMISILI PERUSAHAAN

Nomor: 555/SKD/09.20.222/1998

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya selaku Kepala Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang, Kota Jember, dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                          : Dian Pramana Abidilah

Jenis Kelamin               : Laki-laki

No. KTP                        : 187109050690900002

Status/Agama              : Sudah Menikah/Islam

Tempat tanggal lahir    : Jember, 1 Januari 1968

Pekerjaan                      : Wiraswasta

Alamat asli                    : Jalan Wijaya Kusuma Kav. 5B Jember

Benar saat ini membuka/memunyai usaha sebagai berikut:

Nama Perusahaan        : PT Arta Boga Cemerlang

Alamat                          : Jalan Manyar 23 Slawu, Patrang, Jember 68115

Telepon/Fax                  : 0331 – 341251

Email                            : [email protected]

Mobile                          : 081122331144

No. Akta Pendirian         : Nomor 12 tanggal 30 Desember 1992

Jenis Usaha                   : Produksi dan jual beli bahan makanan

Penanggung jawab        : Dian Pramana Abidilah

Perusahaan tersebut adalah benar-benar berdomisili dan beroperasi di Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang, Kota Jember yang beraktivitas secara regional dan nasional.

Selanjutnya, Surat Keterangan Domisili ini kami buat dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

                                                                                                        Jember, 15 April 1998  

Pimpinan PT Arta Boga Cemerlang                                            Kepala Kelurahan

 

 

Tanda tangan                                                                                     Tanda tangan

NAMA TERANG                                                                              NAMA TERANG

Contoh Surat Keterangan Domisili dari RT

surat keterangan domisili rt
areknews.com

KETUA LINGKUNGAN RT 03 RW 02
KELURAHAN GADING KASRI, KECAMATAN KLOJEN
KOTA MALANG

 

Hal       : Surat Keterangan Domisili                                                         Malang, 20 September 2019
No.       : 435/RT03/GDG02/SKD/09/2019

           

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya selaku Ketua Lingkungan RT 03/RW 02, Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang, menerangkan bahwa warga dengan keterangan identitas sebagai berikut:

Nama                           : Waluyo Harianto

Jenis Kelamin                 : Laki-laki

Status                           : Sudah Menikah

Tempat tanggal lahir      : Grobogan, 28 Januari 1989

Pekerjaan                      : Freelance/Mahasiswa S2

Alamat asli                    : Jalan Jenderal Gatot Subroto No. 6, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

Alamat di Malang          : Jalan Klampok Kasri gang 2F/No. 100, RT 010/RW 037, Kelurahan Gading Marten, Kecamatan Taman, Kota Malang

Adalah benar warga RT 03/RW 02 Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang yang telah menetap sejak tahun 2016 hingga sekarang. Serta bisa dibuktikan dengan dokumen surat pindah yang telah tercatat di arsip kami. 

Demikian Surat Keterangan Domisili ini saya buat dengan sebenar-benarnya agar bisa dipergunakan untuk keperluan mendaftar beasiswa oleh yang bersangkutan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                                            Hormat saya,

 

 

                                                                                                            Tanda tangan

                                                                                                            KETUA RT 03/RW 02

                                                                                                            (Nama Terang)

Contoh Surat Keterangan Domisili Usaha

surat keterangan domisili usaha
kupasbisnis.com

PEMERINTAH KOTA SURABAYA
KECAMATAN KENJERAN
KELURAHAN TANAH KALI KEDINDING

Jalan Kedung Cowek No. 348, Telepon: 031-51500783

 

SURAT KETERANGAN DOMISILI USAHA

Nomor: 536/64/436.11.17.1/2010

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : H. IMAM HIDAYAT, S.SOS

Jabatan                        : Kepala Kelurahan Tanah Kali Kedinding

Menerangkan dengan sebenarnya, bahwa Yayasan “AR ROHMA WAL BAROKAH” yang bergerak di bidang sosial, panti asuhan anak yatim dan dhuafa adalah benar-benar berkantor dan berdomisili di:

JALAN KEDINDING LOR Gg. MANGGIS NO. 9

Alamat tersebut di atas adalah Wilayah Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya.

Nama Pimpinan            : AGUS SETIYO WIBOWO

Alamat                         : Granting Baru 2/24, Surabaya

Demikian Surat Keterangan Domisili Usaha ini kami buat untuk persyaratan mengurus NPWP dan Surat Izin ke Kantor Dinas Sosial Kota Surabaya.

 

Surabaya, 30 September 2010

KEPALA KELURAHAN TANAH KALI KEDINDING

Tanda tangan

IMAM HIDAYAT, S.Sos
NIP: 200012455

Contoh Surat Keterangan Domisili Lembaga

contoh surat keterangan domisili lembaga
pasberita.com

 

PEMERINTAH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA
KECAMATAN BLANGPIDIE
GAMPONG ALUE MANGGOTA

Desa Alue Manggota Kode Pos 23764, Telepon: 0659-33334

SURAT KETERANGAN DOMISILI

Nomor: 45/SKD/09.201.2/2012

 

Yang bertanda tangan di bawah ini kami, Kepala Gampong Alue Manggota, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                          : Siti Nurdianti Wahid

Jenis Kelamin               : Perempuan

No. KTP                       : 147509770690816002

Status/Agama               : Sudah Menikah/Islam

Tempat tanggal lahir     : Blangpidie, 15 Maret 1976

Pekerjaan                     : Wiraswasta

Alamat asli                   : Desa Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya

 

Benar saat ini tengah menjalankan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) berikut:

Nama Lembaga            : Greta Thunberg Foundation for Climate Change

Alamat                         : Desa Alue Manggota, Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya

Telepon/Fax                 : 0659 – 31251

Email                           : [email protected]

Mobile                         : 081359091244

No. Akta Pendirian        : 04/D/2010

Bidang                         : Pelestarian lingkungan

Penanggung jawab        : Siti Nurdianti Wahid

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) tersebut di atas betul-betul berdomisili di Desa Alue Manggota, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, yang menjalankan aktivitasnya secara regional, nasional, dan internasional.

Demikian Surat Keterangan Domisili ini kami buat dengan sebenarnya untuk kemudian dapat dipergunakan sesuai dengan keperluan dari yang bersangkutan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Blangpidie, 1 Oktober 2012

Penanggung jawab LSM                                                        Kepala Gampong Alue Manggota

 

 

Tanda tangan                                                                         Tanda tangan

NAMA TERANG                                                                    NAMA TERANG

                                                                                                NIP: 120014252

Contoh Surat Keterangan Domisili dari Kelurahan

PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO
KECAMATAN LENDAH
DESA BUMI REJO

Alamat: Dukuh Pakis, Lendah, Kulon Progo, Kode pos 77889, Telp. (0123) 8745638

SURAT KETERANGAN DOMISILI

Nomor: 212/SKD/VII/2017

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : Hedi Santosa, S.Si.

Jabatan                        : Kepala Desa/Kelurahan Bumirejo

Alamat                         : RT 12 RW 21, Pereng, Bumirejo, Lendah, Kulon Progo

Menerangkan dengan sebenarnya, bahwa:

Nama                          : Rahayu Lestari

Tempat Tanggal Lahir   : Bantul, 6 Juli 1993

Jenis Kelamin               : Perempuan

Agama                         : Islam

Pekerjaan                     : Wiraswasta

Status Pernikahan         : Belum menikah

Kewarganegaraan        : Indonesia

Alamat                         : RT 004 RW 020, Jogahan, Desa Bumirejo, Kec. Lendah, Kab. Kulon Progo

Dengan ini menerangkan bahwa orang yang bersangkutan benar tinggal berdomisili di Desa Bumirejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo.

Demikian Surat Keterangan Domisili ini kami keluarkan sesuai dengan keperluannya, semoga bisa digunakan sebagaimana harusnya. Dan kepada yang berkepentingan agar menjadi maklum adanya.

Lendah, 20 Juli 2017

Kepala Desa/Kelurahan Bumirejo

 

 

Tanda tangan

Hedi Santosa, S.Si.
NIP: 12518800

Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal

 

SURAT KETERANGAN DOMISILI

 

Yang menandatangani surat di bawah ini, menyatakan dengan sebenarnya bahwa:

Nama                           : INDRA ROSDIYANA

Tempat/tanggal lahir      : Sumedang, 30 November 1989

Alamat sesuai KTP          :Dusun Conggeang RT 02 RW 01 Desa Conggeang Wetan, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang

Pekerjaan                      : Wiraswasta

 

Adalah benar yang bersangkutan merupakan penduduk yang bertempat tinggal dan berdomisili di lingkungan wilayah:

RT/RW                          : 02/01

Desa                             : Conggeang Wetan

Kecamatan                    : Conggeang

Kabupaten                    : Sumedang

Demikian surat ini dikeluarkan untuk dapat dimanfaatkan sebagaimana umumnya.

 

Sumedang, 18 Maret 2016

Pemohon,

 

 

Tanda tangan

INDRA ROSDIYANA

Selain beberapa contoh Surat Keterangan Domisili di atas, masih ada banyak format lain yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Berikut sejumlah contoh Surat Keterangan Domisili lain untuk berbagai keperluan mengurus dokumen legal kependudukan.

Contoh Surat Keterangan Domisili untuk Mengurus Kartu Keluarga

PEMERINTAH KOTA MADIUN
KECAMATAN WUNGU
DESA WUNGU

SURAT KETERANGAN DOMISILI
Nomor: 22/SD/III/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Kelurahan Wungu, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, menerangkan dengan sebenarnya bahwa:

Nama                                 : Widiyanto Ahmad Zubair

Tempat Tanggal Lahir         : Madiun, 2 Mei 1992

Jenis Kelamin                      : Laki-laki

Agama                                : Islam

Pekerjaan                            : Karyawan Swasta

Status Pernikahan                : Sudah menikah

Kewarganegaraan                : Indonesia

Alamat                          : Desa Wungu RT 09 RW 05, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun

Orang tersebut di atas benar-benar merupakan warga yang tinggal wilayah kami, Desa Wungu, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, dengan alamat seperti dicantumkan di atas.

Demikian Surat Keterangan Domisili ini kami terbitkan guna pengurusan Kartu Keluarga saudara Widiyanto Ahmad Zubair, dan surat ini dapat digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih dan maklum adanya.

Madiun, 23 Maret 2018

Kepala Desa/Kelurahan Wungu

 

Tanda tangan
Drs. Siswanto, S.Sos.
NIP: 332141515

 Contoh Surat Keterangan Domisili untuk Mengurus Kartu Tanda Penduduk

PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBU KOTA JAKARTA
KELURAHAN CEMPAKA PUTIH TIMUR
KECAMATAN CEMPAKA PUTIH – KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT
Alamat: Jalan Rawasari Selatan RT 07/RW 08, Cempaka Putih-Jakarta Pusat
Kode Pos: 14141, Telepon: 021 – 423221

SURAT KETERANGAN DOMISILI

Nomor: 231/SKD/55/II/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Drs. NUGROHO ADITAMA, M.Si.

Jabatan                         : Kepala Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat

menerangkan dengan sebenarnya bahwa:

Nama                           : Viral Agung Dewanto

NIK                               : 3210990102140021

Tempat Tanggal Lahir    : Bandar Lampung, 21 Juni 1980

Jenis Kelamin                 : Laki-laki

Agama                          : Islam

Pekerjaan                      : Seniman

Status Pernikahan          : Sudah menikah

Kewarganegaraan          : Indonesia

Alamat                          : Jalan Rawasari Selatan No. 4, RT 10/RW 08 Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat

Orang tersebut di atas benar-benar merupakan warga yang tinggal wilayah kami, dengan alamat tertera seperti dicantumkan di atas. Penerbitan Surat Keterangan Domisili ini dimaksudkan sebagai salah satu dokumen pendukung dalam pengurusan Kartu Tanda Penduduk oleh yang bersangkutan.

Demikian kami ucapkan terima kasih dan harap maklum adanya. Semoga Surat Keterangan Domisili ini dapat dipergunakan dengan baik sebagaimana mestinya.

Jakarta, 15 Oktober 2019

Kepala Kelurahan Cempaka Putih Timur

 

 

Tanda tangan

Drs. NUGROHO ADITAMA, S.Sos.
NIP: 1251.2131.122.623

Contoh Surat Keterangan Domisili untuk Mendaftar Sekolah

PEMERINTAH KABUPATEN SUMBAWA
KECAMATAN LABUHAN BADAS
KANTOR KEPALA DESA LABUHAN SUMBAWA
Jalan Garuda Gang Tongkol No. 1 Sumbawa Besar
Telepon: 0371-21382

SURAT KETERANGAN DOMISILI

Nomor: 443/067/Lb/V/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa:

Nama                                 : Aji Ibrahim

NIK                                     : 345090127239001

Tempat Tanggal Lahir          : Sumbawa Besar, 2 Agustus 2001

Jenis Kelamin                       : Laki-laki

Agama                                : Islam

Pekerjaan                            : Pelajar

Status Pernikahan                : Belum menikah

Kewarganegaraan                : Indonesia

Alamat                                : Jalan Durian No. 14, Sumbawa Besar

Orang tersebut di atas adalah benar merupakan warga yang tinggal wilayah kami, Desa Labuhan Sumbawa, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, dengan alamat seperti dicantumkan di atas.

Surat Keterangan Domisili ini kami terbitkan untuk keperluan yang bersangkutan mendaftar kuliah di Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdatul Wathan Samawa, yang beralamat di Jalan Cendrawasih No. 50 A Kabupaten Sumbawa.

Demikian surat ini kami buat agar dapat dipergunakan sesuai dengan keperluannya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih dan harap maklum adanya.

 

Labuhan Sumbawa, 1 Mei 2019

An. Kepala Desa Labuhan Sumbawa

Sekretaris Desa,

 

 

Tanda tangan

KAMIRUDDIN, S.AP
NIP: 33214151.200901.1.003

Nah, itulah sedikit informasi yang bisa kami sajikan mengenai Surat Keterangan Domisili, berikut beberapa contohnya. Penting untuk diketahui bahwa penulisan dokumen resmi wajib memperhatikan kaidah-kaidah berbahasa yang baik dan benar.

Selain itu penyusunan dokumen resmi juga harus dapat mencantumkan informasi secara akurat, tanpa ada manipulasi sedikitpun. Tujuannya agar pengurusan dapat berjalan lancar dan tidak merugikan semua pihak yang berkepentingan di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *